... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bersihkan Sampah, Ribuan Muslim Bali Padati Pantai Kuta

KIBLAT.NET, Denpasar- Ribuan masyarakat Muslim Bali yang tergabung dalam Komunitas Muslim Peduli Bali (KMPB) terjun membersihkan sampah di empat titik pantai di Kabupaten Badung, Bali. Keempat titik yang menjadi target bersih-bersih tersebut antaranya, Pantai Kuta, Pantai Legian (padma), Pantai Seminyak (Double Six), dan Pantai Petitenget.

Pada mulanya, aksi bersih-bersih ini menargetkan 5.000 peserta saja. Namun jumlah warga Muslim yang datang rupanya jauh lebih besar. Sedikitnya, sekitar 6.200 warga Muslim Bali terlibat dalam aksi bersih-bersih pantai ini.

“Awalnya kami hanya membatasi seribu orang saja, namun animo peserta begitu tinggi dari umat muslim di Bali membuat panitia harus mengakomodasi keinginan mereka .” jelas H Ismoyo Soemarlan, inisiator kegiatan bersih-bersih pantai KMPB, usai kegiatan Ahad (07/01/2018) kepada Kiblat.net.

Sejak pukul 06.00 WITA, warga Muslim sudah memadati di area pantai yang ditentukan sebagai titik kumpul oleh panitia. Peserta mengenakan pakaian berwarna putih dan memakai penanda berupa pita merah putih.

Meski warga Muslim berasal dari berbagai organisasi, namun dalam aksi ini tak satupun yang membawa atribut keorganisasiannya. Ribuan peserta itu sangat antusias mengikuti acara itu. Dengan tertip, satu per satu sampah yang betebaran di bibir pantai dipungut oleh peserta.

BACA JUGA  Meriahkan Hari Pahlawan, DSKS Adakan Parade Perjuangan

Menurut H Ismoyo, pantai-pantai di Bali sudah menjadi icon pariwisata dunia. Terlebih belakangan ini banyak sampah kiriman yang mengotori pantai wisata. “Ini sebagai wujud partisipasi langsung Komunitas Muslim Peduli Bali ikut memulihkan citra pariwisata di mata dunia yang sempat terganggu akibat menumpuknya sampai pantai” ujar Ismoyo.

Hal senada juga disampaikan inisiator kegiatan kegiatan lainnya, H Ekkky Rezal, dari LPBI NU Bali. “Luar biasa partisipasi warga Muslim melebihi angka yang sudah didata dari pantia, dari target maksimal 5 ribu yang hadir 6 ribu lebih. Kebersihan sebagian dari iman. Saya kira ini positif untuk kedepannya.” tandas H Ekky R.

Sementara itu, Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, menyambut baik antusiasme KMPB yang tanpa diminta pemerintah sudah terjun langsung secara nyata. “Kami salut kekompakan masyarakat Muslim di Bali untuk ikut menjaga lingkungan pantai. Mari bersama-sama pemerintah kita terus menjaganya untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan,“ ungkap Suiasa.

Karena itu H Ismoyo Soemarlan selaku koordinator penyelenggara menyatakan KMPB setiap saat untuk dikerahkan ke lapangan demi lingkungan yang bersih. Pihaknya juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan Pemkab Kabupaten Badung, Kepala Dinas KLH Badung, Camat Kuta Utara, Bendesa Adat Kerobokan, Lurah Kerobokan Kelod, dan Klian Dinas Batu Belig yang telah melapangkan jalan terselenggaranya kegiatan itu.

Demikian pula imbuhnya, kepada seluruh ormas Islam, takmir masjid, lembaga sosial dan perorangan yang secara nyata menunjukan kebersamaan. Organisasi yang terlibat dalam aksi bersih-bersih ini antaranya: Fosiba, Aisyiyah, RWM Nurul Iman Padang Udayana, Yayasan Al Hikmah Joglo (YAHJ), MA Al Muhajirin, Kelompok Pengajian Edo Jaya, Musholla Syuhada, BSMI Bali, OSIS SMA AL Banna Denpasar, PII Bali, Bali Hotel Association, Wanita Islam, Pemuda PUI Bali, IPHI Wilayah Bali, ICMI Bali, Pesantren Digital, KAKAMMI Bali, KAHMI Bali, JSIT, Sanri LaRoyba BBI Tbn, KM NRC Musholla Al Fattah Ubung, Masjid Muhammad, PSNU Pagar Nusa Kuta Selatan, JPMI Badung, MBB Sanur, Biker Sholeh dan Liqo Laki, Musholla Nurul Hidayah Anggrek Pemogan, HMI STAI, Keluarga Besar PII Bali, BTB Provinsi Bali, Guru TK Harapan Mulia, Sekolah Harapan Mulia, Masjid Attaqwa Polda Bali, IKMS Daerah Bali, Angkatan Muda Siliwangi dan Bamus, Oi Blankot Denpasar, PWNU Bali dan Banom, Al Falah Kepaon, Masjid Agung Sudirman, Muslim Puri Waturenggong, Ikatan Sekretaris Indonesia Cabang Bali, BKMM Provinsi Bali, JPRMI, Formad Bali, Pengajian Taufiqurrohman Mahendradata, Muhammadiyah, Komunitas Balad Pingpong, Musholla Baitul Mukminin, Musholla Al Kautsar Padang Asri, Hijab Sister Bali, FPMI UNUD, FLP Bali, Mutiara School, dan LDII.

BACA JUGA  Mahfud MD Pertanyakan Surat Pencekalan HRS, Ini Jawaban FPI

Kontributor: Herdian Armandhani,SE
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “Bersihkan Sampah, Ribuan Muslim Bali Padati Pantai Kuta”

  1. john septian

    inilah bukti kepedulian muslim dlm kebersihan tanpa pandang bulu yg mengaplikasikan ayat”Kebersihan adalah pangkal dari iman” maju terus muslim Bali

  2. john septian

    persatuan dan kesatuan akan menimbulkan kepedulian terhadap lingkungan,maka bangunlah persatuan dan kesatuan muslim di mana anda berada sehingga kuat dan kokoh.ini bentuk kepedulian muslim di bali…hidup muslim bali dan bumi bali.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Myanmar

Pernyataan Lengkap ARSA: Perlawanan Awal Tahun dan Kebohongan Myanmar

Di awal tahun 2018, Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) kembali beraksi melancarkan serangan terhadap militer Myanmar.

Ahad, 07/01/2018 15:36 0

Myanmar

ARSA: Aung San Suu Kyi Berbohong pada Dunia

Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) kembali bersuara terkait pernyataan pemerintah Myanmar bahwa serangan terhadap etnis Rohingya telah berakhir.

Ahad, 07/01/2018 15:14 0

Arab Saudi

Ulama Madinah Tuntaskan Perbedaan Aqidah Ahlusunnah dan Murjiah

Berbeda dengan pendapat orang-orang murjiah yang menyatakan bahwa seseorang tetap sempurna imannya ketika bermaksiat. Kemudian, menurut murjiah, amal perbuatan itu tidak berfungsi bagi iman seseorang.

Ahad, 07/01/2018 13:01 0

Palestina

Israel Godok RUU Hukuman Mati yang Menargetkan Warga Palestina

Pemerintah Israel membuat rancangan undang-undang yang membuat para hakim mudah untuk menjatuhkan hukuman mati kepada terduga "teroris". Para politisi Palestina dan kelompok hak asasi menilai RUU tersebut ditujukan kepada warga Palestina secara umum.

Ahad, 07/01/2018 11:09 0

Suriah

Begini Penampakan Sukhoi Rusia yang Hancur di Suriah

Seorang wartawan militer Rusia menerbitkan foto pesawat tempur Rusia yang hancur akibat serangan oposisi Suriah. Roman Saponkov memposting foto-foto itu di media sosial setelah muncul laporan tentang serangan tersebut.

Ahad, 07/01/2018 08:00 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: 72 Bidadari

Salah satu metode agama dalam mendorong pengikutnya atau anggotanya untuk menaati norma-norma aturannya di antaranya yaitu dengan penghargaan (reward) dan hukuman (punishment).

Ahad, 07/01/2018 07:00 0

Iran

Kekayaan Negeri Iran Gagal Mendatangkan Kemakmuran

Demonstrasi sipil telah meletus di Iran, bahkan saat negara itu bergerak keluar dari resesi menyusul pelonggaran sanksi internasional tahun lalu. Namun pemulihan ekonomi belum memberikan efek berarti bagi rakyat.

Ahad, 07/01/2018 06:05 0

Afrika

Operasi Al-Syabab Menyasar Lima Perwira Polisi di Perbatasan Kenya-Somalia

Lima orang perwira polisi tewas dalam serangan pejuang Al-Syabab di perbatasan Kenya-Somalia

Sabtu, 06/01/2018 23:25 0

Iran

50 Orang Tewas Sepanjang Aksi Demo di Iran

PIhak oposisi mencatat sebanyak 50 orang pendemo tewas akibat tindakan represif pasukan rezim Iran

Sabtu, 06/01/2018 23:15 0

News

Himpunan Alumni Pesantren Islam Al Irsyad Satukan Visi Dakwah

Himpunan Alumni Pesantren Islam Al-Irsyad (HAPIA) menggelar acara Reuni Akbar untuk menyatukan visi dakwah di Indonesia

Sabtu, 06/01/2018 22:09 0

Close