Operasi Al-Syabab Menyasar Lima Perwira Polisi di Perbatasan Kenya-Somalia

KIBLAT.NET, Elwak – Pejuang jihadis Al-Syabab, afiliasi Al-Qaidah di Somalia, dilaporkan kembali melancarkan amaliyat pada hari Selasa (02/01/2017) pekan lalu. Kali ini, lima perwira polisi menjadi korban serangan mereka. Di samping itu, al-Syabaab juga berhasil membakar sebuah kendaraan polisi di kota Elwak dekat dengan perbatasan Kenya.

“Akibat serangan itu, kami kehilangan lima perwira keamanan saat sedang berpatroli di jalan raya Elwak-Kotulo. Satu regu pasukan bantuan yang dikirim untuk menetralisir serangan tersebut juga diserang yang menyebabkan truk mereka terbakar,” kata pejabat polisi lokal bernama Daniel Bundotich kepada media.

Bundotich mengaku bahwa tiga orang perwira polisi yang tewas berasal dari unit pasukan cadangan. Sementara dua lainnya adalah perwira administratif.

“Para militan menyergap satu tim patroli aparat keamanan yang tak menduga bakal ada serangan. Ini jelas merupakan ambush,” kata seorang perwira polisi lainnya yang mengetahui insiden itu kepada Anadolu, yang meminta namanya dirahasiakan.

Serangan dadakan ini terjadi kurang dari satu pekan setelah Al-Syabab melancarkan serangan sebelumnya. Dalam serangan sebelumnya mereka membakar dua markas polisi di daerah Garissa di bagian utara Kenya.

Sejak beberapa tahun sebelumnya, kelompok jihadis Al-Syabab yang berbasis di Somalia ini mulai memperluas serangan mereka ke Kenya sebagai respon atas keterlibatan pasukan militer Kenya di Somalia. Salah satunya adalah serangan mematikan pada tanggal 2 April 2015 yang memakan korban 147 orang di Universitas Garissa.

Sumber: Worldbulletin
Redaktur: Yasin Muslim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat