... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Besarnya Faidah Ilmu Menurut Syaikh Hamid bin Ahmad Bukhori

Foto: Syaikh Hamid bin Ahmad Bukhori, ahli hadits di Madinah.

KIBLAT.NET, Jeddah – Daurah Ilmiyah Internasional ke-14 yang diikuti oleh 16 delegasi dari Majelis Dakwah Islam Indonesia (MADINA) telah dibuka pada Jumat, (05/01) di Masjid Firdaus, Jeddah.

Pada sesi awal, Ketua Yayasan Al-Bayyinat, Syaikh Ahmad Bathaf menyampaikan sambutannya kepada seluruh peserta yang datang dari mancanegara.

Baca juga: MADINA Kirim 16 Delegasi Ikuti Daurah Internasional di Jeddah

Kajian pertama merupakan kajian Kitab Al-Ilmu, yang ditulis oleh Abi Khaitsamah. Pengisi materinya adalah Syaikh Hamid bin Ahmad Bukhari. Beliau adalah seorang Muhaddits, juga pengisi tetap kajian taklim di Madinah Munawarah.

Ketua Umum Majelis Dakwah Islam Indonesia (MADINA) Ustadz Yazid Abdul Alim, sekaligus ketua delegasi dari Indonesia menjelaskan kajian yang disampaikan Syaikh Hamid mengandung faidah yang sangat banyak.

“Di antaranya ialah keutamaan menuntut ilmu yang sangat luar biasa sebagaimana yang telah disampaikan Nabi SAW bahwa semua makhluk mendoakan penuntut ilmu,” ujar Ustadz Yazid kepada wartawan Kiblat.net yang menyertai rombongan daurah.

Yang paling menarik, telah dipahami bahwa semua yang ada di dunia ini ketika memberikan bantuan atau sesuatu pasti menuntut balasan. Pertanyaannya adalah, apa yang para makhluk itu dapatkan ketika mereka mendoakan para penuntut ilmu?

Syaikh Hamid menjelaskan bahwa semua makhluk, termasuk hewan-hewan akan mendapat faidah yang sangat besar dari para penuntut ilmu. “Semua makhluk diciptakan untuk beribadah. Maka jika manusia bermaksiat, Allah SWT akan menurunkan azab. Jika azab ini diturunkan maka semua makhluk akan terkena imbasnya,” ujar ahli hadits ini.

BACA JUGA  Amnesty Desak Arab Saudi Bebaskan Syaikh Salman Al Audah

Maka, menurut beliau, semua makhluk termasuk binatang mendoakan para penuntut ilmu agar dunia yang ditempati bersama ini terhindar dari kerusakan. Para talabul ilmu ini memiliki keutamaan besar dengan manfaat ilmu yang mereka miliki, sehingga semua makhluk hidup mendapat manfaat yang besar.

Menurut Ustadz Yazid, penjelasan dari Syaikh Hamid ini dapat menambah keyakinan para penuntut ilmu dengan belajar secara langsung kepada para ulama.

“Inilah pentingnya talabul ilmu sesuai dengan konsep para ulama. Para ulama mampu memahami permasalahan sederhana dengan gamblang yang mana hal itu tidak terpikirkan oleh masyarakat awam,” ujar dia.

Jawaban itu sekaligus membuktikan hikmah yang mulia dari pentingnya menuntut ilmu agar manusia dapat menaati dan menjauhi larangan dari Allah SWT.

 

Penulis/Editor: Fajar Shadiq

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Komisi III: BSSN untuk Bungkam Penyuara Kebenaran

"Pertanyaannya, untuk apa? Kewenangan ini diarahkan untuk siapa?"

Sabtu, 06/01/2018 08:20 0

Indonesia

“Semua Badan yang Dibentuk Pemerintah untuk Tangkapi Bangsa Sendiri”

Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Syafii turut menyoroti keinginan kepala Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) yang ingin melakukan penangkapan bagi penyebar hoax. Muhammad Syafii menilai bahwa era saat ini banyak badan yang dibentuk oleh pemerintah untuk menghukum rakyat sendiri.

Sabtu, 06/01/2018 07:37 0

Indonesia

Pakar: Pembentukan BSSN Bentuk Kepanikan Pemerintah terhadap Medsos

Pakar Hukum Universitas Juanda Bogor, Dr Muhammad Taufik, SH, menilai bahwa pembentukan Badan Siber Sandi Negara (BSSN) oleh Presiden Joko Widodo sebagai pelarian dari kepanikan pemerintah menghadapi pemberitaan dan kritik di media sosial.

Sabtu, 06/01/2018 07:31 0

Indonesia

Polisi Mencuri di Kalsel, Romo Syafi’i: Di Setiap Instansi Negara Ada Oknum Seperti itu

"Karena itu sudah sifat dari oknum dan itu kan terjadi di semua tempat dan dilakukan oleh hampir semua instansi manapun. Engga khusus hanya di kepolisian, semua instansi manapun pasti memiliki oknum-oknum yang seperti itu," ujarnya saat dihubungi Kiblat.net pada Jumat (05/01/2018).

Sabtu, 06/01/2018 06:30 0

Indonesia

Tugas Penindakan BSSN Berpotensi Penyalahgunaan Kekuasaan

Pengamat hukum pidana, Nasrullah Nasution memberikan komentar terkait Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang ingin melakukan penindakan bagi orang-orang yang dianggap menyebar hoax.

Jum'at, 05/01/2018 21:22 0

Indonesia

SNH: BSSN Jangan Bicarakan Soal Hoax Saja

Advokat dari SNH Advocacy Center, Nasrullah Nasution mengatakan bahwa tugas yang diemban oleh BSSN cukup besar. Yaitu mengamankan negara dari kejahatan siber.

Jum'at, 05/01/2018 20:57 0

Indonesia

Tumpang Tindih Penindakan Badan Siber

Advokat SNH Advocacy Center, Nasrullah Nasution menegaskan bahwa kewenangan yang dimiliki Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) hanya dalam membangun sistem dan jaringan.

Jum'at, 05/01/2018 18:36 0

Indonesia

ANNAS: Syiah Ancaman Negara, Kenapa Pemerintah Diam?

Ketua Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS), KH Athian Ali menegaskan, bahayanya Syiah di Indonesia sudah menjadi fakta.

Jum'at, 05/01/2018 18:09 0

Indonesia

Ditugaskan Mengawal, Oknum Polisi Rampok Uang Bank Mandiri Rp10 Miliar

Seorang oknum Polres Tabalong, Kalimantan Selatan merampok uang kas Bank Mandiri saat bertugas untuk melakukan pengawalan

Jum'at, 05/01/2018 17:28 0

Indonesia

First Travel hingga Hannien Tour, Inilah 25 Biro Umrah yang Dibekukan Kemenag

Dalam tahun dua terakhir saja, Kemenag telah mencabut kurang lebih 13 PPIU dan tidak memperpanjang izin 12 PPIU.

Jum'at, 05/01/2018 17:19 0