... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pengamat: Meledaknya Demonstrasi di Iran Bukan Karena AS atau Israel

Foto: Demo di Iran/ilustrasi (BBC)

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua bidang hubungan luar negeri MUI, Muhyidin Junaidi mengklaim bahwa Amerika dan Israel mendompleng dalam demo besar-besaran yang terjadi di Iran. Menurutnya, Iran musuh dari Amerika dan Israel.

“Satu diantara lain karena faktor kesejahteraan. Harga pada naik. Ada pihak tertentu yang memang sangat berbahaya dengan gejolak di sana. Mungkin bisa saja ada aktor asing yang bermain terutama Israel dan Amerika. Dua negara sekutu yang memang anti Iran. Mereka mendompleng di balik para pendemo yang murni melakukan demo,” ujarnya.

Menanggapi hal ini, Pengamat Politik Timur Tengah, Muhammad Lutfi Zuhdi menegaskan bahwa pernyataan tersebut adalah teori konsipirasi. Lutfi menegaskan bahwa Israel dan Amerika yang mendompleng, tidak sepenuhnya benar.

“Itu teori konspirasi, itu memang diyakini ada. Tetapi teori konspirasi tidak akan pernah berhasil dengan konsisi negara yang dikatakan ada permasalahan. Itu (demo.red) tidak akan bisa meletup jika memang di dalamnya tidak ada masalah, memang ada masalah. Memang di situ ada kesulitan ekonomi, ada kesulitan kehidupan,” ujarnya saat dihubungi Kiblat.net pada Rabu (03/01/2017).

Kalau dikatakan ada konspirasi Amerika, lanjutnya, mungkin kaitannya tidak langsung dengan ini. Tapi kaitan jangka panjang. Artinya, kata dia, kalau kita lihat sekarang ini kenapa negara itu mengembangkan nuklir baik itu untuk kepentingan damai atau kepentingan lainnya. Israel juga melakaukan hal yang sama. Tapi Israel diberikan kebebasan.

“Tapi kalau meledaknya demonstarasi tidak secara langsung karena Amerika dan Israel. Tapi karena keadaan sosial di dalam negeri itu sendiri sedang bermasalah,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Bukan Politik, Demo Iran Murni Reaksi Kaum Buruh terhadap Ekonomi

Pengamat Politik Timur Tengah, Muhammad Lutfi Zuhdi menilai bahwa demo Iran tidak bermuatan politis. Sebab, demo tersebut terdiri dari kaum buruh yang memprotes kondisi ekonomi mereka.

Rabu, 03/01/2018 23:19 0

Indonesia

Ini Dua Poin Nota Keberatan Pengacara Alfian Tanjung atas Tuntutan JPU

Ustadz Alfian Tanjung menjalani sidang kedua berupa pembacaan eksepsi atau nota keberatan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Rabu, 03/01/2018 23:09 0

Indonesia

Sidang Kedua, Alfian Tanjung Didampingi 25 Pengacara

Pengamat Partai Komunis Indonesia, Ustadz Alfian Tanjung menjalani sidang kedua terkait kasus ujaran kebencian dan pencemaran nama baik.

Rabu, 03/01/2018 22:23 0

Indonesia

Respon Tudingan Trump, Sejumlah Pejabat Pakistan Angkat Bicara

Menyikapi tudingan Presiden AS Donald Trump yang membuat komentar tajam melalui Twitter tertanggal 1 Januari 2017, begini tanggapan sejumlah pejabat Pakistan

Rabu, 03/01/2018 18:38 0

Indonesia

Kepala Badan Siber Baru Bikin Heboh, Sebut Ada Hoax Membangun

Saya imbau kepada kawan-kawan, putra putri Indonesia ini mari kalau itu hoax membangun, ya silakan saja

Rabu, 03/01/2018 18:03 0

Indonesia

Hari Pertama 2018, Trump Salahkan Pakistan Atas Kegagalan AS di Afghanistan

Presiden AS Donald Trump menandai awal tahun 2018 dengan menempatkan Pakistan sebagai objek kemarahan.

Rabu, 03/01/2018 17:34 0

Indonesia

Warga Iran Demo Kantor Perwakilan Teheran di Jakarta, Sebut Khamenei Diktator

Aksi demo di depan kedutaan besar Iran menyerukan berahirnya rezim diktator di Iran

Rabu, 03/01/2018 17:17 0

Indonesia

Dugaan Penodaan Agama Arya Wedakarna, Polisi Minta Keterangan MUI Bali

Penyidik Polda Bali, hari ini Rabu (03/01/2018) memanggil saksi ahli agama dari MUI Bali, Ustadz Mustafid Amna, Lc., MA, saksi pelapor Putu K Muliastawa dan saksi ahli bahasa.

Rabu, 03/01/2018 17:03 0

Artikel

Tantangan Umat Islam Indonesia di Tahun 2018

Tahun 2017 telah berlalu, banyak peristiwa yan terjadi, terkhusus bagi umat Islam sebagai umat muslim terbesar sedunia. Nah, kira-kira di tahun 2018 apa saja ang akan menjadi tantangan umat Islam Indonesia?

Rabu, 03/01/2018 16:13 1

Indonesia

PERISAI Menyayangkan Penahanan Boy Laskar FPI

Boy Giandra seorang laskar FPI yang ditahan polisi setelah terlibat dlaam razia toko pengedar obat terlarang

Rabu, 03/01/2018 15:02 0

Close