... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ahlulbait Indonesia Salahkan Arab Saudi Terkait Demo Besar-besaran di Iran

Foto: Arab Saudi-Iran

KIBLAT.NET, Bekasi – Menyusul gejolak yang terjadi baru-baru ini, organisasi Syiah Ahlulbait Indonesia (ABI) menyebut sebagai upaya kelompok kiri yang mencoba menumbangkan pemerintah Iran dan menuding Arab Saudi terlibat di dalamnya.

Soal aksi demo di Iran, Ketua Dewan Syura Ahlulbait Indonesia (ABI) menyebut demonstrasi sebagai hal biasa. Namun, dia menuding adanya kelompok kiri yang memanfaatkan demo rakyat Iran untuk kepentingan politik.

“Saya melihat ada tiga bentuk demo yang terjadi di akhir tahun 2017 yakni demo terkait perekonomian, mengalihkan moment itu ke demo protes politik, dan selanjutnya demo jutaan orang sebagai dukungan,” kata Umar Shahab kepada Kiblat.net, Kamis (02/01/18).

Dia lantas menyebut di Iran ada kelompok-kelompok yang membenci pemerintahan yang selama ini dikomandoi pemimpin tertinggi Syaih, Ayatullah Khamenei. Umar Shahab menyebut Mujahidin Hallab, kelompok pendukung rezim Pahlavi, dan beberapa elemen lain sebagai oposisi atau anti Iran. Kelompok kiri inilah yang memanfaatkan moment di sisi situasi ekonomi Iran yang bergejolak.

“Moment gejolak masalah ekonomi seperti harga yang mahal dan minim kesempatan kerja inilah yang biasa dimanfaatkan kelompok kiri untuk mencoba menumbangkan pemerintah. Saya lihat ada taktis demonstrasi sebagai langkah melihat apakah kelompok kiri ini mendapat dukungan rakyat,” ujarnya.

Umar menilai kelompok kiri tersebut mendapat dukungan dari luar Iran. Setidaknya dirinya melihat ada tiga negara, yaitu Amerika, Israel dan Saudi yang ikut mencampuri urusan tersebut. Sehingga wajar demonstrasi itu berujung menuntut penumbangan pemerintahan saat ini. Bahkan dia menuding bahwa ke tiga negara tersebut juga menghasut pemberontakan di Kurdistan Irak dan Kandahar Afghanistan.

BACA JUGA  Puan Jadi Ketua DPR, Pengamat Politik: Terpilih Belum Tentu Terbaik

“Persoalan ekonomi Iran, mungkin bisa menjadi pengaruh dari ikut sertanya Iran dalam perang-perang di Timur Tengah. Tetapi demonstrasi kemarin bukan mempersoalkan peran Iran dalam perang,” klaimnya.

Sementara itu, pakar politik Timur Tengah Universitas Indonesia, Muhammad Lutfi Zuhdi membantah keterkaitan negara luar dalam gejolak di Iran. Israel dan Amerika Serikat, terlebih Arab Saudi, tak bisa dikaitkan secara langsung dengan kericuhan dalam negeri Iran.

“Itu teori konspirasi, itu memang diyakini ada. Tetapi teori konspirasi tidak akan pernah berhasil dengan konsisi negara yang dikatakan ada permasalahan. Itu (demo.red) tidak akan bisa meletup jika memang di dalamnya tidak ada masalah, memang ada masalah. Memang di situ ada kesulitan ekonomi, ada kesulitan kehidupan,” ujar Lutfi Zuhdi saat dihubungi Kiblat.net pada Rabu (03/01/2017).

Reporter: Hafizh
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Ahlulbait Indonesia Salahkan Arab Saudi Terkait Demo Besar-besaran di Iran”

  1. edi suprapto

    Kalau ada protes dari dalam negeri harusnya introspeksi bukan malah menuduh dari luar dan lain-lain, kalau ngak ada masalah -ngak ada protes, pasti ada yang keliru, apalagi yang melihatnya dari jauh (jangan sok tahu)

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Bahaya Fitnah Syubhat dan Syahwat

KIBLAT.NET – Dalam sebuah hadits qudsi Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku menciptakan hamba-hamba-Ku semuanya dalam keadaan...

Kamis, 04/01/2018 15:30 0

Rusia

Rusia Imbau Warganya Tingkatkan Kewaspadaan di Iran

Rusia meminta warganya yang berada dan akan mengunjungi Iran untuk berhati-hati setelah aksi protes besar meletus di negara tersebut.

Kamis, 04/01/2018 14:31 0

Asia

Singapura Larang Pemutaran Film tentang Perlawanan Rakyat Palestina

Pihak berwenang Singapura telah melarang film dokumenter tentang perlawanan rakyat Palestina terhadap penjajah Israel. Film berjudul "Radiance of Resistance" menampilkan seorang remaja Palestina, Ahed al-Tamimi (14 th) yang ditangkap bulan lalu karena menampar tentara Israel.

Kamis, 04/01/2018 13:43 0

Iran

Rakyat Iran Kecewa dengan Kebijakan Pemerintah terkait Nuklir

engamat Politik Timur Tengah, Muhammad Lutfi Zuhdi mengatakan bahwa Iran sempat diembargo oleh Barat karena dinilai mengembangkan nuklir yang tidak sesuai dengan aturan internasional. Hal ini membuat ekonomi Iran memburuk.

Kamis, 04/01/2018 11:00 0

Suriah

Roket Pejuang Suriah Hantam Pangkalan Udara Rusia, 6 Sukhoi Rusak

Sedikitnya tujuh jet tempur Rusia rusak dan sejumlah tentara luka-luka akibat serangan roket pejuang Suriah ke pangkalan militer Humeimim di Lattakia. Ser

Kamis, 04/01/2018 10:00 0

Rusia

Lagi, Helikopter Militer Rusia Jatuh di Suriah

Helikopter jenis Mi-24 itu jatuh di wilayah Suriah pada Ahad (02/1). Dua awak pesawat yang mengemudikan tewas seketika.

Kamis, 04/01/2018 05:59 0

Iran

Pengamat: Meledaknya Demonstrasi di Iran Bukan Karena AS atau Israel

"Itu teori konspirasi, itu memang diyakini ada. Tetapi teori konspirasi tidak akan pernah berhasil dengan konsisi negara yang dikatakan ada permasalahan. Itu (demo.red) tidak akan bisa meletup jika memang di dalamnya tidak ada masalah, memang ada masalah. Memang di situ ada kesulitan ekonomi, ada kesulitan kehidupan," ujarnya saat dihubungi Kiblat.net pada Rabu (03/01/2017).

Kamis, 04/01/2018 05:34 0

Artikel

Tantangan Umat Islam Indonesia di Tahun 2018

Tahun 2017 telah berlalu, banyak peristiwa yan terjadi, terkhusus bagi umat Islam sebagai umat muslim terbesar sedunia. Nah, kira-kira di tahun 2018 apa saja ang akan menjadi tantangan umat Islam Indonesia?

Rabu, 03/01/2018 16:13 1

Artikel

Peran Amerika Dalam Penjajahan Palestina

Jika kita bersuara lantang mengecam Israel dalam membela Palestina, jangan lupa Israel itu ada dan berjaya karena Amerika dibelakangnya. Seperti apa hubungan kedua negara ini hingga diibaratkan seperti Haman dan Fir'aun?

Rabu, 03/01/2018 13:30 0

Tazkiyah

Resep Nabi Menghadapi Tetangga yang Jahat

Suatu hari seorang lelaki mendatangi Nabi mengadukan tetangganya yang sering mengganggunya. Nabi pun bersabda,"Pergilah dan keluarkan perhiasanmu lalu letakkan di jalan!"

Rabu, 03/01/2018 10:00 0

Close