... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Diusulkan Masuk Prolegnas 2018, Bukti UU Ormas Bermasalah

Foto: Advokat LBH Lawyer Street, Rangga Lukita Desnata

KIBLAT.NET, Jakarta – Sejumlah fraksi di DPR sempat mengusulkan masuknya Undang-undang (UU) Ormas dalam daftar revisi dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2018. Hal itu dinilai menjadi bukti bahwa undang-undang itu bermasalah.

Rangga Lukita Desnata, kuasa hukum sejumlah organisasi kemasyarakatan penggugat UU Ormas mengatakan bahwa UU tersebut sudah sejak awal bermasalah. “UU ini menyasar kemana-mana, dan juga kalau berkaitan dengan pasal sanksi pidananya di dalam rumusan pasal 82 ayat 1 dan 2, orang yang tidak melakukan perbuatan pidana itu bisa dijerat,” ungkapnya kepada Kiblat.net, Selasa (02/01/2018).

Dia menyontohkan dampak buruk UU itu antara lain seorang anggota ormas, yang hanya berstatus anggota, bisa terkena pidana jika pengurus ormas melakukan perbuatan terlarang. Padahl anggota itu tidak ikut melakukan perbuatan terlarang tersebut.

Langkah judicial review  ditempuh dengan harapan UU Ormas yang baru dibatalkan. Meski, disaat yang sama fraksi-fraksi di DPR memasukkan pembahasan undang-undang itu ke dalam Prolegnas.

“Fraksi di DPR pun akan memasukkan ke prolegnas, ini bukti memang undang-undang ini bermasalah. Loh kok baru disahkan sudah langsung dimasukkan lagi ke prolegnas? Nah ini point penting bagi kami,” ungkap Rangga.

Advokat dari LBH Street Lawyer itu juga menyoroti proses pengesahan Perppu Ormas menjadi undang-undang beberapa waktu lalu. Dia menyebut ada upaya saling lempar tanggung jawab yang menyebabkan gugurnya gugatan terhadap Perppu kontroversial itu.

BACA JUGA  Tim SAR FKAM Evakuasi Korban Gempa Lombok yang Terisolir

“Uji Perppu tampaknya ada kesan bahwa MK ini mau membuang bola ke DPR, DPR mau membuang bola ke MK, jadi ini lempar-lemparan hingga batas deadline terakhir,” pungkas Rangga.

Perlu diketahui, sejumlah fraksi DPR telah mengusulkan Undang-undang Ormas yang disahkan belum lama ini masuk dalam Prolegnas 2018 untuk direvisi. Namun, undang-undang itu belum masuk dalam daftar Prolegnas Prioritas 2018 yang dibacakan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/2017) lalu.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tazkiyah

Resep Nabi Menghadapi Tetangga yang Jahat

Suatu hari seorang lelaki mendatangi Nabi mengadukan tetangganya yang sering mengganggunya. Nabi pun bersabda,"Pergilah dan keluarkan perhiasanmu lalu letakkan di jalan!"

Rabu, 03/01/2018 10:00 0

Mesir

Ulama Mesir: Bitcoin Dilarang Menurut Syariat Islam

Mufti Agung Mesir Shawki Allam mengatakan dalam sebuah fatwa resmi pada bahwa berdagang dengan Bitcoin "tidak sah" berdasarkan syariat Islam. Dia menjelaskan bahwa menggunakan mata uang virtual tidak diperbolehkan karena tidak disahkan oleh pemerintah Mesir.

Rabu, 03/01/2018 09:15 0

Amerika

Trump Ancam Cabut Bantuan Rutin untuk Pemerintahan Palestina

Presiden AS Donald Trump dalam tweet terbaru di situs jejaring sosial Twitter mengancam menghentikan bantuan keuangan kepada Otoritas Palestina karena Palestina tidak ingin membicarakan perdamaian, sebagaimana katanya.

Rabu, 03/01/2018 08:50 0

Iran

Empat Hal Perlu Diketahui tentang Demonstrasi di Iran

Kondisi Iran memanas setelah demonstrasi di berbagai kota meletus memprotes kebijakan ekonomi di negara tersebut. Puluhan orang tewas dalam demonstrasi yang dimulai pada 28 Desember lalu.

Rabu, 03/01/2018 08:02 0

Arab Saudi

Koalisi Saudi Bantah Cegah Bantuan Masuk Yaman

“Koalisi membantah keras laporan bahwa kami menghalangi bantuan dan pasokan penting lainnya kepada rakyat Yaman,” tegas koalisi dalam pernyataan kepada Reuters pada Selasa (02/2018) seraya menekankan bahwa tuduhan itu harus ada bukti.

Rabu, 03/01/2018 07:02 0

Video Kajian

Apa Makna Al-Haq dalam Risalah Nabi ﷺ?

KIBLAT.NET – Apa Makna Al-Haq dalam Risalah Nabiﷺ. “Innaa arsalnaaka bil haqq basyiran wa nadziran…”...

Selasa, 02/01/2018 12:48 0

Suriah

Aliansi Militer Pejuang Suriah Dikabarkan Kembali Terbentuk Idlib

Sumber pejuang mengatakan, aliansi ini akan diumumkan beberapa jam ke depan

Selasa, 02/01/2018 08:20 0

Iran

Korban Tewas dalam Aksi Protes di Iran Sudah 14 Orang

Demonstrasi yang meletus di berbagai kota di Iran masih berlanjut hingga Senin malam (01/01/2018).

Selasa, 02/01/2018 07:28 0

Asia

Hari Terakhir 2017, Jaish-e-Muhammad Serang Kamp Militer India di Kashmir

Pejabat-pejabat berwenang India menyatakan, sedikitnya dua militan menyusup ke dalam kompleks kamp paramiliter batalyon ke-185 di bagian selatan distrik Pulwana.

Selasa, 02/01/2018 06:43 0

Tazkiyah

Kecerdikan Nabi Menjawab Surat Balasan Raja Romawi

Nabi Muhammad mengirim surat kepada raja Romawi, Harqal. Beliau menyerunya untuk memeluk ajaran Islam dan menyerunya kepada jannah yang luasnya seluas langit dan bumi.

Senin, 01/01/2018 17:35 0

Close