... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Redam Protes yang Terus Meluas, Iran Blokir Telegram dan Instagram

Foto: Aksi protes pecah di Ibukota Iran, Teheran

KIBLAT.NET, Teheran- Pemerintah Iran mulai memblokir akses ke internet dan media sosial. Langkah itu diambil guna meredam aksi protes massa yang telah berlangsung selama tiga hari berturut-turut sejak Kamis (28/12/2017).

Unjuk rasa ini merupakan aksi protes terbesar di Iran sejak tahun 2009. Aksi unjuk rasa ini pertama kali pecah di Kota Mashhad. Massa memprotes kesulitan ekonomi yang dialami negara terhadap Ayatullah Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani. Aksi dengan cepat menjalar ke seluruh negara Iran.

Di Teheran, pemerintah sudah menutup akses internet sejak hari Sabtu lalu. Sedangkan pada Ahad (31/12/2017), aplikasi pengirim pesan, Telegram dan aplikasi berbagi foto, Instagram diblokir secara merata oleh pemerintah Iran.

Kabar pemblokiran ini dilaporkan oleh kantor berita negara, Irib seperti dikutip dari BBC. Menurut sumber, kebijakan ini diambil untuk meredam protes yang semakin meluas.

Sementara itu, alasan utama mengapa dua aplikasi itu ditutup karena baik Telegram dan Instagram merupakan dua aplikasi terpopuler di Iran. Di mana, sekitar 50% populasi negara aktif menggunakan dua aplikasi tersebut.

Sementara itu, pemblokiran ini mendapat tanggapan langsung dari perusahaan COE Telegram, Pavel Durov. Ia mengatakan, “Otoritas Iran telah menutup akses Telegram untuk mayoritas warganya setelah penolakan kami untuk menutup t.me/sadaeiemardom dan saluran lainnya yang mengandung aksi proters.”

Sumber: BBC
Redaktur: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Negara-negara Islam di Kalimantan 1425-1905 M

Laporan Syamina: Negara-negara Islam di Kalimantan 1425-1905 M

Ahad, 31/12/2017 21:10 0

News

Di Balik Topi dan Terompet Tahun Baru Masehi

Tahukah anda, mengapa atribut terompet, topi sanbenito dan kembang api selalu menyertai perayaan tahun baru?

Ahad, 31/12/2017 17:02 0

Mesir

Seorang Pria Ditangkap atas Kasus Penyebaran Ateisme dan LGBT

Pasukan keamanan menangkap Khalil (29 tahun) pada Kamis pekan lalu di sebuah kafe di Dokki. Dia telah memberi tahu teman-temannya bahwa dia akan bertemu dengan beberapa produser televisi yang ingin mewawancarainya.

Ahad, 31/12/2017 15:58 0

Mesir

Mursi Divonis 3 Tahun Penjara atas Tuduhan Hate Speech

Presiden pertama Mesir yang terpilih secara demokratis Muhammad Mursi dan 19 terdakwa lainnya telah dijatuhi hukuman tiga tahun penjara atas tuduhan menghina pengadilan.

Ahad, 31/12/2017 13:08 0

Iran

Anshorul Furqon, Kelompok Jihadis Sunni di Iran Lancarkan Serangan

Sebuah kelompok jihadis yang beroperasi di Iran, Anshorul Furqon, menyatakan bertanggung jawab atas serangan terhadap jalur pipa minyak di propinsi Khuzestan, Iran.

Ahad, 31/12/2017 12:53 0

Iran

Hadapi Demonstran, Tokoh Syiah Iran Minta Aparat Bersikap Keras

Seorang tokoh Syiah di kota Mashhad, kota terbesar kedua di Iran, meminta pasukan keamanan melakukan tindakan keras terhadap para demonstran yang memprotes kenaikan harga dan meneriakkan slogan anti-pemerintah.

Ahad, 31/12/2017 11:52 0

Video Kajian

Tiada Bahagia Tanpa Al-Qur’an, Bagaimana Logikanya?

KIBLAT.NET – Tiada Bahagia Tanpa Al-Qur’an, Bagaimana Logikanya? Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam. Membacanya...

Ahad, 31/12/2017 09:55 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Mulia dengan Ibadah

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Mulia dengan Ibadah. Seruan untuk beribadah kepada Allah, adalah perintah yang...

Ahad, 31/12/2017 09:45 0

Yaman

Dubes Saudi Bantah Serangan di Taiz Yaman Tewaskan Puluhan Sipil

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osamah bin Mohammad Al-Shuaibi membantah kabar yang beredar di sejumlah media Indonesia tentang serangan Koalisi pimpinan Saudi yang menyebabkan tewasnya 40 penduduk Yaman dan melukai banyak penduduk lainnya dalam sebuah serangan rudal yang mengenai sebuah pasar di wilayah Taiz Yaman

Sabtu, 30/12/2017 11:00 0

Suriah

Pedesaan Idlib Terus Memanas, Pejuang Rebut Kembali Kota yang Terlepas

Angkatan udara Rusia dan rezim, Jumat (29/12), melanjutkan pemboman ke desa di selatan Idlib sehingga menewaskan sedikitnya lima warga sipil. Di waktu yang sama, pejuang berhasil merebut kembali kota Abu Dali beberapa jam setelah militer Suriah masuk ke kota strategis itu.

Sabtu, 30/12/2017 08:31 0

Close
CLOSE
CLOSE