... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Aksi Protes di Iran Semakin Memanas, 2 Orang Ditembak Mati Aparat

Foto: Massa memblokir jalan di Ibukota Teheran (foto: Reuters)

KIBLAT.NET, Teheran- Aksi protes yang dilakukan rakyat Iran terhadap Ayatollah Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani semakin memanas. Penyampaian anspirasi berupa perbaikan ekonomi nyatanya tak berjalan mulus. Pemerintah justru menjawab protes tersebut dengan tembakan.

Sejauh ini dua orang dilaporkan tewas setelah aparat keamanan Iran melepaskan timah panas ke arah pengunjuk rasa pada Sabtu (30/12/2017). Aksi protes ini menjadi yang terbesar di Iran sejak tahun 2009 dan telah berlangsung sejak Jumat pekan ini.

Seperti dikutip dari Guardian, tewasnya dua pengunjuk rasa itu terjadi Kota Dorut. Informasi ini pertama kali tersebar melalui media sosial. Diperlihatkan, pengunjuk rasa mengangkut tubuh para korban yang ditembak oleh aparat di lokasi kejadian. Diperlihatkan, pemerintah Iran sendiri hingga saat ini belum mengeluarkan konfirmasi berkenaan insiden tersebut.

Baca juga: Tuntut Perbaikan Ekonomi, Pendemo Iran: Tinggalkan Suriah, Pikirkan Kami!

Sementara itu, di sejumlah kota lainnya aksi protes semakin memanas. Massa juga tampak telah merobohkan poster Ayatollah Khamenei.

Aksi unjuk rasa ini pertama kali pecah pada hari Kamis (28/12/2017) di Kota Mashhad. Massa menuntut kepada Ayatollah Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani agar adanya perbaikan dalam ekonomi negara. Aksi dengan cepat menjalar ke seluruh negara Iran.

Sedangkan pihak keamanan menahan diri selama 48 jam pertama protes. Namun setelah itu sejumlah kebijakan mulai dilakukan seperti pemotongan akses internet di Teheran untuk meredam penyebarluasan kerusuhan.

BACA JUGA  Update Corona: 1.414 Kasus, 75 Sembuh, 122 Meninggal

Sumber: The Guardian
Redaktur: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pengamat: Bahrun Naim Muncul Ketika Negara Butuh Berita

Baginya, sosok BN yang sering diberitakan sengaja dimunculkan oleh pihak-pihak tertentu.

Ahad, 31/12/2017 20:01 0

Indonesia

Tipu Jemaah Umrah, Kemenag Resmi Cabut Izin Hannien Tour

Kementerian Agama telah menjatuhkan sanksi administratif kepada PT. Biro Perjalanan Wisata Al-Utsmaniyah atau yang lebih populer disebut Hannien Tour.

Ahad, 31/12/2017 19:44 0

Indonesia

Evaluasi 2017, Persekusi Ulama hingga Pembubaran Pengajian Jadi Sorotan

Wasekjen MUI, KH Tengku Zulkarnain menegaskan bahwa tidak ada langkah konkrit dari pemerintah untuk menghentikan tindakan ini.

Ahad, 31/12/2017 19:32 0

Indonesia

UIN Makassar Undang Pembicara Syiah, Begini Reaksi Tengku Zulkarnain

Wasekjen MUI, KH Tengku Zulkarnain memberikan tanggapan soal adanya pembicara dari Iran yang memberikan materi di UIN Alauddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Ahad, 31/12/2017 19:09 0

Indonesia

Informasi Selalu dari Polisi, Kebenaran Sosok Bahrun Naim Mulai Dipertanyakan

Mustofa B. Nahrawardaya bukan hanya tidak mempercayai berita meninggalnya BN, tapi juga menanyakan kebenaran adanya sosok yang sering disebut kepolisian terlibat dalam sejumlah aksi teror di Indonesia.

Ahad, 31/12/2017 18:34 1

Indonesia

Fadli Zon: Keberhasilan Pemerintah Tak Diukur dari Pembangunan Tol

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengungkapkan bahwa sepanjang tahun 2017 pemerintahan Joko Widodo masih saja fokus mengejar pembangunan infrastruktur

Ahad, 31/12/2017 18:12 1

Indonesia

Anggota FPI Bekasi Diciduk Polisi Pasca Razia Obat Terlarang

Aziz Yanuar dari Pusat Asasi Muslim Indonesia (PUSHAMI) mengungkap perihal penangkapan empat anggota Front Pembela Islam (FPI) di Bekasi.

Ahad, 31/12/2017 18:07 0

Indonesia

Ini Catatan Fadli Zon tentang Kinerja Jokowi-JK Tahun 2017

Wakil ketua DPR RI, Fadli Zon mengevaluasi kinerja pemerintah selama tahun 2017. Ia menilai bahwa banyak perlakukan tidak adil pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat.

Ahad, 31/12/2017 17:30 0

Indonesia

Tahun 2018, Pemerintah Diminta Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Tahun 2018 kami berharap pemerintah tingkatkan kesejahteraan rakyat. Evaluasi ini bagian dari kewajiban parlemen yang fundamental diamanahkan dalam konstitusi.

Ahad, 31/12/2017 16:50 0

Indonesia

Umat Islam Diimbau Bersatu Hadapi Tahun Politik

"Jangan sampai persatuan yang sudah baik ini atau sudah mulai baik ini mulai tercederai kembali. Maka kita harus saling mengakui eksistensi dan pilihan-pilihan kita selama itu konstitusional, maka itu tidak ada masalah dan yang paling penting jangan kita menghiraukan perbedaan," kata Zaitun.

Ahad, 31/12/2017 16:43 0

Close