... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bom Barel Kembali Menghujani Idlib

Foto: Ledakan yang ditimbulkan oleh serangan bom barel

KIBLAT.NET, Idlib – Militer Suriah dan milisi sekutunya, Kamis (28/12), melanjutkan serangan intensif dengan roket dan bom barel (birmil) ke kota-kota dan desa-desa di pedesaan Hama dan Idlib timur, yang menjadi bagian dari zona de-eskalasi keempat yang disepakati dalam konferensi Astana.

Koresponden Al-Jazeera melaporkan bahwa rezim kembali menggunakan bom barel untuk menargetkan wilayah opoisisi. Di saat bersamaan, pasukan darat bergerak menembus pertahanan garis pertahanan pejuang Suriah.

Militer Suriah berupaya memecah garis pertahanan pejuang untuk menembus bandara militer Abu Dzuhur. Bandara yang dikontrol oleh pejuang Hai’ah Tahrir Al-Syam itu merupakan satu-satunya bandara paling dekat dengan Idlib kota. Jatuhnya bandara ini ke tangan pejuang 2015 lalu menyebabkan menurunnya kemampuan pasukan udara rezim di Idlib.

Gempuran dan pertempuran juga terjadi di sepanjang pedesaan Hama dan Idlib. Ekskalasi militer itu terjadi bersamaan dengan pernyataan Rusia bahwa prioritas tahun depan di Suriah mengalahkan Hai’ah Tahrir Al-Syam.

Wartawan Al-Jazeera juga melaporkan, militer rezim membangun pangkalan udara darurat di dekat Idlib untuk mendukung operasi. Hal itu menyebabkan serangan udara yang tak henti sehingga membuat warga mengungsi kembali.

Beberapa pekan lalu, sejumlah ulama independen di Suriah menyeru pembentukan kembali ruang operasi bersama seperti Jaisyul Fath. Para ulama itu ingin mengulang kejayaan aliansi Jaisyul Fath untuk melindungi Idlib. Sebagaimana diketahui, Idlib berhasil direbut setelah faksi-faksi oposisi sepakat di bawah satu ruang operasi bernama Jaisyul Fath.

BACA JUGA  Pasca Kematian Baghdadi, Begini Peta Keberadaan ISIS

Idlib menjadi satu-satunya wilayah di Suriah yang sepenuhnya dikontrol oleh oposisi. Rumah terakhir revolusi Suriah ini pun menjadi tujuan para pengungsi. Warga Suriah yang terusir dari kampung halaman mereka setelah pengepungan panjang menjadi Idlib sebagai tujuan.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khutbah Jum'at

Khutbah Jum’at: Toleransi Ala Kaum Musyrik

Khutbah Jum’at: Toleransi Ala Kaum Musyrik Khutbah Pertama: الحمد لله الذي أصلحَ الضمائرَ، ونقّى السرائرَ،...

Jum'at, 29/12/2017 10:11 0

Indonesia

IHW: Industri Halal di Indonesia Jalan di Tempat

Ketua IHW, Ihsan Abdullah menegaskan bahwa industri halal di Indonesia masih tertinggal dengan negara lain.

Jum'at, 29/12/2017 07:58 0

Indonesia

Kaleidoskop 2017: MK Tolak Uji Materi, Homoseksual Urung Dipidana

MK menolak uji materi pasal perzinaan, perkosaan dan pencabulan homoseksual

Kamis, 28/12/2017 22:01 0

Indonesia

Kak Seto: LGBT adalah Kekejian

LGBT salah satu bentuk kejahatan psikis dan seksual

Kamis, 28/12/2017 21:03 0

Indonesia

Kinerjanya Dianggap Terlalu Memanjakan Anak, KPAI Angkat Bicara

Belakangan muncul penilaian dari sejumlah pihak yang menganggap kinerja KPAI malah membuat anak semakin tak terkendali dan termanjakan.

Kamis, 28/12/2017 20:31 0

Indonesia

Dekan FAH Bantah Maulid Nabi UIN Alauddin Disusupi Ajaran Syiah

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar (UINAM) Barsihannor ikut angkat bicara terkait perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar kampusnya tersebut

Kamis, 28/12/2017 19:34 0

Indonesia

Ini Alasan Panitia Batalkan Kajian Ustadz Abdul Somad di Masjid PLN Gambir

Pengajian Dai Kondang Nasional, Ustadz Abdul Somad yang hari ini dijadwalkan di Masjid Nurul Falah, Komplek PLN Disjaya, Gambir Jakarta Pusat dibatalkan.

Kamis, 28/12/2017 18:19 0

Indonesia

Hadirkan Pembicara dari Iran, Acara Maulid Nabi di UIN Alauddin Digelar Tertutup

Rombongan Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS), dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Islam (LPPI) Indonesia Timur, serta Laskar Pemburu Aliran Sesat, dicegat panitia penyelenggara.

Kamis, 28/12/2017 18:10 0

Indonesia

Ormas Islam Sayangkan UIN Alauddin Hadirkan Pembicara dari Iran

rombongan Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS), dan Lembaga Penelitian dan Pengambangan Islam (LPPI) Indonesia Timur, serta Laskar Pemburu Aliran Sesat, dicegat panitia penyelenggara.

Kamis, 28/12/2017 17:30 0

Indonesia

Gelar Maulid Nabi, UIN Alauddin Hadirkan Dua Pembicara dari Iran

Isu kehadiran syiah turut mewarnai acara tersebut. Pasalnya, dua pembicaraan dihadirkan yaitu Ghasem Muhammadi dan Ebrahim Zargar, dosen Al-Mustafa International Universty of Iran.

Kamis, 28/12/2017 17:05 1

Close