... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Meski Blokir Aplikasi, Cina Sambut Pusat Penelitian Google di Beijing

Foto: Google

KIBLAT.NET, Beijing – Google Alphabet Inc mengatakan pihaknya membuka pusat penelitian kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI) di Cina untuk menargetkan bakat lokal negara tersebut. Sementara itu, Google sendiri masih diblokir di negara ini.

Dikutip dari Zaman el-Wasl bulan ini, Google mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pusat penelitian ini adalah yang pertama di Asia, yang terdiri dari sebuah tim kecil yang beroperasi dari sebuah kantor yang berada di Beijing.

Pembuat kebijakan Cina telah menyuarakan dukungan kuat untuk penelitian dan pengembangan AI di negaranya. Meskipun telah menerapkan peraturan yang semakin ketat mengenai perusahaan asing pada tahun lalu.

Mesin pencari Google dilarang di pasar Cina bersamaan dengan layanan aplikasi, email dan penyimpanan. Regulator cyber Cina mengatakan pembatasan terhadp media asing dan platform internet dirancang untuk menghalangi pengaruh yang bertentangan dengan stabilitas dan gagasan sosialis.

Kendati pembatasan cenderung menghambat masuknya kembali ke pasar Cina untuk Google, perusahaan tersebut semakin berfokus untuk memaparkan produk AI-nya di Cina.

Tahun ini Google mengadakan turnamen Go yang bekerjasama dengan pemerintah daerah di Cina timur dengan mengajukan AI-nya melawan juara dunia Cina Go player Ke Jie. Acara tersebut diplubikasikan secara luas di luar negeri namun media lokal dibungkam.

Awal bulan ini CEO Google Sundar Pichai tampil dalam sebuah konferensi yang dijalankan oleh Administrasi Cyberspace Cina, regulator cyber teratas di negara itu.

BACA JUGA  BPJPH: Kewajiban Sertifikasi Halal Dilakukan Bertahap Mulai Oktober 2019

Google mengatakan bahwa pusat penelitian AI Cina yang baru akan bergabung dalam daftar pusat-pusat luar negeri yang serupa yang beroperasi di New York, Toronto, London dan Zurich.

Sumber: Zaman el-Wasl
Redaktur: Ias Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Tuntut Perbaikan Ekonomi, Pendemo Iran: Tinggalkan Suriah, Pikirkan Kami!

Ratusan orang turun ke jalan-jalan di kota terbesar kedua di Iran, Mashhad pada hari Kamis (28/12/2017) untuk memprotes tingginya harga bahan pokok.

Jum'at, 29/12/2017 14:20 0

Artikel

Ketika Ustadz Abdul Somad Mendakwahi Kaum Quraisy

Lelaki kurus itu sering dipanggil Ustadz Abdul Somad. Itupun tergantung siapa yang memanggil. Mereka yang tidak suka, ogah menyebut dengan embel-embel “Ustadz.”

Jum'at, 29/12/2017 13:06 0

Palestina

Bayi Kembar Tiga Lahir di Gaza, Nama Mereka ‘Al-Quds, Ibu Kota, Palestina’

Pasangan suami istri di kampung Khan Yunis, Jalur Gaza bagian selatan melakukan cara unik untuk menanggapi klaim sepihak Presiden AS Donald Trump terkait Yerusalem (Al-Quds).

Jum'at, 29/12/2017 11:45 0

Suriah

Bom Barel Kembali Menghujani Idlib

Militer Suriah dan milisi sekutunya, Kamis (28/12), melanjutkan serangan intensif dengan roket dan bom barel (birmil) ke kota-kota dan desa-desa di pedesaan Hama dan Idlib timur, yang menjadi bagian dari zona de-eskalasi keempat yang disepakati dalam konferensi Astana.

Jum'at, 29/12/2017 10:16 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jum’at: Toleransi Ala Kaum Musyrik

Khutbah Jum’at: Toleransi Ala Kaum Musyrik Khutbah Pertama: الحمد لله الذي أصلحَ الضمائرَ، ونقّى السرائرَ،...

Jum'at, 29/12/2017 10:11 0

Yaman

Kaleidoskop 2017: Tahun Kebuntuan Politik dan Militer di Yaman

Tahun 2017 menjadi tahun kebuntuan militer dan politik untuk konflik Yaman.

Jum'at, 29/12/2017 08:40 0

Afrika

Perancis Tegaskan Perang Hadapi Jihadis Afrika Berlanjut

Presiden Perancis Emmanuel Macron tiba di Niger pada hari Jumat (22/12) malam pekan lalu untuk memompa semangat pasukan Perancis yang sedang menjalankan misi & kampanye militer memerangi jihadis. Macron menyampaikan pesan bahwa perang melawan kelompok-kelompok jihadis akan terus berlanjut di tahun 2018

Jum'at, 29/12/2017 06:57 0

Palestina

Hamas Ingatkan Rencana Besar AS Abad Ini terkait Palestina

Berbicara dalam sebuah pertemuan dengan para pemimpin Palestina di Jalur Gaza, Haniyeh kembali mengecam keputusan Presiden Amerika baru-baru ini untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Kamis, 28/12/2017 20:00 0

Suriah

Al-Muhaisini: Mujahidin Suriah Akan Bertempur Bersama dalam Waktu Dekat

Abdullah al-Muhaisini mengatakan bahwa faksi-faksi mujahidin Suriah akan bergabung dalam sebuah ruang operasi militer bersama dalam waktu dekat.

Kamis, 28/12/2017 15:05 0

Arab Saudi

Bahas Palestina, PM Turki Temui Raja Salman di Riyadh

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim bertemu dengan Raja Saudi Salman bin Abdulaziz pada Rabu (27/12/2017). Kedua pihak membahas tentang perjuangan Palestina dan problematika negara-negara Muslim.

Kamis, 28/12/2017 13:29 0

Close