... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bimbing Pegawai Ucapkan Selamat Natal, Wali Kota Surakarta Dilaporkan ke Komnas HAM

Foto: Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

KIBLAT.NET, Solo- Meninjaklanjuti sikap Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo yang memandu para staf pegawai untuk mengucapkan selamat natal dan tahun baru 2018, Ketua Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Ustadz Muinnudinnilah Basri akan mengadukan hal tersebut ke Komnas HAM.

Kepada Komnas HAM, ia meminta agar diadakan penyelidikan dan investigasi dengan tegas terhadap FX Hadi Rudyatmo. Karena menurutnya, jika hal tersebut dibiarkan maka ia menilai pada tahun depan akan ada pernyataan dan sikap yang serupa. Bahkan, lanjutnya, bisa lebih parah.

“Untuk itu kami meminta kepada Komnas HAM untuk dilakukannya penyelidikan dan investigasi atas dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Walikota Surakarta,” ungkapnya di Kantor DSKS, Laweyan, Surakarta pada Jumat (29/12/17).

Selain itu, ia merekomendasikan kepada pihak terkait untuk menindaklanjuti hal tersebut. Karena ia menilai bahwa sikap yang dikeluarkan oleh FX Hadi Rudyatmo tersebut telah melanggar Hal Asasi Manusia (HAM).

Ia menjelaskan, dalam Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan bahwa negara menjamin kebebasan beragama dan berkepercayaan pasal 28E Jo pasal 29 ayat 1. Bahkan, dalam Pasal 28 UUD 1945, dinyatakan bahwa kebebasan beragama tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun.

Ketentuan tersebut, lanjutnya, masih diperkuat lagi dalam pasal 22 UU No 39/1999 tentang HAM Setiap orang mempunyai kebebasan berpikir keyakinan dan beragama. Hal ini mencakup kebebasan untuk menganut atau menetapkan agama atau kepercayaan atas pilihannya sendiri.

BACA JUGA  Terkait New Normal, PKS Kritik Keras Rencana Pembukaan Sekolah

Setiap orang memiliki kebebasan apakah secara individu atau di dalam masyarakat secara publik atau pribadi untuk memanifestasikan agama atau keyakinan. Di Dalam pengajaran dan peribadatannya terdapat juga dalam undang-undang nomor 12 tahun 2005 tentang pengesahan konvensi internasional tentang hak sipil dan politik pasal 2 tidak ada seorangpun yang pantas menerima paksaan yang dapat mengurangi kemerdekaannya untuk memiliki atau untuk menganut sebuah agama atau sebuah kepercayaan berdasarkan pilihan dasarnya.

“Merekomendasi kepada pihak terkait, untuk menindaklanjuti atas dugaan pelanggaran hukum baik pelanggaran HAM dan atau tindak pidana umum ataupun pelanggaran lainnya,” ujarnya.

Reporter: Reno A
Editor: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Rusia Sesumbar Akan Basmi ‘Jabhah Nusrah’ Tahun 2018

Kepala Staf Rusia, Jenderal Angkatan Darat Valery Gerasimov, mengatakan bahwa kelompok oposisi Jabhah Nusrah (JN) di Suriah akan diberantas pada tahun 2018. 

Jum'at, 29/12/2017 17:22 0

Artikel

Ini yang Terjadi Selama Persidangan Perkara Pidana

Inilah tahapan-tahapan dalam proses persidangan perkara pidana biasa

Jum'at, 29/12/2017 17:02 0

Arab Saudi

Saudi Ungkap Peran Iran dalam Mendukung Kelompok Teroris di Qatif

Pihak keamanan Saudi mengatakan bahwa Iran mendukung kelompok-kelompok teroris untuk melakukan aksi terorisme di kawasan. Di antaranya milisi Hutsi di Yaman, Hizbullah Lebanon, dan elemen-elemen teroris di provinsi Qatif di Arab Saudi timur.

Jum'at, 29/12/2017 16:47 0

Iran

Tuntut Perbaikan Ekonomi, Pendemo Iran: Tinggalkan Suriah, Pikirkan Kami!

Ratusan orang turun ke jalan-jalan di kota terbesar kedua di Iran, Mashhad pada hari Kamis (28/12/2017) untuk memprotes tingginya harga bahan pokok.

Jum'at, 29/12/2017 14:20 0

Artikel

Ketika Ustadz Abdul Somad Mendakwahi Kaum Quraisy

Lelaki kurus itu sering dipanggil Ustadz Abdul Somad. Itupun tergantung siapa yang memanggil. Mereka yang tidak suka, ogah menyebut dengan embel-embel “Ustadz.”

Jum'at, 29/12/2017 13:06 0

Palestina

Bayi Kembar Tiga Lahir di Gaza, Nama Mereka ‘Al-Quds, Ibu Kota, Palestina’

Pasangan suami istri di kampung Khan Yunis, Jalur Gaza bagian selatan melakukan cara unik untuk menanggapi klaim sepihak Presiden AS Donald Trump terkait Yerusalem (Al-Quds).

Jum'at, 29/12/2017 11:45 0

Suriah

Bom Barel Kembali Menghujani Idlib

Militer Suriah dan milisi sekutunya, Kamis (28/12), melanjutkan serangan intensif dengan roket dan bom barel (birmil) ke kota-kota dan desa-desa di pedesaan Hama dan Idlib timur, yang menjadi bagian dari zona de-eskalasi keempat yang disepakati dalam konferensi Astana.

Jum'at, 29/12/2017 10:16 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jum’at: Toleransi Ala Kaum Musyrik

Khutbah Jum’at: Toleransi Ala Kaum Musyrik Khutbah Pertama: الحمد لله الذي أصلحَ الضمائرَ، ونقّى السرائرَ،...

Jum'at, 29/12/2017 10:11 0

Yaman

Kaleidoskop 2017: Tahun Kebuntuan Politik dan Militer di Yaman

Tahun 2017 menjadi tahun kebuntuan militer dan politik untuk konflik Yaman.

Jum'at, 29/12/2017 08:40 0

Afrika

Perancis Tegaskan Perang Hadapi Jihadis Afrika Berlanjut

Presiden Perancis Emmanuel Macron tiba di Niger pada hari Jumat (22/12) malam pekan lalu untuk memompa semangat pasukan Perancis yang sedang menjalankan misi & kampanye militer memerangi jihadis. Macron menyampaikan pesan bahwa perang melawan kelompok-kelompok jihadis akan terus berlanjut di tahun 2018

Jum'at, 29/12/2017 06:57 0

Close