... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pemimpin Kelompok Perlawanan Kashmir Jaish-e-Mohammad Terbunuh

Foto: Wilayah Kashmir yang menjadi persengketaan antara Pakistan dan India

KIBLAT.NET, Mumbai – Polisi India mengklaim, Selasa (26/12), telah membunuh pemimpin gerilyawan Muslim Jaish-e-Mohammad yang berbasis di Pakistan dan beroperasi di perbatasan Kashmir-India. Kashmir, yang penduduknya mayoritas Muslim, menyaksikan kekerasan dalam setahun terakhir akibat diskriminasi pemerintah India.

Menurut polisi India, Nur Mohammad Tantra yang memimpin kelompok tersebut di Lembah Kashmir, terjebak di sebuah rumah di luar kota utama Srinagar pada Senin malam bersama sejumlah anggotanya. Polisi dan tentara India mengepung rumah tersebut sehingga terjadi baku tembak sengit.

Polisi menggambarkan bahwa operasi tersebut sebagai “pencapaian besar”. Jenaza Tantra ditemukan di bawah puing-puing bangunan rumah.

Koran lokal India, melansir dari sumber polisi, menyebut bahwa pertempuran itu bagian dari operasi keamanan gabungan antara polisi dan militer yang digulirkan sejak Senin. Operasi ini masih terus berjalan.

Polisi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa anggotanya dan tentara telah menyisir sejumlah rumah di Sambora sehingga menyebabkan baku tembak sengit dengan pemimpin Jaish-e-Mohammad dan pengawalnya.

Seorang pejabat polisi, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan bahwa kedua rekan Tantra berhasil melarikan diri.

Polisi menyebut Tantra (47) menjadi penyebab utama gangguan keamanan di Kashmir. Dia memilih perlawanan persenjata untuk melawan rezim India.

Polisi mengatakan bahwa Tantra sempat menghuni penjara India selama 12 tahun dalam kasus yang berkaitan dengan kegiatannya pada tahun 2003. Dia bebas dua tahun lalu dan kemudian bergabung dengan Jaish-e-Mohammad.

Rakyat Kashmir Marah

Kabar gugurnya Tantra ini menyulut kemarahan warga Kashmir. Mereka turun ke jalan sambil meneriakkan slogan-slogan menolak rezim India. Aksi itu pun berakhir bentrok dengan pasukan keamanan. Warga melempari polisi dengan batu sementara keamanan membalas dengan tembakan gas air mata. Akibatnya, enam orang demonstra luka-luka, sebagaimana kata polisi.

Kashmir telah dibagi antara India dan Pakistan sejak tahun 1947 setelah berakhirnya penjajahan Inggris di semenanjung India. Sementara warga Kashmir menuntut kedaulatan penuh.

Sebagai bagian dari konflik Kashmir, Pakistan dan India bertempur dalam tiga perang pada tahun 1948, 1965 dan 1971, menewaskan sekitar 70.000 orang di kedua belah pihak.

Sejak tahun 1989, lebih dari 100.000 warga Kashmir terbunuh dan lebih dari 10.000 wanita diperkosa di bagian yang dikendalikan oleh India, menurut kelompok hak asasi manusia, dengan perlawanan bersenjata yang terus berlanjut oleh kelompok pejuang.

Jaish-e-Mohammad, sebuah kelompok perwalanan yang telah memerangi pasukan India sejak 1989, menuntut kemerdekaan atau aneksasi ke wilayah tersebut. Pakistan memiliki sekitar setengah juta tentara India.

New Delhi menuduh Islamabad mengirim pejuang melintasi perbatasan ke Kashmir untuk melancarkan serangan terhadap pasukannya. Islamabad membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa hanya memberikan dukungan diplomatik kepada aktivis Kashmir karena hak mereka untuk menentukan nasib sendiri.

Tahun ini adalah yang paling sengit di Kashmir dalam beberapa dasawarsa, setelah tentara India melancarkan sebuah kampanye besar-besaran yang menewaskan sekitar 210 orang, kebanyakan penduduk sipil.

Sumber: Arabi21.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Kaleidoskop 2017: Ketika Pewaris Nabi Dipersekusi

KIBLAT.NET- Ulama, ia adalah manusia yang sepatutnya mendapat penghormatan dari umat Islam. Karena merekalah, warotsatul...

Selasa, 26/12/2017 22:03 0

Indonesia

Fadli Zon: Penolakan Ustadz Abdul Somad ke Hongkong, Pelecehan terhadap WNI

KIBLAT.NET, Jakarta- Penolakan Ustadz Abdul Somad masuk ke Hongkong oleh otoritas setempat, setibanya di bandara...

Selasa, 26/12/2017 21:08 0

Indonesia

Alfian Tanjung Jalani Sidang Perdana di PN Jakarta Pusat Esok

Sidang di PN Jakarta Utara esok terkait kasus kicauan Alfian Tanjung di Twitter yang menyebut 85% Kader PKI ada di PDIP

Selasa, 26/12/2017 20:07 0

Tarbiyah Jihadiyah

Kontribusi Perjuangan Adalah Konsekuensi Keimanan

Berkontribusi dalam perjuangan adalah konsekuensi keimanan. Apalah arti sebuah keimanan jika hati beku melihat Al-Quds, kiblat pertama umat Islam diklaim sebagai ibukota penjajah Israel.

Selasa, 26/12/2017 19:29 0

Indonesia

Perlawanan Palestina terhadap Penjajahan Israel Sah di Mata Hukum

Pemateri Ustadz Zikrullah mengungkapkan bahwa perlawanan yang dilakukan oleh warga Palestina terhadap penjajahan Zionis Israel merupakan suatu perbuatan yang sah di mata hukum.

Selasa, 26/12/2017 19:13 0

Indonesia

Ade Armando Tak Sedih Bila Anaknya Jadi Gay atau Lesbian

Dosen Universitas Indonesia (UI), Ade Armando mengatakan di akun Facebook miliknya mengatakan bahwa dirinya tidak bersedih kalau anaknya menjadi gay atau lesbian.

Selasa, 26/12/2017 18:30 7

Indonesia

Larang Warganya Masuk, Tunisia Beri Sanksi Maskapai Emirates Airlines

Tunisia pada hari Ahad (24/12/2017) memutuskan untuk men-suspend maskapai Emirates Airlines, menyusul viral protes masyarakat terhadap prosedur & langkah-langkah “keamanan” yang diambil oleh aparat pemerintah Uni Emirat Arab yang menargetkan penumpang wanita dari negara di Afrika Utara itu.

Selasa, 26/12/2017 18:00 0

Indonesia

Sahabat Al-Aqsha: Tanpa Jihad, Palestina Tidak Akan Merdeka

Tim Sahabat Al-Aqsha menggelar kajian bertemakan perjuangan rakyat Palestina di Masjid Al Muttaqien, Kayu Putih, Jakarta Timur.

Selasa, 26/12/2017 17:30 0

Indonesia

Santriwati Alami Pelecehan, Ratusan Warga Tasikmalaya Gelar Aksi Solidaritas

Masyarakat yang tak terima dengan adanya insiden tersebut melakukan aksi solidaritas terhadap AQ (16), korban penelanjangan oleh satpam di Toko Ratu Paksi, Tasikmalaya.

Selasa, 26/12/2017 17:07 0

Indonesia

Muncul Deklarasi Persaudaraan Aksi 212 di Solo

Deklarasi Persaudaraan Aksi 212 dilakukan di Gedung Rahayu Lestari Jalan Kartopuran, Solo, Selasa (26/12/2017)

Selasa, 26/12/2017 16:33 0

Close