... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tingkatkan Kemampuan Pemuda, KAMMI Al Fattih Gelar Daurah Bahasa Arab

Foto: KAMMI Al Fattih gelar daurah Bahasa Arab di Denpasar.

KIBLAT.NET, Denpasar – Bahasa Arab saat ini merupakan satu dari enam bahasa yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations) sebagai Bahasa Internasional. Hal ini dikarenakan Bahasa Arab merupakan bahasa yang memiliki penutur terbanyak. Selain itu juga Bahasa Arab merupakan bahasa resmi yang digunakan di Negara-Negara Timur Tengah dan Afrika Utara termasuk Mesir.

Demi meningkatkan kapasitas kemampuan pemuda Indonesia khususnya di Bali. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Al Fattih mengadakan kegiatan Dauroh (red : pelatihan) Bahasa Arab yang digelar di Musholla Darul Arqam Jalan Waturenggong Gang III No 9 Denpasar pada hari Ahad (24/12/2017).

Kegiatan Dauroh Bahasa Arab untuk pemula ini dibuat untuk para pemuda dan mahasiswa yang ingin belajar bahasa Arab secara gratis. Kelas Dauroh Bahasa Arab diiikuti pemuda dan mahasiswa  dari peguruan Tinggi yang  Negeri dan swasta yang ada di Kota Denpasar seperti mahasiswa  Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Al MA’ruf Denpasar (STAI) , mahasiswa Kampus Politeknik Nasional Denpasar (Polnas), Mahasiswa Universitas Udayana (UNUD), dan Mahasiswa Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (STIKI) Denpasar.

Pemateri dalam Kelas Dauroh Bahasa Arab bagi pemula ialah Ustadzah Rachmawati. Ustadzah Rachmawati merupakan Mahasiswa Semester V Jurusan Ekonomi Islam. Ia juga merupakan Alumni Pondok Pesantren Syaichona Moch Chalil di Bangkalan, Madura Jawa Timur. Ustadzah Rachmawati mengawali kelas Dauroh Bahasa Arab dengan materi Qasmul Kalimah (pembagian kata) yang terdiri atas 3 dasar yaitu Abjad (huruf), kata, dan kalimah (gabungan kata yang mengandung arti).

BACA JUGA  LBH Street Lawyer Ajukan Permohonan Sikap Keagamaan MUI untuk Kasus Sukmawati

“Bagi pemula harus paham betul tiga dasar qasmul kalimah, karena dari ketiga dasar lingusitik bahasa Arab nantinya akan mudah dalam mempraktekannya,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kalimah atau kata juga dibagi kembali menjadi tiga macam yakni Kalimah Isim yaitu Kata Benda yang menerangkan kata benda baik benda hidup atau mati. Ada juga Kalimah Fiil yang berarti Kata Kerja yang terikat oleh waktu akan datang atau sekarang, waktu masa lampau, maupun perintah.

“Sama seperti bahasa Inggris yang  yang struktur kalimatnya menggunakan present tense, past, future dan lain sebagainya,” terangnya.

Kalimah Fiil yang menerangkan kata kerja di tiga waktu ini terletak pada harakat yang digunakan dalam menggunakan kalimah. Terakhir dalam pembagian kalimah ada Kalimah Huruf yang menerangkan kata huruf seperti kata fiil, ala, dan lain sebagainya.

Tidak hanya memberikan teori di papan tulis. Ustadzah Rachmawati, juga mengajak praktek anak didiknya dengan menunjuk mahasiswa-mahasiswi untuk menulis bahasa Arab di papan tulis yang telas disediakan. Ia juga mengajak aktif seluruh peserta untuk membuat sebuah kalimah yang ada unsur  kalimah Fiil, Kalimah Isim dan Kalimat Huruf bergantian.

Ustadz Rachamawati juga menjelaskan bahwa bahasa Arab yang digunakan di Negara Timur Tengah berbeda dengan Bahasa Arab yang digunakan di Indonesia. Jika di Negara Timur Tengah penulisan Bahasa Arab sama sekali tidak menggunakan harakat seperti fattah, dommah, kasrah sedangkan di Indonesia menggunakan harakat. Hal ini dikarenakan Bahasa Arab di Indonesia merujuk pada Al Quran (Musshaf).

BACA JUGA  Setahun Tsunami Selat Sunda, WMI & AQL Bangun Training Center di Cimanggu Banten

“Di Indonesia Bahasa Arab merujuk pada Al-Quran (Mushaf).Bahasa Arabyang digunakan di Indonesia lebih terstrukutr menggunakan S-P-O-K (Subjek-Predikat-Obyek-Keterangan). Sangat mudah dipelajari bagi pemula sesuai yang ingin belajar bidang Nahwu Sorof,” pungkas Ustadzah Rachmawati.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Ketua KAMMI Komisariat Al Fattih yaitu Latifah, S mengatakan tujuan kegiatan kelas Dauroh Bahasa Arab ini selain untuk meningkatkan kapasitas pemuda dalam bidang ketatabahasaan juga agar pemuda dan mahasiswa Muslim bisa lebih memahami Al Quran dan Hadist yang berbahasa Arab.

“Saya ingin mengajak pemuda dan mahasiswa Muslim di Indonesia khususnya di Bali untuk mempelajari Bahasa Arab. Selain Bahasa Arab saat ini menjadi Bahasa Internasional, pemuda dan mahasiswa muslim bisa mudah memahami hadist dan Al Quran melalui Bahasa Arab,” tuturnya.

Reporter: Herdian Armandhani
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Sindir Amerika, Erdogan: Dunia Lebih Besar dari Sebuah Negara

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat (22/12/2017) menyambut baik resolusi hasil pertemuan Majelis Umum PBB yang menolak keputusan sepihak AS soal Yerusalem.

Senin, 25/12/2017 11:20 0

Afghanistan

AS Kembali Terjunkan Marinir Ke Helmand, Afghanistan

Gubernur provinsi Helmand Afghanistan, Hayatullah Hayat, Ahad (24/12), mengatakan bahwa Marinir AS akan kembali ke wilayahnya untuk "memerangi terorisme dan mendukung pasukan keamanan setempat.

Senin, 25/12/2017 09:50 0

Asia

Myanmar Diundang Latihan Militer Gabungan Pimpinan AS

Tentara Myanmar menerima undangan untuk berpartisipasi sebagai pengamat dalam sebuah latihan militer besar-besaran melibatkan beberapa negara yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Thailand tahun depan

Senin, 25/12/2017 08:41 0

Suriah

Aktivis Seru Faksi Oposisi Bergerak Lindungi “Rumah Terakhir” Revolusi Suriah

Idlib saat ini menjadi fokus utama militer Suriah dan Rusia.

Senin, 25/12/2017 07:55 0

Iran

Proyek Syiahisasi Berlanjut, Iran Buka Kembali Penerbangan ke Suriah

Pemerintah Iran mengumumkan dimulainya kembali penerbangan Iran ke Suriah sebagai bagian dari rencana untuk menyebarkan Syiah di negara tersebut.

Ahad, 24/12/2017 10:30 0

Mesir

Al-Sisi Yakinkan Militer Mesir Akan Tumpas Terorisme

Presiden Abdul Fattah al-Sisi menyatakan bahwa militer Mesir akan serius menghadapi terorisme. Ia menekankan bahwa tidak ada yang dapat mengambil tanah atau rakyat Mesir. Dalam hal ini yang ia maksud adalah wilayah Semenanjung Sinai.

Ahad, 24/12/2017 09:33 0

Afghanistan

Rusia Siap Bekerjasama dengan Amerika di Afghanistan

Moskow siap untuk bekerja sama dengan Amerika Serikat di Afghanistan. Demikian kata pejabat Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah wawancara dengan kantor berita RIA pada hari Sabtu (23/12/2017).

Ahad, 24/12/2017 09:00 0

Video Kajian

Membalas Ucapan Selamat Idul Fitri Dengan Selamat Natal, Bolehkah?

KIBLAT.NET – Membalas Ucapan Selamat Idul Fitri Dengan Selamat Natal, Bolehkah? Masalah toleransi dan kerukunan umat...

Ahad, 24/12/2017 08:29 0

Syam

Demo Anti Korupsi di Israel Masuki Pekan Keempat

Ribuan orang Israel kembali mengadakan demonstrasi di Tel Aviv pada Sabtu (23/12/2017). Ini memasuki pekan keempat, di mana massa meminta pengunduran diri pemerintah "korup" dan pemimpinnya.

Ahad, 24/12/2017 06:43 0

Video Kajian

Jadi Tahu: Muslim Memakai Atribut Natal, Bolehkah?

KIBLAT.NET – Jadi Tahu: Muslim Memakai Atribut Natal, Bolehkah? Pernah memakai atribut natal, topi santa...

Ahad, 24/12/2017 05:11 0

Close