... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Perusahaan Cina Bidik Ladang Minyak Raksasa di Iraq

Foto: Fasilitas tambang minyak di Basra, Iraq. (AFP)

KIBLAT.NET, Baghdad – Sebuah perusahaan Cina, ZhenHua Oil, akan mengembangkan ladang minyak di dekat Baghdad berdasarkan kesepakatan dengan Iraq. Demikian dikutip Middle East Eye dari kementerian minyak pada hari Ahad (24/12/2017).

Seorang juru bicara kementerian mengatakan bahwa target perusahaan tersebut adalah untuk memproduksi 40.000 barel per hari dari sektor selatan lapangan Baghdad Timur dalam waktu lima tahun berdasarkan kesepakatan antara ZhenHua dan Midland Oil Company di Iraq.

Pengawas minyak Iraq memperkirakan ladang minyak di Baghdad Timur menjadi sebuah “raksasa super” dengan sekitar 8 miliar barel cadangan minyak mentah. Ladang itu berpotensi menghasilkan 120.000 barel minyak per hari.

“Berdasarkan kesepakatan awal yang akan diumumkan dalam upacara formal yang akan diadakan di Baghdad pada hari Senin, perusahaan Cina tersebut akan berkomitmen untuk membangun sebuah ‘kompleks perumahan minyak’,” kata pernyataan tersebut.

Pejabat Kementerian Perminyakan mengatakan peningkatan produksi minyak mentah Baghdad Timur akan membantu memberi makan kilang dan pembangkit listrik terdeka, serta membebaskan lebih banyak minyak untuk ekspor dari wilayah selatan. Iraq memproduksi dan mengekspor sebagian besar minyak mentahnya dari wilayah selatan.

Didirikan pada tahun 2003, ZhenHua, sebuah unit kelompok militer China North Industries Group Corp (NORINCO), mengoperasikan 11 proyek eksplorasi dan produksi minyak dan gas di Mesir, Myanmar, Kazakhstan dan Iraq.

Sejak Perang Iraq pada tahun 2003, perusahaan energi Cina telah menginvestasikan sekitar $ 10 miliar di industri minyak Iraq yang baru lahir. Dalam beberapa tahun terakhir, Cina telah menjadi tujuan sekitar setengah dari ekspor minyak Iraq.

BACA JUGA  Selain Suriah, Turki Juga Gelar Operasi Militer di Irak

Pada 2014, impor minyak Cina dari Iraq meningkat sekitar 50 persen. Hal ini membuat minyak Iraq sebagai sumber minyak mentah kelima terbesar di Cina, dengan minyak menyumbang sekitar 9 persen dari impor Cina. Menurut Badan Energi Internasional (IEA), pada tahun 2035, 80 persen produksi Irak akan dikirim ke Cina.

Di sisi lain, Cina mengaku tidak terlibat dalam koalisi kontra-ISIS di Iraq. Kendati demikian, menurut Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim Jafari, Cina bersedia membantu Iraq memerangi ISIS dengan berbagi intelijen dan memberikan pelatihan personil.

Jafari mengungkapkan bahwa, dalam sebuah pertemuan anti-terorisme PBB di New York, mitranya dari Cina, Wang Yi, mengusulkan untuk membantu Iraq dengan serangan udara terhadap ISIS.

Sumber: Middle East Eye
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Chocolicious Tetap Ramai Pelanggan Meski Tolak Tuliskan Ucapan Natal

Toko roti Chocolicious Indonesia tetap ramai dikunjungi pelanggan meski sempat dibully di media sosial. Chocolicious dibully lantaran enggan menuliskan ucapan selamat natal pesanan salah satu pelanggan.

Senin, 25/12/2017 13:59 0

Indonesia

Tingkatkan Kemampuan Pemuda, KAMMI Al Fattih Gelar Daurah Bahasa Arab

Demi meningkatkan kapasitas kemampuan pemuda Indonesia khususnya di Bali. Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Al Fattih mengadakan kegiatan Dauroh (red : pelatihan) Bahasa Arab yang digelar di Musholla  Darul Arqam Jalan Waturenggong Gang III No 9 Denpasar pada hari Ahad (24/12/2017).

Senin, 25/12/2017 11:40 0

Indonesia

LBH Muslim Makassar Somasi Akun FB Dalang Pembully Chocolicious

Perusahaan roti Asal Makassar Chocoliciuous dengan tegas menolak permintaan pelanggarannya untuk mengucapkan selamat natal. Pengguna media sosial menghasut untuk mengutuk pernyataan perusahaan itu.

Senin, 25/12/2017 10:52 0

Indonesia

Karena Prinsip, Toko Kue Asal Makassar Tolak Ucapkan Selamat Natal

Toko kue Chocolicious asal Kota Makassar mendadak viral dijagat maya setelah salah seorang warganet menggungah kekesalannya saat ditolak oleh pihak Chocolicious untuk menuliskan ucapan Natal.

Senin, 25/12/2017 10:09 0

Indonesia

Kemlu: KJRI Hong Kong Tak Sempat Lakukan Pendampingan terhadap Ustadz Somad

Meski sudah meminta keterangan dari otoritas imigrasi, pihak Kemlu masih belum mau membuka suara terkait alasan otoritas imigrasi Hong Kong mendeportasi Ustadz Somad.

Ahad, 24/12/2017 21:28 3

Indonesia

Sesalkan Deportasi, MUI: Imigrasi Hong Kong Kurang Informasi Soal UAS

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada alasan jelas mengapa Ustadz Abdul Somad dideportasi dari Hong Kong

Ahad, 24/12/2017 19:32 0

Indonesia

DPR: Kemlu Harus Minta Penjelasan Soal Penolakan UAS di Hong Kong

Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mendesak Kemlu meminta kejelasan dari pemerintah Cina terkait penolakan UAS di Hong Kong

Ahad, 24/12/2017 18:18 0

Indonesia

Pakar: Yang Diciptakan Itu Adam dan Hawa Bukan Adam dan Bambang!

KIBLAT.NET, Jakarta – Para pegiat dan pendukung gerakan Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender selama ini...

Ahad, 24/12/2017 18:05 0

Indonesia

Penuh Haru, Putra Tukang Sapu Raih Juara Lomba Hafalan Surat

Fitrah Aidil, pemuda usia 15 tahun putra bapak Agus Jajuli, petugas kebersihan Ma'had Askar Kauny Cinere, berhasil merebut posisi pertama dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 10 juta.

Ahad, 24/12/2017 15:08 0

Indonesia

Di Haul Gus Dur, Sholawat Syiir Tanpo Waton Dinyanyikan Grup Musik Gereja

Memperingati sewindu haul Abdurrahman Wahid, pihak keluarga mengadakan pengajian di kediamannya, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Banyak Kyai dan tokoh dari Nahdhatul Ulama (NU) yang turut hadir.

Ahad, 24/12/2017 14:32 0

Close