... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tim Advokasi GNPF: Total 27 Aktivis Aksi Bela Islam Dikriminalisasi

Foto: Habib Rizieq Syihab dikriminalisasi oleh Polda Jabar atas dugaan kasus penghinaan Pa.

KIBLAT.NET, Jakarta – Tim Advokasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (TA GNPF Ulama) merilis evaluasi penegakan hukum pasca Aksi Bela Islam, Jumat (22/12/2017) di Tebet, Jakarta Selatan. Tercatat, ada 27 aktivis Aksi Bela Islam dikriminalisasi.

Setahun pasca Aksi Bela Islam, TA GNPF Ulama mencatat sejumlah kasus kriminalisasi yang dialami para aktivis. Sejumlah aktivis Aksi Bela Islam mengalami 46 kasus kriminalisasi sejak Desember 2016.

TA GNPF Ulama mencatat Habib Rizieq Shihab menempati urutan pertama paling banyak dilaporkan. Imam besar Front Pembela Islam dilaporkan dalam 15 kasus. Habib Rizieq dilaporkan terkait dugaan penodaan lambang negara, pemakaian tanah tanpa seizin yang berhak, hingga berbagai pasal UU ITE.

Selain Habib Rizieq, aktivis Aksi Bela Islam lain yang juga mengalami kriminalisasi adalah Muhammad Al-Khaththath, Irwansyah, Ratna Sarumpaet, Firza Husein, dan Rachmawati Soekarnoputri. Mereka kebanyakan dijerat dengan pasal 107 KUHP tentang Makar, dan Pasal 110 KUHP tenang pemufakatan kejahatan.

Secara keseluruhan ada 27 aktivis Aksi Bela Islam berstatus terlapor, dengan 23 diantaranya telah ditetapkan sebagi tersangka. Sementara, 2 aktivis lainnnya, yaitu Jamran dan Rizal Kobar telah menyelesaikan persidangan, dan divonis 6 bulan 15 hari.

Aktivis Aksi Bela Islam yang telah dijatuhi putusan pengadilan adalah Buni Yani. Setelah divonis hukuman penjara 1 tahun 6 bulan, Buni masih mengajukan banding.

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “Tim Advokasi GNPF: Total 27 Aktivis Aksi Bela Islam Dikriminalisasi”

  1. Suherijanto

    Sedang dikaji

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Drs. H. Wijaya Rahmat: Arti Toleransi dalam Islam

KIBLAT.NET – Drs. H. Wijaya Rahmat: Arti Toleransi dalam Islam. Masih banyak saudara kita muslim...

Sabtu, 23/12/2017 11:39 0

Palestina

Jumat Kemarahan Ketiga di Palestina, 2 Gugur dan Ratusan Terluka

Sedikitnya dua warga Palestina gugur dan ratusan lainnya luka-luka di Hari Jumat Kemarahan Ketiga untuk memprotes keputusan Presiden AS Donald Trump mengakui kota Al-Quds (Yerusalem) sebagai ibukota Israel pada Jumat (22/12).

Sabtu, 23/12/2017 10:21 0

Info Event

Hafal Surat Al-Mulk? Hadiah Jutaan Rupiah Menanti

Festival Huffazh kali ini berupa Pelatihan Menghafal Alquran Surat Al Mulk Semudah Tersenyum yang akan dipandu oleh MASTER Trainer sekaligus penemu metode MASTER, Ustadz Bobby Herwibowo Lc., dan Ustadz Habiburrachim, Lc.

Sabtu, 23/12/2017 09:32 0

Palestina

Lagi, Tentara Israel Tembak Mati Dua Warga Palestina

Angkatan Bersenjata Israe kembali memunuh warga Palestina yang melakukan protes terkait al-Quds.

Sabtu, 23/12/2017 08:41 0

Amerika

Setelah Ancam Potong Dana Bantuan, AS Kembali Dipermalukan

Setelah Sidang Umum PBB berhasil mengadopsi sebuah resolusi yang menolak pengakuan Al-Quds (Yerussalem) sebagai ibukota Israel dengan jumlah suara 128 menolak berbanding 9 suara menyetujui, negara-negara anggota badan dunia tersebut kembali menyuarakan sikap untuk merespon ancaman AS soal pemotongan bantuan finansial.

Sabtu, 23/12/2017 07:03 0

Profil

Shalahuddin dan Generasi Pembebas Al-Aqsha

Setelah mengumpulkan dan mengatur pasukan, Shalahuddin mengadakan musyawarah untuk membicarakan bagaimana menyerang musuh dan kapan waktunya. Majelis pun menyepakati untuk keluar pada 17 Rabiul Akhir 583 H setelah shalat jum'at di antara lantunan takbir dan doa kaum muslimin.

Jum'at, 22/12/2017 20:00 0

News

MUI: Jangan Ada Lagi Paksaan Memakai Atribut Natal

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma'ruf Amin mengimbau kepada para pengusaha atau pihak terkait agar tidak memaksakan karyawan yang beragama Islam untuk mengenakan atribut-atribut Natal atau simbol-simbol serupa.

Jum'at, 22/12/2017 16:38 0

Amerika

Fitur Pemindai Wajah Facebook di Tengah Keamanan Privasi

Advokat privasi telah lama meminta perhatian pada potensi penyalahgunaan dalam fitur pengenalan wajah, baik oleh firma teknologi, penegak hukum atau entitas lainnya.

Jum'at, 22/12/2017 16:23 0

Suriah

Tahrir Syam Tangkal Serangan Rezim Assad di Selatan Idlib

"Bentrokan sengit terjadi di dekat kota al-Mushairfa sebelah tenggara kota Idlib. Tahrir Syam berhasil menewaskan dan melukai 10 tentara," kata seorang komandan kelompok tersebut.

Jum'at, 22/12/2017 15:15 0

Munaqosyah

Landasan Syar’i dalam Memboikot Produk Orang Kafir

Aksi Palestina yang diadakan oleh MUI di Monas pada Ahad 17 Desember 2017 menghasilkan petisi. Di antara isi petisi adalah memboikot produk Amerika dan Israel. Lho, bukankah di dalam Islam kita diperbolehkan untuk bermuamalah dengan orang kafir, lantas kenapa kita harus memboikot mereka? Bukankah itu bertentangan dengan prinsip syariat?

Jum'at, 22/12/2017 14:44 0

Close