TNI-AD Tanam 1.800 Lebih Pohon di Hari Juang Kartika ke-72

KIBLAT.NET, Bandung – Dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika ke-72 dan ulang tahun Kodiklat TNI-AD ke-23, Kodiklat TNI-AD melakukan gerakan menanam pohon.

Kurang lebih sebanyak 1.800 pohon ditanam di atas lahan seluas tiga hektar di sekitar kawasan Pusat Pendidikan Kavaleri, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Rabu (20/12/2017). Berbagai jenis pohon ditanam, termasuk pohon durian.

Direktur Umum Kodiklat TNI-AD, Brigjen TNI Mochamad Efendi mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika yang ke-72 dan ulang tahun Kodiklat TNI-AD yang ke-23.

“Karena bersamaan, kita jadikan satu momen ini,” ujarnya mewakili Komandan Kodiklat TNI-AD, Letnan Jenderal TNI Agus Kriswanto usai melakukan kegiatan penanaman pohon.

Efendi menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga dan melestarikan alam dari ancaman pemanasan global. “Tujuannya sendiri sangat banyak, selain untuk menjaga kelestarian alam, udara juga bisa jadi segar dan terjaga,” lanjutnya.

Setelah seluruhnya ditanam, kata dia, nantinya pohon-pohon ini akan dilakukan perawatan secara rutin. Pohon yang berbuah nantinya juga bisa dipetik buahnya.

“Tentunya setelah ditanam tidak kita tinggal begitu saja, tapi nanti ada yang merawat sehingga benar-benar kita rasakan manfaatnya. Kalau bukan sekarang kita merasakan manfaatnya, mungkin lima atau sepuluh tahun mendatang,” katanya.

Proses penanaman pohon melibatkan seluruh komponen masyarakat, sehingga nantinya ada tanggung jawab merawat secara bersama-sama. Menurutnya hal itu juga merupakan bagian dari kemanunggalan TNI terhadap masyarakat.

BACA JUGA  HRS Center: Proses Hukum Habib Rizieq Politis dan Dipaksakan

“Yang kita libatkan di sini mulai dari persiapan sampai penanaman seluruh komponen masyarakat termasuk kecamatan, kepolisian dan masyarakat sekitar,” tambahnya.

Reporter: Saifal
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat