... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dompet Dhuafa Usulkan Sistem Barter Bantuan untuk Palestina

Foto: Dompet Dhuafa Usulkan Sistem Barter Bantuan untuk Palestina (pegang mic)

KIBLAT.NET, Jakarta – Salah satu organisasi non pemerintah yang menyalurkan donasi masyarakat Indonesia ke Palestina adalah Dompet Dhuafa (DD). Dalam konferensi pers bersama Aliansi Indonesia Masyarakat Membela Al-Aqsha (AIMMA) di Jakarta, Rabu (20/12/2017) sore, DD mengaku akan mensosialisasikan sistem barter di Palestina untuk membangkitkan ekonomi mandiri.

“Kami mendapatkan informasi bahwa Palestina dan masyarakat kesulitan air bersih, Oleh karena itu kami mengadakan program yang sudah berjalan dari Dompet Dhuafa di Palestina,” ungkap Juperta Panji Utama, Maneger Sosial DD.

Karena pemblokiran yang dilakukan Israèl sehingga ekonomi Palestina tersumbat, lanjut Juperta, maka DD berinisiatif untuk menawarkan sistem barter antara warga Palestina.

“Demi membangun ekonomi Palestina, kita coba buatkan ekonomi kecil yang mendayagunakan janda, karena mungkin dengan diblokirnya akses perdagangan, maka suatu keharusan bagaimana menghidupkan ekonomi. Dan barter ini menjadi salah satu model yang akan kita lakukan selama 2018 nanti,” terang Juperta.

Mengatasi masalah air bersih dan pangan, Dompet Dhuafa menjalankan program ‘food Bank’ yang sudah dimulai beberapa waktu lalu di Palestina.

“Kita mulai memikirkan juga tentang air bersih dari dapur umum kita kita juga mulai mengatasi problem suplai makanan dengan membangun pertanian dan peternakan, karena beberapa tempat tidak bisa kita rambah,” jelas Juperta.

Selain masalah air dan pangan, Palestina juga mengalami krisis energy. Menurut sumber Dompet Dhuafa, negara dengan tanah suci ketiga umat Islam ini jarang terdengar adzan melalui pengeras suara.

BACA JUGA  Sejumlah BEM Merasa Dicatut Aliansi BEM DKI yang Kritik Anies

“Karena kebutuhan energi di beberapa titik krusial di Palestina dan beberapa area konflik, kami juga berusaha mewujudkan kebutuhan Pengurus pengurus Masjid masjid-masjid di sana Kami mendengar tidak terdengar adzan ini bagi kita adzannya karena jika terdengar maka akan dihajar oleh Amerika dan Israel,” ungkapnya.

“Kita akan bangkitkan semangatnya lewat ibadah di sana, di masjid-masjid yang di rumah sakit kita merasa ada beberapa titik titik yang yang sangat membutuhkan energi,” tukasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Bela Palestina: Ini Playlist Orasi Para Tokoh (HD)

KIBLAT.NET – Bela Palestina: Ini Playlist Orasi Para Tokoh (HD). Masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal...

Rabu, 20/12/2017 16:43 0

Yaman

Target Istana Raja Salman, Hutsi Dapatkan Rudal dari Iran

Pemberontak Hutsi di Yaman kembali menembakkan rudal balistik ke target sipil di ibu kota Arab Saudi.

Rabu, 20/12/2017 16:08 0

Timur Tengah

Warganet Ramai Posting Foto Diri dengan Satu Mata Tertutup, Ini Sebabnya

Banyak orang yang memposting foto mereka di media sosial dengan satu mata tertutup untuk menunjukkan solidaritas kepada bayi Karim dengan menyertakan hashtag #SolidarityWithKarim.

Rabu, 20/12/2017 14:14 0

Arab Saudi

Tahun 2018, Arab Saudi Dorong Pengembangan Sektor Pariwisata

Arab Saudi akan mulai mengeluarkan visa turis pada kuartal pertama tahun 2018. Hal ini menjadi bagian dari reformasi ekonomi dan sosial yang diberlakukan oleh Kerajaan.

Rabu, 20/12/2017 13:38 0

Foto

Foto: Hujan Tak Surutkan Semangat Masyarakat Solo Bela Palestina

Walau hujan mengguyur lebat, langkah massa tak surut. Longmarch tetap berlangsung sesuai agenda. Aksi di buka pada pukul 15.20 WIB dan di akhiri tepat pada pukul 17.00 yang ditutup dengan doa oleh Ketua MUI Surakarta, KH Subari.

Rabu, 20/12/2017 11:45 0

Amerika

Amerika Salahkan Korea Utara terkait Serangan Siber Global Wannacry

Masih ingat virus ransomware yang membuat lebih dari 100 negara sibuk mengatasinya? Amerika Serikat menyebut Korea Utara sebagai pihak yang bertanggung jawab atas penyebaran virus dengan nama Wannacry tersebut awal tahun ini.

Rabu, 20/12/2017 11:41 0

Opini

LGBT dan Perzinaan Eksis, Indonesia Makin Sakit

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan terkait perluasan aturan soal perzinaan, perkosaan, dan juga pencabulan. Gugatan tersebut terkait perbuatan zina dalam kumpul kebo hingga soal LGBT bisa dipidana.

Rabu, 20/12/2017 10:27 2

Afrika

Polisi Kenya Serbu Sekolah Islam atas Tuduhan “Teroris”

"Sekitar 100 siswa dan empat guru telah ditangkap dan ditahan di markas polisi dan tidak ada yang memberitahu kami apa kejahatan mereka," imbuhnya.

Rabu, 20/12/2017 09:49 0

Eropa

Jerman Akan Kirim Pasukan Tambahan ke Afghanistan

Dia menambahkan bahwa pihaknya akan mendorong Parlemen Jerman untuk menyetujui penambahan pasukan ini.

Rabu, 20/12/2017 08:40 0

Timur Tengah

Lawan Veto AS soal Al-Quds, Turki dan OKI Tempuh Cara “Uniting For Peace”

Sekelompok negara Arab,Turki dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) meminta Majelis Umum PBB mengadakan sebuah pertemuan darurat setelah veto AS terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang menolak keputusan Presiden Donald Trump mengakui kota Al-Quds (Yerusalem) sebagai ibukota Israel

Rabu, 20/12/2017 07:58 0

Close