... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lawan Veto AS soal Al-Quds, Turki dan OKI Tempuh Cara “Uniting For Peace”

KIBLAT.NET, Ankara – Sekelompok negara Arab,Turki dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) meminta Majelis Umum PBB mengadakan sebuah pertemuan darurat setelah veto AS terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang menolak keputusan Presiden Donald Trump mengakui kota Al-Quds (Yerusalem) sebagai ibukota Israel.

Setelah kegagalan PBB oleh DK PBB yang melanggar konsensus global dan hukum internasional, sebuah sesi darurat akan diadakan sesuai dengan prinsip “Uniting for Peace” yang mengacu pada Resolusi Majelis Umum 377A.

Menurut Al Jazeera pada Selasa (19/12), Presiden Majelis Umum PBB Miroslav Lajcak mengatakan bahwa sesi darurat akan dilakukan sesegera mungkin. Sementara itu Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour memperkirakan akan diadakan hari Rabu atau pada hari Kamis.

Terkait permasalahan ini, Turki dikatakan akan memimpin negara-negara OKI untuk bersatu di Majelis Umum, guna mewujudkan ambisi mereka untuk mendukung Palestina.

“Resolusi tersebut dapat disahkan dengan mendapatkan setidaknya dua pertiga suara anggota Majelis Umum PBB,” kata seorang sumber kementerian luar negeri Turki secara anonim kepada Al Jazeera.

“Kami sudah memiliki dukungan dari beberapa negara yang ada, tapi Turki dan juga anggota OKI lainnya akan bekerja keras untuk meningkatkannya,” tambahnya.

Perlu diketahui, dalam Uniting for Peace PBB majelis umum diperbolehkan mempertimbangkan masalah jika Dewan Keamanan gagal mencapai suara bulat mengenai sebuah isu yang berkaitan dengan perdamaian dan keamanan internasional.

BACA JUGA  Khawatir Disalahgunakan, Kuwait Tarik Peredaran Obat Anti-Malaria Chloroquine

Apalagi, AS kalah jumlah 14 banding satu saat pemungutan suara kemarin yang menyerukan penarikan pengakuan Trump atas Yerusalem sebagai ibukota Israel. [hun]

Sumber: Middle East Monitor
Redaktur: Dio Alifullah

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Angkatan Muda Muhammadiyah Surakarta Gelar Aksi Bela Palestina

Menyusul klaim sepihak Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang mengakui Kota Al-Quds (Yerusalem) sebagai Ibukota Israel, angkatan Muda Muhammadiyah Kota Surakarta menggelar aksi bela Al-Quds di Bundaran Gladag, Jln Slamet Riyadi, Solo, Surakarta, pada Selasa (19/12).

Rabu, 20/12/2017 05:48 0

Indonesia

Uji Materi Ditolak, Pakar Hukum Pidana: MK seperti Berikan Angin Segar ke LGBT

KIBLAT.NET, Jakarta- Akhir-akhir ini Mahkamah Konstitusi (MK) dianggap melegalkan Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT)...

Selasa, 19/12/2017 21:46 0

Indonesia

Tolak Uji Materi Pasal Perzinahan, Konsistensi MK Dipertanyakan

pakar hukum pidana Unpad, Atip Latipulhayat menegaskan bahwa memang hal itu benar. Namun, ia menegaskan bahwa MK pernah membuat norma baru.

Selasa, 19/12/2017 21:30 0

Indonesia

Ini Pernyataan Sikap Angkatan Muhammadiyah Surakarta Terkait Kebijakan Trump

KIBLAT.NET, Solo – Dengan adanya keputusan sepihak presiden Donald Trump yang menyatakan Yerusalem sebagai Ibukota...

Selasa, 19/12/2017 21:20 0

Indonesia

Hujan Tak Padamkan Kemarahan Masyarakat Solo terhadap Donald Trump

Suyatno mengatakan bahwa aksi tersebut sebagai wujud geramnya serta solidaritas umat Islam atas pengakuan sepihak Yerusalem sebagai ibu kota Israel oleh Presiden Amerika Serikat tersebut.

Selasa, 19/12/2017 21:11 0

Indonesia

MUI Solo: Donald Trump dan Israel Telah Menutup Pintu Damai

pernyataan sepihak Trump tersebut akan menutup jalan perdamaian negara Israel dan Palestina. Bahkan ia menilai, pernyataan tersebut malah memperleruh keadaan saat ini di Palestina.

Selasa, 19/12/2017 21:06 0

Indonesia

70 Sekolah se-Sulsel Ramaikan Olimpiade Al Quran Al Fityan

Setidaknya 70 sekolah dari berbagai daerah mengikuti kegiatan Olimpiade Al Quran yang diselenggarakan Al-Fityan School Gowa,

Selasa, 19/12/2017 20:13 0

Indonesia

Tonny Budiono Mengaku Uang Korupsi Mengalir ke Paspampres Jokowi

Antonius Tonny Budiono mengaku sempat memberikan uang kepada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sejumlah Rp100 hingga Rp150 juta.

Selasa, 19/12/2017 19:18 0

Indonesia

Komisi I: Produk Israel Masuk ke Indonesia Pakai Nama Singapura

Dr H Abdul Kharis Almasyhari mengungkapkan bahwa sudah sepatutnya dalam membela Palestina harus memboikot produk dari Amerika maupun Israel.

Selasa, 19/12/2017 18:26 0

Manhaj

Pembebasan Al-Quds, Tanggung Jawab Umat Islam Sedunia

Masjid Al-Aqsha, Baitul Maqdis dan Bumi Al-Quds adalah amanah besar yang Allah bebankan kepada kaum muslimin hari ini. Keutamaan Al-Aqsha adalah milik seluruh umat yang meyakini Allah sebagai Rabb-nya dan Muhammad sebagai nabi dan rasulnya.

Selasa, 19/12/2017 18:15 0

Close