... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rudal Balistik Syiah Hutsi Incar Istana Kerajaan Saudi

Foto: screenshot video yang dibagikan oleh pengguna Twitter di Saudi. Mereka mengatakan asap itu dari rudal yang berhasil dicegat pasukan udara

KIBLAT.NET, Riyadh – Pemberontak Syiah Hutsi Yaman, Selasa (19/12), mengatakan bahwa militannya kembali menembakkan rudal balistik ke Riyadh, ibukota Arab Saudi. Kerjaan Saudi mengkonfirmasi serangan itu namun tak ada kerusakan yang ditimbulkan.

Saluran TV Al-Masirah milik Hutsi mengatakan bahwa rudal balistik jenis “Barkan Tu Itsy” berhasil ditembakkan ke kompleks Istana Yamama di Riyadh, yang di dalamnya terdapat Kantor Kerajaan dan Kantor Raja Saudi Salman bin Abdul Aziz. Rudal ini bertujuan menargetkan pertemuan besar para pemimpin Saudi, sebagaimana klaimnya.

“Istana rezim Saudi dan semua instalasi militer dan minyak dalam jangkauan rudal Hutsi,” kata Al-Masirah mengancam.

Anggota Biro Politik milisi dukungan Iran itu, Mohammed al-Bekhiti mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Al-Jazeera dari Sanaa bahwa rudal yang diluncurkan oleh militannya itu untuk membalas serangan koalisi Arab terhadap Istana Presiden Yaman di Sanaa beberapa hari lalu. Koalisi telah menghancurkan simbol Negara Yaman.

Peluncuran tersebut dilakukan pada saat mata mengarah ke Istana Al Yamamah, di mana Raja Salman akan mengumumkan anggaran umum tahun depan.

Sementara itu, Turki al-Maliki, juru bicara koalisi Arab yang dipimpin Saudi mengatakan bahwa pasukan pertahanan udara Saudi melihat sebuah rudal balistik dari wilayah Yaman ke daerah pemukiman penduduk di Riyadh. Rudal tersebut berhasil dicegat dan dihancurkan di selatan Riyadh tanpa menimbulkan korban jiwa.

BACA JUGA  Fasilitas Minyak Terbesar di Saudi Diserang Drone

“Sebuah rudal balistik buatan Iran yang ditembakkan organisasi teroris –di antaranya milisi Hutsi yang didukung Iran— merupakan ancaman terhadap keamanan regional dan internasional, dan peluncurannya ke kota-kota berpenduduk padat bertentangan dengan hukum humaniter internasional,” kata kantor berita resmi SPA mengutip perkatan Maliki.

Maliki menilai bahwa strategi Hutsi menargetkan kota dengan rudal balistik bukti mereka terus menggunakan jalur-jalur keamanan menuju Yaman untuk menyelundupkan rudal Iran. Ini merupakan melanggar keputusan PBB.

Pada bagiannya, Pusat Komunikasi Internasional di Kementerian Informasi Saudi, melalui akun Twitter-nya, menggambarkan rudal tersebut sebagai “Iran-Houthi”.

Kantor berita AFP mengatakan ledakan keras terdengar di seluruh Riyadh, sementara para saksi mata mengatakan kepada Reuters, bahwa ada gumpalan asap yang naik di langit ibukota Saudi. Para pengguna Twitter juga ramai-ramai membagikan gambar apa yang mereka katakan adalah efek rudal di udara.

Setelah mengumumkan pencegatan roket tersebut, media Saudi melaporkan bahwa pesawat koalisi Arab melancarkan serangan ke posisi Hutsi di selatan Sanaa.

Kelompok Houthi mengumumkan akhir bulan lalu bahwa mereka telah menembakkan rudal balistik ke Bandara Internasional Raja Khalid di Riyadh, sementara media Saudi melaporkan bahwa pertahanan udara mencegat rudal tersebut di atas bandara.

Duta Besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Neki Healy, kemudian mengumumkan bahwa rudal balistik berasal dari Iran, menuduh Teheran dianggap provokatif, namun juru bicara wakil Sekretaris Jenderal PBB Farhan Haq mengumumkan pada sebuah konferensi pers bahwa Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak memiliki bukti pasti mengenai sumber rudal Hutsi.

BACA JUGA  Lagi, Ulama Saudi Ditangkap Setelah Kritik Otoritas Hiburan Umum

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Angkatan Muda Muhammadiyah Surakarta Gelar Aksi Bela Palestina

Menyusul klaim sepihak Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang mengakui Kota Al-Quds (Yerusalem) sebagai Ibukota Israel, angkatan Muda Muhammadiyah Kota Surakarta menggelar aksi bela Al-Quds di Bundaran Gladag, Jln Slamet Riyadi, Solo, Surakarta, pada Selasa (19/12).

Rabu, 20/12/2017 05:48 0

Indonesia

Uji Materi Ditolak, Pakar Hukum Pidana: MK seperti Berikan Angin Segar ke LGBT

KIBLAT.NET, Jakarta- Akhir-akhir ini Mahkamah Konstitusi (MK) dianggap melegalkan Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT)...

Selasa, 19/12/2017 21:46 0

Indonesia

Tolak Uji Materi Pasal Perzinahan, Konsistensi MK Dipertanyakan

pakar hukum pidana Unpad, Atip Latipulhayat menegaskan bahwa memang hal itu benar. Namun, ia menegaskan bahwa MK pernah membuat norma baru.

Selasa, 19/12/2017 21:30 0

Indonesia

Ini Pernyataan Sikap Angkatan Muhammadiyah Surakarta Terkait Kebijakan Trump

KIBLAT.NET, Solo – Dengan adanya keputusan sepihak presiden Donald Trump yang menyatakan Yerusalem sebagai Ibukota...

Selasa, 19/12/2017 21:20 0

Indonesia

Hujan Tak Padamkan Kemarahan Masyarakat Solo terhadap Donald Trump

Suyatno mengatakan bahwa aksi tersebut sebagai wujud geramnya serta solidaritas umat Islam atas pengakuan sepihak Yerusalem sebagai ibu kota Israel oleh Presiden Amerika Serikat tersebut.

Selasa, 19/12/2017 21:11 0

Indonesia

MUI Solo: Donald Trump dan Israel Telah Menutup Pintu Damai

pernyataan sepihak Trump tersebut akan menutup jalan perdamaian negara Israel dan Palestina. Bahkan ia menilai, pernyataan tersebut malah memperleruh keadaan saat ini di Palestina.

Selasa, 19/12/2017 21:06 0

Indonesia

70 Sekolah se-Sulsel Ramaikan Olimpiade Al Quran Al Fityan

Setidaknya 70 sekolah dari berbagai daerah mengikuti kegiatan Olimpiade Al Quran yang diselenggarakan Al-Fityan School Gowa,

Selasa, 19/12/2017 20:13 0

Indonesia

Tonny Budiono Mengaku Uang Korupsi Mengalir ke Paspampres Jokowi

Antonius Tonny Budiono mengaku sempat memberikan uang kepada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sejumlah Rp100 hingga Rp150 juta.

Selasa, 19/12/2017 19:18 0

Indonesia

Komisi I: Produk Israel Masuk ke Indonesia Pakai Nama Singapura

Dr H Abdul Kharis Almasyhari mengungkapkan bahwa sudah sepatutnya dalam membela Palestina harus memboikot produk dari Amerika maupun Israel.

Selasa, 19/12/2017 18:26 0

Manhaj

Pembebasan Al-Quds, Tanggung Jawab Umat Islam Sedunia

Masjid Al-Aqsha, Baitul Maqdis dan Bumi Al-Quds adalah amanah besar yang Allah bebankan kepada kaum muslimin hari ini. Keutamaan Al-Aqsha adalah milik seluruh umat yang meyakini Allah sebagai Rabb-nya dan Muhammad sebagai nabi dan rasulnya.

Selasa, 19/12/2017 18:15 0

Close