Bersama Perhimpunan Al Irsyad, UI Luncurkan Lembaga Pemeriksa Halal

KIBLAT.NET, Depok – Universitas Indonesia (UI) telah meresmikan sebuah lembaga pemeriksa halal (LPH) dengan nama UI Halal Center. Lembaga tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah dalam melaksanakan UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang mengharuskan pemerintah menyelanggarakan Jaminan Produk Halal (JPH).

“Kami tengah mempersiapkan diri untuk mendirikan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di bawah UI Halal Center,” ujar Kepala Laboratorium UI Halal Center, Amarila Malik di Kampus UI, Selasa (19/12/17).

“Di mana nantinya laboratorium dan kantor dari UI Halal Centre ini akan ditempatkan di gedung ILRC lantai 3 yang sudah dialokasikan oleh UI,” sambungnya.

Lebih lanjut, UI Halal Center nantinya akan bekerja sama dengan Perhimpunan Al Irsyad dan Management & Science University (MSU). Kerja sama ini akan ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Tujuan diadakannya kerja sama dengan Perhimpunan Al Irsyad, UI halal center nantinya akan mendapatkan bimbingan terkait keilmuan syariat dan fatwa. Perhimpunan Al Irsyad juga akan mendampingi UI dalam melakukan analisa kehalalan dan pelatihan-pelatihan yang memerlukan pakar ke-Islaman yang ahli di bidangnya.

Dalam kerja sama ini pula, Management & Science University (MSU) akan berperan dalam melakukan pendampingan kepada UI Halal Centre. agar UI Halal Centre bisa berkembang sebagai sebuah lembaga halal dengan standar mutu internasional.

Reporter: Afriza DS
Editor: Syafi’i Iskandar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat