... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

“Upaya Menyatukan Kembali Mujahidin Suriah Berjalan Baik”

Foto: Syaikh Abdullah Al-Muhaisini.

KIBLAT.NET, Idlib – Upaya menyatukan kembali faksi-faksi pejuang Suriah dalam satu wadah ruang operasi tempur meraih kemajuan menggembirakan. Hubungan antarfaksi yang selama ini renggang mulai merapat kembali.

Hal itu diungkapkan Syaikh Abdullah Al-Muhaysini dalam rekaman audio yang dipublikasikan Radio Du’at Al-Jihad pada Kamis (14/12), seperti dilansir portal enabbaladi.net. Ulama asal Saudi itu merasa senang dengan sikap-sikap faksi pejuang yang masih ingin bersatu.

“Segala sesuat untuk menyatukan faksi-faksi dalam satu ruang operasi militer berjalan baik,” jelas ulama yang kerap menyeru persatuan faksi mujahidin Suriah ini.

Ia menambahkan, meski sempat ada perkara-perakara yang menggantung antara Ahrar Al-Syam dan Hai’ah Tahrir Al-Syam, terutama soal tawanan, saat ini permasalahan itu selesai. Begitu juga, persoalan antara Tahrir Al-Syam dan Nurudin Zanky sudah terpecahkan.

Syaikh Al-Muhaysini menjelaskan bahwa para komandan faksi sebelumnya telah sepakat menyelesaikan persoalan-persoalan yang menjadi akar perselisihan. Hal itu sebagai langkah awal menyatukan faksi pejuang dalam satu wadah ruang operasi.

“Kompas pertempuran akan diperbaiki dalam beberapa jam ke depan,” pungkasnya.

Beberapa hari lalu, portal Suriah eldorar.com melaporkan pemimpin gerakan Ahrar Al-Syam, Hai’ah Tahrir Al-Syam, Jaisy Ahrar dan Nurudin Zanky menggelar pertemuan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang membuat mereka renggang. Penyelesaian itu bertujuan membuat ruang operasi bersatu menghadapi serangan rezim dan Daulah Islamiyah (ISIS) yang beberapa hari terakhir mengancam Idlib.

BACA JUGA  Militer Assad Kontrol Manbij, Rusia Cegah Militer Turki dan Suriah Konfrontasi

Sumber portal Enabbaladi, Selasa lalu, menegaskan bahwa keempat faksi itu telah menandatangani kesepakatan. Di antara isi kesepakatan itu, Tahrir Al-Syam bersedia membebaskan seluruh tahanan anggota faksi lain di penjaranya dan menyerahkan kembali pos-pos yang direbut.

Wartawan Enabbaladi melaporkan, Tahrir Al-Syam telah membebaskan puluhan anggota faksi lain pada Rabu.

Persatuan ini kembali diupayakan oleh sejumlah ulama non-faksi beberapa hari terakhir menyusul situasi terakhir yang mengancam Idlib, basis utama oposisi Suriah. Militer rezim terus bergerak merebut wilayah demi wilayah, di waktu bersamaan ISIS meluncurkan operasi melalui wilayah gurun.

Perlu dicatat, Idlib sendiri berhasil direbut berkat ruang operasi bersama yang menyatukan faksi-faksi pejuang di bawah nama Jaisyul Fath. Syaikh Al-Muhaysini yang termasuk inisiator Jaisyul Fath ingin mengulang kembali keberhasilan itu.

Sumber: Enabbaladi.net, eldorar.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

MUI Dorong Petisi untuk Protes Klaim AS atas Al-Quds

Ketua Umum Majelis Ulama (MUI) Indonesia, KH. Ma'ruf Amin menyebut bahwa aksi Indonesia Bersatu Bela Palestina yang akan digelar pada Ahad (17/12/2017) mendatang merupakan permintaan banyak pihak.

Jum'at, 15/12/2017 15:04 0

Indonesia

Ini Harapan Aa Gym dalam Aksi Bela Palestina

Ini Harapan Aa Gym dalam Aksi Bela Palestina

Jum'at, 15/12/2017 13:37 0

Indonesia

Dinilai Memecah Belah, PAN Desak Arya Wedakarna Dipecat

Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) akan memperkarakan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Bali, Arya Wedakarna atas tindakan persekusi terhadap dai asal Riau, Ustadz Abdul Somad. Hal itu ditegaskan oleh Sekretaris PAN, Yandri Susanto.

Jum'at, 15/12/2017 12:00 0

Indonesia

Tanggapan Anggota Dewan asal Riau soal Ustadz Abdul Somad Anti-NKRI

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) asal Riau, Jon Erizal memberikan kesaksian bahwa Ustadz Abdul Somad cinta dengan NKRI. Jon menceritakan bahwa dai nasional itu pernah melakukan dakwah ke pedalaman Riau.

Jum'at, 15/12/2017 11:36 0

Indonesia

20.000 Jamaah Aa Gym Siap Ikut Aksi Bela Palestina 

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid, Abdullah Gymnastiar menyatakan akan hadir dalam aksi Indonésia bersatu bela Palestina di Monas pada Ahad (17/12/2017).

Jum'at, 15/12/2017 11:00 0

Indonesia

Soal Persekusi Dai di Bali, PAN: Polri Jangan Tebang Pilih

Sekretaris Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto meminta polisi segera memproses peristiwa ini.

Jum'at, 15/12/2017 10:28 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Etika Hamba Kepada Rabb-Nya

Khutbah Jumat: Etika Hamba Kepada Rabb-Nya Khutbah Pertama: الحمد لله الذي أصلحَ الضمائرَ، ونقّى السرائرَ،...

Jum'at, 15/12/2017 09:38 0

Artikel

10 Alasan Kenapa Umat Islam Membela Baitul Maqdis

Sementara di Suriah, ulama Saudi yang saat ini berjihad di Suriah juga merilis pidato beliau mengomentari ini. Para petinggi negeri Islam juga mengadakan pertemuan di Turki. Dari sini, ada sebuah pertanyaan yang menarik untuk kita jawab. Kenapa sebagai muslim kita harus membela Al-Quds?

Kamis, 14/12/2017 20:20 0

Indonesia

Ini Sepuluh Nama yang Dilaporkan Terkait Persekusi Ustadz Abdul Somad di Bali

Para terduga pelaku kasus persekusi terhadap Ustadz Abdul Somad (UAS) di Bali telah dilaporkan ke Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, pada Selasa (12/12/2017).

Kamis, 14/12/2017 19:57 0

Indonesia

Arya Wedakarna Kembali Dipolisikan dengan Kasus Penodaan Agama

Advokat GNPF-Ulama Ismar Syafruddin, SH, MA kembali melaporkan Arya Wedakarna, terkait dugaan penodaan agama ke Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017).

Kamis, 14/12/2017 19:42 0

Close