... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Amankan Data Smartphone Anda yang Hilang dengan Cara Ini!

Foto: llustrasi.

KIBLAT.NET, Jakarta – Smartphone atau telepon genggam membawa sejumlah besar data pribadi termasuk riwayat dan rincian pesan, foto, dan informasi rahasia lainnya. Kehilangan perangkat tersebut tentunya dapat membuat kerugian finansial dan kekayaan intelektual.

Oleh karena itu, beberapa alat dan metode yang berbeda dirancang untuk meminimalisir risiko karena kehilangan smartphone, di antaranya dapat menghapus data dari jarak jauh. Metode ini bisa sangat berguna, terutama jika konten yang tersimpan di smartphone bersifat rahasia.

Disalin dari Appolicious.com, Sabtu (09/12/2017), artikel di bawah ini membahas bagaimana pengguna dapat menghapus data pada smartphone mereka di mana pun tempatnya.

Perangkat Apple

Untuk menghapus data dari iPhone dari jarak jauh, hal pertama yang perlu dilakukan pengguna adalah masuk ke akun iCloud di komputer desktop dan kemudian masuk ke Find My iPhone, sama dengan yang terdapat dalam versi mobile.

Setelah mengklik icon tersebut, pengguna memiliki berbagai pilihan seperti melacak iPhone/ iPad atau untuk menghapus data yang ada di telepon. Jika melacak dan menemukan perangkat bukan menjadi pilihan yang mungkin, pengguna kemudian dapat meng-klik tombol Erase Data (Hapus Data) agar pabrik dapat me-restart telepon dari lokasi manapun.

Mengenai hal ini, sangat disarankan agar pengguna sering mencadangkan perangkat mereka di iTunes, sehingga mereka memiliki salinan data telepon jika tidak ada yang hilang. Selanjutnya, menyiapkan aplikasi Find My iPhone dapat membantu meningkatkan kemungkinan untuk menemukan perangkat, sehingga bisa diambil atau dihapus datanya sekalipun.

BACA JUGA  Imajinasi Kolonial di Balik Budaya ‘Asli’ Nusantara

Perangkat Android

Mirip dengan perangkat Apple, proses penghapusan data dari ponsel Android jarak jauh bisa dilakukan melalui website desktop. Untuk mengaktifkan ini dari jarak jauh, pengguna terlebih dulu harus mengaktifkan pengaturan tersebut di telepon. Untuk melakukannya, buka Google Settings (different than the settings app) -> Android Device Manager -> select Allow Remote Lock.

Dengan mencentang kotak tersebut, pengguna dapat menghapus semua konten dari perangkat mereka dari jarak jauh dan juga menemukan ponsel melalui GPS. Setelah kotak ini dicentang, fitur keamanan harus diaktifkan. Caranya dengan masuk ke aplikasi Settings app -> Security -> Phone Administrator -> and then checking Android Device Manager.

Setelah itu selesai, kunjungi Android Device Manager website (Situs Pengelola Perangkat Android). Setelah itu log in dengan akun yang Anda pakai untuk perangkat tersebut. Nantinya Anda dapat melakukan berbagai tindakan seperti menemukan perangkat, menelepon telepon, atau menghapus semua data yang tersimpan.

Metode yang digariskan dalam artikel ini setidaknya dapat menjadi langkah keamanan terakhir dengan hal menghapus data mobile. Hal itu untuk memastikan bahwa data rahasia yang tersimpan di ponsel Anda tidak bisa diakses orang lain meski telepon hilang.

Untuk alasan ini, penting untuk melakukan tindakan proaktif lainnya seperti memasang kunci pada telepon dan mengaktifkan fitur yang memungkinkan akses jarak jauh ke perangkat. Tujuannya agar bisa menghapus memori ponsel dari jarak jauh, meski perangkat hilang, selain menghalangi orang lain mengakses data pribadi Anda.

BACA JUGA  Dari Negeri ke Negeri: Derita Pengungsi Tanpa Henti

Sumber: Appolicious.com
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Keluarga Ini Berharap Bisa Memotivasi Rakyat Indonesia untuk Bela Palestina

Suhardiman dengan penuh kesabaran mendorong kursi roda istrinya, Teti Kusumawati dalam aksi bela Palestina hari ini. Ia menegaskan bahwa keterbatasan bukan alasan untuk membantu saudara Muslim di Palestina.

Ahad, 10/12/2017 11:30 0

Indonesia

MUI: Pengadangan Ustadz Abdul Shomad Bentuk Persekusi

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi menyayangkan aksi penolakan tersebut. "Seharusnya hal itu tidak perlu terjadi jika kita sama-sama mengedepankan semangat musyawarah, persaudaraan dan toleransi," katanya dikutip dari Viva.co.id, Sabtu (09/12/2017). 

Ahad, 10/12/2017 11:01 0

Indonesia

Ajarkan Makna Perjuangan, Ibu Ini Ajak Anaknya Bela Palestina

Ia juga kagum dengan kesabaran dan kekuatan bangsa Palestina. Sebab, dengan tekanan dari berbagai pihak, umat Islam Palestina tetap tidak mau menyerah.

Ahad, 10/12/2017 10:45 0

Indonesia

Demo Solidaritas Al-Quds, Massa PKS Teriakkan “Amerika Teroris”

“Palestina merdeka, Israel hancurkan, Amerika teroris,” ujar orator dari mobil komando, pada Ahad (10/12/2017).

Ahad, 10/12/2017 10:27 0

Amerika

Sejumlah Wilayah Amerika Serikat Dilanda Cuaca Ekstrem

Salju yang langka di Texas menyebabkan banyak kecelakaan di sepanjang jalan raya yang licin dan membuat sekolah-sekolah ditutup.

Ahad, 10/12/2017 09:49 0

Palestina

Dua Warga Palestina Tewas Akibat Serangan Udara Israel

Israel melancarkan serangan udara di Jalur Gaza pada hari Sabtu (09/12/2017). Serangan itu diklaim sebagai respon atas tembakan roket dari wilayah tersebut. Hamas mengatakan dua orang terbunuh karena serangan udara Israel.

Ahad, 10/12/2017 09:25 0

Irak

Baghdad Klaim Kontrol Penuh Perbatasan Iraq-Suriah

Perdana Menteri Haidar al-Abadi mengatakan pasukan Iraq telah mengontrol wilayah perbatasan negaranya dengan Suriah.

Ahad, 10/12/2017 09:06 0

Indonesia

Jimly Asshiddiqie Minta Maaf Setelah Dukung Jokowi Dua Periode

Pernyataan Jimly yang mendukung Jokowi dua periode menimbulkan keributan di internal ICMI

Sabtu, 09/12/2017 22:13 0

Palestina

Bintang Klub Barcelona Kecam Pencaplokan Al-Quds Sebagai Ibu Kota Israel

"Yerusalem akan selalu menjadi ibu kota perdamaian dan kemanusiaan! Letakkan senjatmu!!! #jerusalem," kata pemain Barcelona, Arda Turan

Sabtu, 09/12/2017 21:30 0

Palestina

4 Warga Palestina Gugur Setelah Al-Quds Diklaim Ibu Kota Israel

Dua ornag gugur di Tepi Barat, dua yang lainnya jadi korban serangan udara Israel di Jalur Gaza

Sabtu, 09/12/2017 21:01 0

Close