... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sikap Jokowi soal Krisis Al-Quds Dinilai Ambigu

Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) jumpa pers terkait klaim Amerika Serikat bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel (Foto: Rusman - Biro Pers Setpres)

KIBLAT.NET, Jakarta РAmerika Serikat melalui presidennya menyatakan telah berkonsultasi dengan para mitra, termasuk Indonesia sebelum mengesahkan Yerusalem (Al-Quds) menjadi ibu kota Israel. Hal itu diungkapkan Dubes AS untuk Indonesia, Joseph Donovan pada Kamis (07/12/2017).

Namun dalam pernyataan terpisah, Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan hal lain. “Indonesia mengecam keras pengakuan sepihak AS terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan meminta AS mempertimbangkan kembali keputusan tersebut,” kata Jokowi dalam pernyataan resminya di hari yang sama.

Melihat hal itu, mantan Komisoner Komnas HAM, Natalius Pigai menilai keputusan Jokowi ambigu. “Kenapa Jokowi tidak menyatakan sikap dari awal sebelum AS mengambil keputusan, seperti yang ditunjukkan oleh Presiden Erdogan di Turki,” tambahnya¬†melalui rilis yang diterima Kiblat.net, Jumat (08/12/2017).

Diketahui, ketika rencana pengakuan Al-Quds mulai dimunculkan, Erdogan menyatakan bahwa kota itu sebagai “garis merah” bagi umat Islam. Turki mengancam akan memutuskan hubungan dengan Israel jika itu dilakukan.

“Tetapi Kenapa Jokowi baru sekarang terlihat ambigu dalam bersikap setelah rakyat Indonesia dan umat muslim dunia mengecam Amerika,” kata Pigai.

Ia mengimbau supaya rakyat jeli melihat dan mengikuti sepak terjang dan konsistensi pemimpin negara saat ini. Pigai menilai ada inkonsistensi dari Pemerintahan Jokowi, bahkan cenderung tidak bertanggungjawab dengan janji kampanyenya.

“Janji Jokowi dulu menyatakan bahwa ia akan memimpin dan mendukung umat Islam melawan kedigdayaan Israel dan Amerika di tanah Palestina,” ungkapnya.

BACA JUGA  Felix Siauw: Hasil Munas NU Soal Sebutan Kafir Tidak Akan Diterima Umat

Namun, kata dia, sebuah hal yang sangat disayangkan ketika rakyat Indonesia mengecam Israel dan Amerika Serikat, Presiden Jokowi malah menunjukkan signal tidak simpati kepada rakyatnya.

“Jokowi sebagai pemimpin sejatinya tidak boleh bermain sirkus, tidak boleh juga berdiplomasi abal-abal. Pemimpin harus tegas dan jelas menunjukkan integritasnya sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, agar Indonesia berkontribusi signifikan atas terciptanya kedamaian abadi di tanah Palestina,” ttutup Pigai.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Siapkan Generasi Berkualitas, RBC Gelar Seminar Kesehatan Nasional

Siapkan Generasi Berkualitas, RBC Gelar Seminar Kesehatan Nasional

Jum'at, 08/12/2017 18:38 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Adab-adab Kepada Allah

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Adab-adab Kepada Allah. Dalam kehidupan bermasyarakat, kita mengenal adab yang lazim...

Jum'at, 08/12/2017 17:24 0

Artikel

Eksistensi Islam dan Madrasah di Singapura

Eksistensi Pendidikan Muslim di Singapura tak lepas dari perkembangan Madrasahnya. Madrasah dikelola secara modern dan profesional, dengan kelengkapan perangkat keras dan lunak.

Jum'at, 08/12/2017 17:11 0

Palestina

Sehari Pasca Pernyataan Trump, Israel Serang Gaza

Militer Israel melaporkan sebuah jet tempur dan tank telah menargetkan dua pos pejuang Palestina di Jalur Gaza pada Kamis (07/12/2017). Menurut klaim militer, serangan itu untuk merespon tiga roket yang diluncurkan ke Israel.

Jum'at, 08/12/2017 15:30 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Invasi Mongol dan Keruntuhan Baghdad (1258)

Laporan Syamina: Invasi Mongol dan Keruntuhan Baghdad (1258)

Jum'at, 08/12/2017 15:00 0

Foto

Begini Momen Demonstran Tolak Klaim Al-Quds Ibukota Israel di Depan Kedubes AS

Berikut momen-momen aksi para demonstran yang menolak kebijakan Donald Trump, yang diambil melalui bidikan lensa reporter Kiblat.net.

Jum'at, 08/12/2017 14:43 0

Artikel

Abu Janda dan Persoalan Mentalitas Bangsa Kita

Kita juga sering tidak menghargai mereka yang berilmu. Kita lebih memilih mereka yang pinter ngomong, kata-katanya bombastis, tanpa mengkritisi substansi omongannya.

Jum'at, 08/12/2017 14:08 0

Palestina

Negara-Negara Arab Kecam Keputusan Sepihak AS Tentang Al-Quds

Keputusan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Al-Quds (Yerussalem) sebagai ibukota negara ilegal Israel telah memicu reaksi negara-negara Arab dan lainnya di seluruh dunia.

Jum'at, 08/12/2017 06:31 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Dengan Inilah Islam Tegak!

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Dengan Inilah Islam Tegak! Kebenaran itu mudah dipahami. Sejarah manusia,...

Jum'at, 08/12/2017 05:00 0

Suriah

Imbau Persatuan di Suriah, AQ: Jangan Percaya Mitos Amerika

Kalian juga mengatakan, jauhilah Al-Qaidah agar kalian tidak dicap teroris, apakah kalian tidak dicap demikian!? Kalian juga mengatakan, jauhilah Al-Qaidah agar tercipta persatuan, apakah itu terwujud!?

Kamis, 07/12/2017 22:12 0

Close