... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jalankan Amanat Muktamar Jombang, Warga NU Demo Kedubes Amerika di Jakarta

Foto: Warga NU berdemo di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta menyusul pengakuan Al-quds atau Yerusalem sebgai ibukota Israel, Jumat (08-12-2017)/Foto: Azeza

KIBLAT.NET, Jakarta – Warga Nadhlatul Ulama (NU) menggelar aksi unjuk rasa di depan kedutaan Amerika Serikat merespon pengakuan kota Yerusalem atau Al-Quds sebagai ibu kota Israel. Aksi itu dilakukan berdasarkan amanat Muktamar ke-33 Jombang.

Ratusan massa warga Nahdlatul Ulama berdemo di depan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat, memprotes keputusan Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Pengurus Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nadhatul Ulama, Husni Mubarak Amir yang terjun dalam aksi itu mengatakan sebelumnya dalam muktamar PBNU ke-33 di Jombang, telah diputuskan bahwa kedaulatan Palestina adalah suatu hal yang mutlak.

“Kita hanya mengikuti perintah dari kiai-kiai NU terkait apa yang dibacakan oleh PBNU terkait pernyataan sikap tentang status Yerusalem kemarin. Nah, kita menyampaikan aspirasi NU,” kata Husni.

Dalam tuntutannya, warga NU mendesak Presiden Amerika Serikat mengurungkan niatnya untuk memindahkan kedutaan dari Tel Avev ke Yerussalem. Husni juga mengatakan bahwa jika tuntutan tidak dipenuhi, PBNU akan mendesak presiden agar mengusir kedubes AS dari Indonesia.

“Yang dilakukan NU adalah meminta untuk presiden Jokowi kalau perlu memutus hubungan diplomatik kepada Amerika, termasuk juga mengusirnya duta besar Amerika di Jakarta,” ujarnya.

Husni menegaskan pencaplokan yang dilakukan Israel terhadap wilayah Gaza sangatlah keji. Alasan itulah yang akhirnya mendorong NU bereaksi keras.

BACA JUGA  Kemenag: Syarat Permohonan Rekomendasi FPI Sudah Terpenuhi

“Sudah mereka ditindas Palestina itu, tidak diakui kedaulatannya, nah ini kemudian dia ingin diusir dari kampungnya sendiri. Itu yang membuat NU bergerak untuk turun ke jalan,” tandasnya.

Perlu diketahui, pada Agustus 2015 Nahdlatul Ulama (NU) menggelar Muktamar ke-33 di Jombang. Salah satu rekomendasi dalam forum tertinggi di NU itu adalah mendukung kemerdekaan Palestina.

Reporter: Qoid
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Khutbah Jumat: Adab-adab Kepada Allah

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Adab-adab Kepada Allah. Dalam kehidupan bermasyarakat, kita mengenal adab yang lazim...

Jum'at, 08/12/2017 17:24 0

Artikel

Eksistensi Islam dan Madrasah di Singapura

Eksistensi Pendidikan Muslim di Singapura tak lepas dari perkembangan Madrasahnya. Madrasah dikelola secara modern dan profesional, dengan kelengkapan perangkat keras dan lunak.

Jum'at, 08/12/2017 17:11 0

Palestina

Sehari Pasca Pernyataan Trump, Israel Serang Gaza

Militer Israel melaporkan sebuah jet tempur dan tank telah menargetkan dua pos pejuang Palestina di Jalur Gaza pada Kamis (07/12/2017). Menurut klaim militer, serangan itu untuk merespon tiga roket yang diluncurkan ke Israel.

Jum'at, 08/12/2017 15:30 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Invasi Mongol dan Keruntuhan Baghdad (1258)

Laporan Syamina: Invasi Mongol dan Keruntuhan Baghdad (1258)

Jum'at, 08/12/2017 15:00 0

Foto

Begini Momen Demonstran Tolak Klaim Al-Quds Ibukota Israel di Depan Kedubes AS

Berikut momen-momen aksi para demonstran yang menolak kebijakan Donald Trump, yang diambil melalui bidikan lensa reporter Kiblat.net.

Jum'at, 08/12/2017 14:43 0

Artikel

Abu Janda dan Persoalan Mentalitas Bangsa Kita

Kita juga sering tidak menghargai mereka yang berilmu. Kita lebih memilih mereka yang pinter ngomong, kata-katanya bombastis, tanpa mengkritisi substansi omongannya.

Jum'at, 08/12/2017 14:08 0

Palestina

Negara-Negara Arab Kecam Keputusan Sepihak AS Tentang Al-Quds

Keputusan Presiden AS Donald Trump yang mengakui Al-Quds (Yerussalem) sebagai ibukota negara ilegal Israel telah memicu reaksi negara-negara Arab dan lainnya di seluruh dunia.

Jum'at, 08/12/2017 06:31 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Dengan Inilah Islam Tegak!

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Dengan Inilah Islam Tegak! Kebenaran itu mudah dipahami. Sejarah manusia,...

Jum'at, 08/12/2017 05:00 0

Suriah

Imbau Persatuan di Suriah, AQ: Jangan Percaya Mitos Amerika

Kalian juga mengatakan, jauhilah Al-Qaidah agar kalian tidak dicap teroris, apakah kalian tidak dicap demikian!? Kalian juga mengatakan, jauhilah Al-Qaidah agar tercipta persatuan, apakah itu terwujud!?

Kamis, 07/12/2017 22:12 0

Turki

Turki Kutuk Keras Amerika Serikat Soal Status Al Quds

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu turut bersuara terkait keputusan Amerika Serikat (AS) yang menyatakan bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel.

Kamis, 07/12/2017 20:31 0

Close