... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ustadz Adi Hidayat: Sudah Saatnya Umat Mewarnai, Bukan Terwarnai

Foto: Sumber Foto: screenshot rekaman video pengajian Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat: Sudah Saatnya Kita Warnai Zaman Ini dengan Al Quran

KIBLAT.NET, Solo – Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa seharusnya seorang Muslim pada saat ini harus bisa menjadi subyek yang bisa mengubah serta mewarnai zaman.

Pernyataan tersebut dia sampaikan saat mengisi Tabligh Akbar di Masjid Nurul Huda Universitas Sembilan Maret Surakarta (UNS) pada Ahad (03/12/17). Pengajian besar dengan tema ‘Zaman Now’ ini diselenggarakan oleh Takmir Masjid Nurul Huda UNS serta didukung oleh Gerakan Pemuda Muslim Indonesia dan Muslimah Muda Indonesia.

“Prinsip umat Islam, seharusnya seorang Muslim harus menjadi Subyek, pengubah zaman, dan pewarna sejarah, bukan malah menjadi obyek. Karena _Shibghatallah, waman ahsanu minallahi shibghah._,” ungkapnya.

“Mencela yang sudah tercela itu membuang-buang waktu. Warnailah zaman ini, jangan terwarnai oleh zaman,” sambungnya.

Karena, ia menjelaskan, kitab-kitab samawi adalah huda (petunjuk) untuk umat pada saat itu. Tetapi Al-Qur’an menjadi petunjuk untuk seluruh manusia. Nabi Isa diutus kepada umatnya di Palestina. Nabi Ibrahim, Luth sezaman, dan diutus untuk kaumnya masing-masing. Tapi Nabi Muhammad, beliau diutus untuk seluruh umat manusia.

Ditambahkannya, dibanding umat-umat sebelumnya, umat Nabi Muhammad adalah yang terbaik. Karena Allah, lanjutnya, yang langsung memuji umat ini sebagai khairu ummah. Ini kuncinya.

“Kita adalah umat yang dipilih Allah, dan seharusnyalah kita yang mewarnai (menshibghah) zaman ini,” tegasnya.

BACA JUGA  Draft Perpres Pelibatan TNI Tangani Terorisme Bolehkan Pendaan dari Luar APBN

Selain itu, ia juga memberikan kunci agar umat Islam dapat mewarnai zaman ini. Yaitu, kembali kepada bimbingan Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an adalah sumber inspirasi. “Ibnu Hayyan, penemu atom pertama kali terinspirasi dari surat Al-Hadid,” jelasnya.

Di akhir, ia mengajak kepada para jemaah yang hadir berpartisipasi dalam mewarnai zaman ini dengan Al Quran.

“Penting dicatat, mari warnai zaman dengan spirit al-Qur’an. Sudah saatnya kita warnai dunia ini dengan al-Qur’an,” imbunya.

Kajian tersebut diikuti oleh ribuan jemaah, kompleks parkir Masjid Nurul Huda UNS pun dibanjiri oleh kendaraan para jemaah. Kajian selesai pada pukul 11.30 menjelang adzan dzuhur dikumandangkan.

Reporter: Eno
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Pejabat Afghan Senang Atas Kinerja Pendidikan Taliban di Herat

Data terbaru menunjukkan, saat ini Taliban menguasai lebih dari 20 persen sekolah-sekolah di Herat. Hal itu diakui langsung oleh kepala Departemen Pendidikan di provinsi barat Afghanistan tersebut dan bahkan ia menyatakan senang dengan hasil kinerja Taliban.

Senin, 04/12/2017 06:26 0

Palestina

Hamas Tekan Pemerintahan Rekonsiliasi Hapus Blokade Gaza

Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) menuntut pemerintah Palestina yang dipimpin oleh Rami Hamdallah menghapus sanksi yang dialami Jalur Gaza atau mengundurkan diri.

Ahad, 03/12/2017 14:36 0

Video Kajian

Tabligh: Agar Syariat Islam Tidak Pudar

KIBLAT.NET – Tabligh: Agar Syariat Islam Tidak Pudar. Syariat Islam diturunkan untuk kebaikan kehidupan seluruh...

Ahad, 03/12/2017 12:20 0

Wilayah Lain

Puluhan Ribu Warga Israel Demo Benjamin Netanyahu

Sekitar 20.000 warga Israel berdemonstrasi di Tel Aviv pada Sabtu (02/12) untuk memprotes korupsi di pemerintah dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang sedang dalam penyelidikan kriminal karena tuduhan korupsi.

Ahad, 03/12/2017 10:20 0

Afrika

Muslim Nigeria Turun ke Jalan, Sampaikan Solidaritas untuk Palestina, Kashmir dan Rohingya

Sedikitnya 2.000 Muslim turun ke jalan-jalan di ibukota Nigeria, Lagos pada Jumat (02/12/2017). Aksi ini dalam rangka menunjukkan solidaritas mereka untuk masyarakat Palestina, Kashmir, dan etnis minoritas Rohingya di Myanmar.

Ahad, 03/12/2017 10:01 0

Suriah

Tentara Bayaran Rusia “Wagner” Tewas di Suriah

Seorang anggota kelompok Wagner Rusia tewas dalam sebuah pertempuran di pedesaan timur Deir Zour, Suriah. Demikian dikutip dari situs El-Dorar, Jumat (02/12/2017).

Ahad, 03/12/2017 08:10 0

Inggris

Muslimah Diminta Lepas Jilbab ketika Akan Masuk McDonald’s

Restoran cepat saji McDonald's di London utara langsung menjadi sorotan setelah melakukan diskriminasi terhadap seorang muslimah.

Ahad, 03/12/2017 07:10 0

Eropa

Slobodan Praljak Bunuh Diri dengan Minum Sianida

Hasil awal tes toksikologi menunjukkan bahwa Slobodan Praljak meminum racun sianida, yang mengakibatkannya tewas. Konsentrasi potasium sianida ditemukan dalam darah jenderal Kroasia yang bertanggung jawab atas pembantaian Muslim Bosnia itu.

Ahad, 03/12/2017 06:09 0

Foto

Foto: Cahaya Mentari Turut Mengintip Syahdunya Reuni 212

Seusai subuh, doa pun terus dipanjatkan seiring terbitnya matahari menyinari sedikit demi sedikit lautan massa. Momen ini seakan menjadi detik-detik yang tak bisa dilewatkan.

Sabtu, 02/12/2017 10:53 0

News

Habib Rizieq: Aksi Bela Islam Hingga Al Quran Tegak di Indonesia

Habib Rizieq Syihab menegaskan Aksi Bela Islam bukan sekadar pembelaan dari penistan Al Qur'an.

Sabtu, 02/12/2017 10:47 0

Close