... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Trauma Healing untuk Anak-Anak Korban Erupsi Gunung Agung

KIBLAT.NET, Bali – Sejak Gunung Agung di Bali meletus pada (26/11/ 2017), tercatat 48.671 warga Karangasem mengungsi ke beberapa wilayah di Bali. Salah satunya, posko pengungsian di UPTD Rendang, Kabupaten Karangasem. Di Posko ini, banyak anak-anak usia sekolah dasar ikut mengungsi bersama keluarga mereka. Tim relawan Mayasrakat Relawan Indonesia-Aksi Cepat Tanggap melakukan kegiatan trauma healing berupa kegiatan bermain, bernyanyi, dan mendongeng bersama kepada anak-anak, supaya mereka bisa melupakan sejenak bencana yang terjadi.

Kegiatan Terapi Trauma Healing ini dilaksanakan pada hari Minggu (3/12) 2017 di Aula UPTD Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Kegiatan terapi Trauma Healing menarik minat anak-anak yang tinggal dipengungsian. Para anak-anak yang tinggal di posko pengungsian antusias untuk mengikuti acara terapi trauma healing dengan penuh suka cita. Senyum dan tawa bahagia menghias di bibir mereka. Sambil bertepuk dangan dan mengikuti gerakan para relawan, mereka diajak untuk merasakan kembali ke dunia bermain mereka. Tentunya dengan kegiatan terapi trauma healing ini para anak-anak dibuat melupakan bahwa saat ini sedang ada erupsi Gunung Agung.

Selain kegiatan Terapi Trauma Healing untuk anak-anak, di lokasi yang sama para relawan MRI-ACT juga melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan.Para relawan sesuai dengan bidang yang dikuasai bahu membahu memeriksa dan memberikan obat kepada para pengungsi yang mengalami gangguan kesehatan.

BACA JUGA  Muslimah, Yuk Ikut Hijrah Reborn: Karena Hijrah Bukan Sekedar Berubah

Menurut Arif Marsudi sebagai Ketua Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Wilayah Bali menagatakan bahwa relawan MRI dan ACT setiap harinya dengan sukarela membantu para pengungsi atas dasar kemanusiaan.
“Kegiatan yang dilakukan para relawan MRI-ACT sehari hari sangat padat mulai dariMengantar warga ibadah di dekat lokasi kawasan rawan bencana II, membuat dapur umum untuk ribuan pengungsi, bantuan air bersih, melakukan terapi trauma healing untuk 230 anak-anak, bantuan genset untuk posko pengungsi dimana saat malam hari listrik sering padam,” ungkapnya.

Arif Marsudi beserta tim relawan MRI-ACT akan terus membantu para pengungsi di posko UPTD Rendang hingga para pengungsi bisa kembali ke rumah masing-masing.

“ Semoga para pengungsi bisa terbantu dengan adanya kami disini,” pungkasnya.

Berita Kiriman dari Herdian Armandhani
Editor: Hunef Ibrahim

 

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ustadz Adi Hidayat: Sudah Saatnya Umat Mewarnai, Bukan Terwarnai

Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa seharusnya seorang Muslim pada saat ini harus bisa menjadi subyek yang bisa mengubah serta mewarnai zaman.

Senin, 04/12/2017 07:00 0

Afghanistan

Pejabat Afghan Senang Atas Kinerja Pendidikan Taliban di Herat

Data terbaru menunjukkan, saat ini Taliban menguasai lebih dari 20 persen sekolah-sekolah di Herat. Hal itu diakui langsung oleh kepala Departemen Pendidikan di provinsi barat Afghanistan tersebut dan bahkan ia menyatakan senang dengan hasil kinerja Taliban.

Senin, 04/12/2017 06:26 0

Palestina

Hamas Tekan Pemerintahan Rekonsiliasi Hapus Blokade Gaza

Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) menuntut pemerintah Palestina yang dipimpin oleh Rami Hamdallah menghapus sanksi yang dialami Jalur Gaza atau mengundurkan diri.

Ahad, 03/12/2017 14:36 0

Indonesia

Fadli Zon Kritik Penerapan Hukum di Indonesia

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyambut baik Reuni 212 dengan kehadirannya di aksi tersebut. Dalam orasinya ia mengkritik terkait penerapan hukum di Indonesia, seakan hukum hanya mengabdi kepada kekuasaan yang berkuasa.

Ahad, 03/12/2017 13:21 0

Video Kajian

Tabligh: Agar Syariat Islam Tidak Pudar

KIBLAT.NET – Tabligh: Agar Syariat Islam Tidak Pudar. Syariat Islam diturunkan untuk kebaikan kehidupan seluruh...

Ahad, 03/12/2017 12:20 0

Wilayah Lain

Puluhan Ribu Warga Israel Demo Benjamin Netanyahu

Sekitar 20.000 warga Israel berdemonstrasi di Tel Aviv pada Sabtu (02/12) untuk memprotes korupsi di pemerintah dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang sedang dalam penyelidikan kriminal karena tuduhan korupsi.

Ahad, 03/12/2017 10:20 0

Afrika

Muslim Nigeria Turun ke Jalan, Sampaikan Solidaritas untuk Palestina, Kashmir dan Rohingya

Sedikitnya 2.000 Muslim turun ke jalan-jalan di ibukota Nigeria, Lagos pada Jumat (02/12/2017). Aksi ini dalam rangka menunjukkan solidaritas mereka untuk masyarakat Palestina, Kashmir, dan etnis minoritas Rohingya di Myanmar.

Ahad, 03/12/2017 10:01 0

Suriah

Tentara Bayaran Rusia “Wagner” Tewas di Suriah

Seorang anggota kelompok Wagner Rusia tewas dalam sebuah pertempuran di pedesaan timur Deir Zour, Suriah. Demikian dikutip dari situs El-Dorar, Jumat (02/12/2017).

Ahad, 03/12/2017 08:10 0

Inggris

Muslimah Diminta Lepas Jilbab ketika Akan Masuk McDonald’s

Restoran cepat saji McDonald's di London utara langsung menjadi sorotan setelah melakukan diskriminasi terhadap seorang muslimah.

Ahad, 03/12/2017 07:10 0

Eropa

Slobodan Praljak Bunuh Diri dengan Minum Sianida

Hasil awal tes toksikologi menunjukkan bahwa Slobodan Praljak meminum racun sianida, yang mengakibatkannya tewas. Konsentrasi potasium sianida ditemukan dalam darah jenderal Kroasia yang bertanggung jawab atas pembantaian Muslim Bosnia itu.

Ahad, 03/12/2017 06:09 0

Close