... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pusdikham UHAMKA: Reklamasi Berpotensi Timbulkan Konflik

Foto: Aksi penolakan reklamasi Teluk Jakarta di depan Gedung Menko Maritim. (Foto: Taufiq Ishak)

KIBLAT.NET, Jakarta – Pusat Studi dan Pendidikan Hak Asasi Manusia(Pusdikham) Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka baru saja mengadakan diskusi publik terkait proyek reklamasi. Berdasarkan hasil diskusi tersebut, Pusdikham menghimbau kepada pemerintah pusat khususnya Kemenko Maritim, Luhut B Panjaitan untuk mencabut moratorium reklamasi Teluk Jakarta.

“Agar tidak melanjutkan rencana reklamasi tanpa dukungan masyarakat karena akan menimbulkan dampak sosial budaya serta berpotensi menimbulkan konflik vertikal dan horizontal,” kata Meneger Nasution selaku Direktur Pusdikham UHAMKA di aula KH. Ahmad Dahlan, UHAMKA Pasar Rebo, Kamis (30/11/2017).

Dia juga menyerukan dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan untuk tidak melanjutkan rencana proyek reklamasi Teluk Jakarta. Kecuali bila AMDAL yang benar dan mendapatkan dukungan dari warga DKI Jakarta.

“Khususnya para nelayan terdampak sesuai janji politiknya karena menyalahi logika konstitusi, hukum, ekologi, pertahanan, dan logika HAM,” ujar Maneger.

Dia juga meminta kepada pemerintah agar dapat memastikan proyek ini bersih dari bentuk kriminalisasi, intimidasi, pembungkaman terhadap para aktivis, masyarakat dan khususnya para nelayan yang menyampaikan aspirasi atas sikap mereka terhadap rencana reklamasi Teluk Jakarta. Ia juga meminta agar proyek ini dapat menghormati kepentingan nelayan yang terdampak.

“Khususnya dalam pembahasan rencana reklamasi dan mengedepankan transparansi dengan meningkatkan partisipasi publik serta membangun komunikasi yang melibatkan masyarakat dan nelayan di sekitar Teluk Jakarta,” tukasnya.

BACA JUGA  Waspada, Orang Terinfeksi Virus COVID-19 Bisa Tidak Nampak Sakit

Reporter: Qoid
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Manhaj

Menyemai Kewajiban Ukhuwah di Tengah Keberagaman 212

Sungguh hati setiap Muslim akan bahagia ketika melihat fenomena berkumpul dan bersatunya umat Islam tanah air dalam beberapa momen penting. Hati setiap Muslim tentu akan terharu dan senang saat melihat jutaan kaum muslimin dengan keberagaman latar belakang ormas, jama’ah, daerah, bahasa, dan suku, dapat duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi. Jutaan umat Islam tersebut menepikan perbedaan-perbedaan sekat di antara mereka, dan mulai menggandeng tangan sesama Muslim lainnya, demi meraih izzul Islam wal muslimin.

Jum'at, 01/12/2017 19:41 0

Afghanistan

Melihat Lashkar-e-Taiba di Pakistan, Benarkah Mereka Didukung Intelijen?

KIBLAT.NET, Kabul- Sehari setelah Pakistan membebaskan Hafidz Said, pemimpin Lasykar Tayyibah atau LeT (Lashkar-e-Taiba) yang...

Jum'at, 01/12/2017 19:16 0

News

Kendaraan Peserta Reuni Akbar 212 Asal Solo Digeledah Polisi

Polisi menghentikan bus yang membawa rombongan di pintu masuk Tol Brebes

Jum'at, 01/12/2017 18:28 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Agar Kita Tetap Istiqamah

Khutbah Jumat: Agar Kita Tetap Istiqamah

Jum'at, 01/12/2017 18:12 0

Amerika

Donald Trump Seorang Psikopat, Kata Ahli Psikiater

Donald Trump menderita psikopati dan memiliki kondisi mental yang dapat menimbulkan bahaya besar untuk saat ini. Demikian kata seorang psikiater seperti dikutip Independent, Kamis (30/11/2017).

Jum'at, 01/12/2017 17:25 0

Editorial

Editorial: Persatuan Umat, Urgensi Reuni 212

Ada pula analisis dari seorang penulis jurnal intelijen yang menyebut bahwa reuni 212 sudah tidak ada urgensinya lagi, bahkan bisa berdampak buruk.

Jum'at, 01/12/2017 16:56 0

Timur Tengah

Arab Saudi Akan Bertemu Qatar dalam KTT Teluk di Kuwait

Arab Saudi telah sepakat untuk menghadiri KTT Gulf Cooperation Council (GCC) yang akan diadakan bulan ini di Kuwait . Qatar juga dilaporkan akan hadir dalam pertemuan negara-negara Teluk ini.

Jum'at, 01/12/2017 16:27 0

Video Kajian

Dr. Anung Al Hamat: Etika Mempekerjakan Karyawan

Dr. Anung Al Hamat: Etika Mempekerjakan Karyawan.

Jum'at, 01/12/2017 16:06 0

Video News

Meski Udzur, KH. Arifin Ilham Serukan Datang ke Reuni 212

Meski Udzur, KH. Arifin Ilham Serukan Datang ke Reuni 212.

Jum'at, 01/12/2017 15:18 0

Afrika

AS Akan Segera Memulai Operasi Drone di Niger

Namun, serangan militan pada 4 Oktober lalu di sepanjang perbatasan Niger-Mali tampaknya dimanfaatkan AS untuk memperluas izin penggunaan pangkalan. Hal ini berhasil, di mana Menteri Pertahanan Kalla Mountari menyatakan bahwa pihaknya telah memberikan izin kepada AS.

Jum'at, 01/12/2017 14:42 0

Close