... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Menyemai Kewajiban Ukhuwah di Tengah Keberagaman 212

Kelima,  menunaikan enam hak saudara Muslim

Setiap Muslim memiliki setidaknya enam hak atas diri Muslim lainnya. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits shahih:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ» قِيلَ: مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللهِ؟، قَالَ: «إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللهَ فَسَمِّتْهُ، وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ»

Dari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hak seorang Muslim atas Muslim lainnya ada enam perkara.” Ditanyakan kepada beliau, “Apakah enam perkara tersebut, wahai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam?” Beliau menjawab, “Jika ia bertemu dengan Muslim lainnya, niscaya ia mengucapkan salam. Jika Muslim lainnya mengundangnya, maka ia memenuhi undangan tersebut. Jika Muslim lainnya meminta nasehat, maka ia memberi nasehat kepadanya. Jika Muslim lainnya bersin dan mengucapkan “al-hamdulillah” maka ia mengucapkan balasan doa baginya. Jika Muslim lainnya sakit, maka ia menengoknya. Dan jika Muslim lainnya meninggal, maka ia mengantarkan jenazahnya.” (HR. Muslim)

Keenam, memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya dan meringankan kesusahan hidupnya selama ia memiliki kemampuan.

Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwasanya Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda,

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا، نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ، يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا، سَتَرَهُ اللهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

Barangsiapa meringankan sebuah kesusahan yang dialami oleh seorang mukmin di dunia, niscaya Allah ‘Azza wa Jalla akan meringankan salah satu kesusahan hidupnya di hari kiamat kelak. Barangsiapa memberikan kemudahan kepada seorang Muslim yang hidupnya susah, niscaya Allah ‘Azza wa Jalla akan memberikan kemudahan kepadanya di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi aib seorang Muslim, niscaya Allah ‘Azza wa Jalla akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah ‘Azza wa Jalla akan senantiasa menolong hamba-Nya, selama hamba terse bt menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Ketujuh, senantiasa mendoakan kebaikan bagi sesama Muslim

Allah ‘Azza wa Jalla memuji orang-orang beriman sebagai orang-orang yang berlapang dada, pemaaf, dan senatiasa mendoakan kebaikan bagi sesama Muslim lainnya. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman,

وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا

“Dan orang-orang yang datang setelah generasi mereka (sahabat Muhajirin dan Anshar), senantiasa berdoa ‘Wahai Rabb kami, ampunilah dosa kami dan dosa saudara-saudara kami yaitu orang-orang yang lebih dahulu beriman daripada kami, dan janganlah Engkau menjadikan di dalam hati kami ada rasa iri dengki kepada orang-orang yang beriman…” (QS. Al-Hasyr [59]: 10)

Dari Ummu Darda’ -Radhiyallahu ‘anha- bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,

إِنَّ دَعْوَةَ الْمُسْلِمِ مُسْتَجَابَةٌ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ، عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ، كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ: آمِينَ، وَلَكَ بِمِثْلٍ

Sesungguhnya doa seorang Muslim untuk kebaikan sesama Muslim lainnya, tanpa sepengetahuan orang yang didoakan tersebut, adalah doa yang akan dikabulkan oleh Allah ‘Azza wa Jalla. Setiap kali ia mendoakan kebaikan bagi Muslim lainnya, niscaya di sisi kepalanya akan hadir seorang malaikat yang menjawab doanya ‘Semoga Allah ‘Azza wa Jalla mengabulkan doamu, dan bagimu doa yang serupa.” (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad)

KESIMPULAN

Ukhuwah islamiyah menuntut seorang Muslim memperlakukan saudara Muslim lainnya sebagaimana perlakuannya terhadap dirinya sendiri. Ia harus senasib dan sepenanggungan dengan sesama Muslim lainnya. Ia senang jika saudara Muslim lainnya mendapat kebaikan, dan ia sedih saudara Muslim lainnya mengalami kesulitan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menggambarkan kesetia kawanan sesama Muslim tersebut dengan bahasa yang indah.

عَنْ أَنَسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ، حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ»

Dari Anas bin Malik dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Salah seorang di antara kalian tidak akan beriman (secara sempurna), sehingga ia menyenangi untuk saudaranya apa yang ia senangi untuk dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Walllahu a’lam bish-shawab.

Penulis: Fauzan
Editor: Arju

1 2
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Melihat Lashkar-e-Taiba di Pakistan, Benarkah Mereka Didukung Intelijen?

KIBLAT.NET, Kabul- Sehari setelah Pakistan membebaskan Hafidz Said, pemimpin Lasykar Tayyibah atau LeT (Lashkar-e-Taiba) yang...

Jum'at, 01/12/2017 19:16 0

News

Kendaraan Peserta Reuni Akbar 212 Asal Solo Digeledah Polisi

Polisi menghentikan bus yang membawa rombongan di pintu masuk Tol Brebes

Jum'at, 01/12/2017 18:28 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Agar Kita Tetap Istiqamah

Khutbah Jumat: Agar Kita Tetap Istiqamah

Jum'at, 01/12/2017 18:12 0

Indonesia

Pusat Studi HAM UHAMKA: Proyek Reklamasi Menyalahi Konstitusi

Direktur Pusat Studi dan Pendidikan HAM Uhamka, Maneger Nasution menegaskan bahwa proyek reklamasi Teluk Jakarta telah menyalahi konstitusi dan UUD 1945. Dia mengatakan bahwa reklamasi melanggar UU No. 1 tahun 2014 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil serta UU No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Jum'at, 01/12/2017 18:01 0

Amerika

Donald Trump Seorang Psikopat, Kata Ahli Psikiater

Donald Trump menderita psikopati dan memiliki kondisi mental yang dapat menimbulkan bahaya besar untuk saat ini. Demikian kata seorang psikiater seperti dikutip Independent, Kamis (30/11/2017).

Jum'at, 01/12/2017 17:25 0

Indonesia

Panitia Bantah Panggung Reuni Akbar 212 Roboh

Panitia Reuni Akbar 212 membantah panggung yang akan digukana roboh

Jum'at, 01/12/2017 17:06 0

Editorial

Editorial: Persatuan Umat, Urgensi Reuni 212

Ada pula analisis dari seorang penulis jurnal intelijen yang menyebut bahwa reuni 212 sudah tidak ada urgensinya lagi, bahkan bisa berdampak buruk.

Jum'at, 01/12/2017 16:56 0

Timur Tengah

Arab Saudi Akan Bertemu Qatar dalam KTT Teluk di Kuwait

Arab Saudi telah sepakat untuk menghadiri KTT Gulf Cooperation Council (GCC) yang akan diadakan bulan ini di Kuwait . Qatar juga dilaporkan akan hadir dalam pertemuan negara-negara Teluk ini.

Jum'at, 01/12/2017 16:27 0

Video Kajian

Dr. Anung Al Hamat: Etika Mempekerjakan Karyawan

Dr. Anung Al Hamat: Etika Mempekerjakan Karyawan.

Jum'at, 01/12/2017 16:06 0

Indonesia

Cuaca Terpantau Masih Ekstrem, BNPB Imbau Masyarakat untuk Waspada

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan bahwa siklon tropis Cempaka yang mengakibatkan banyak kerusakan di 28 kabupaten/kota selama 27-29 November 2017 sudah mulai menghilang.

Jum'at, 01/12/2017 15:50 0