... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Muslim Filipina Desak Pengesahan UU Rakyat Moro

Foto: Wilayah Moro, Filipina selatan.

KIBLAT.NET, Mindanao – Ratusan ribu Muslim Mindanao mendesak Kongres Filipina mengesahkan Undang-Undang Dasar Moro sebagai landasan referendum dan pemilihan legislatif di Filipina selatan. Desakan ini ditegaskan pada akhir Konferensi Umum orang-orang Moro, Senin (27/11).

Presiden Filipina Rodrigo Douterti telah meminta rakyatnya memahami masalah orang-orang Moro dan ketidakadilan historis yang menimpa mereka. Dia menekankan perlunya menghentikan serangkaian pembunuhan antara umat Islam dan Kristen melalui sebuah penyelesaian dalam kerangka kesatuan dan kedaulatan teritorial Filipina.

Sementara itu, Kepala Front Islam Moro, Haj Murad Ibrahim, menekankan bahwa aspirasi rakyatnya untuk mencapai tahap perjuangan baru yang damai dan mengubah fron menjadi gerakan sosial.

Puluhan ribu umat Islam dari Mindanao tiba di Sultan Qudawarat di provinsi Magno-Danau untuk menghadiri Konferensi Umum orang-orang Moro. Konferensi ini digelar beberapa pekan setelah berakhirnya perang di Marawi dan lebih dari tiga tahun setelah penandatanganan kesepakatan damai, yang tak terealisasi isinya.

Konferensi ini terutama ditujukan untuk menyerukan disahkannya Undang-Undang Rakyat Dasar Moro yang cepat dan pelaksanaan Kesepakatan Komprehensif tahun 2014.

Kegagalan mengesahkan undang-undang telah menunda pelaksanaan semua langkah referendum dan pemilihan yang disepakati berikut untuk pengalihan kekuasaan di Mindanao dari otonomi saat ini ke pemerintahan mandiri parlementer yang lebih luas.

Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF) didirikan pada tahun 1969 di bawah kepemimpinan Nur Misuari untuk kemerdekaan di pulau Mindanao yang berpenduduk mayoritas Muslim. Pertarungan antara MNLF dan pemerintah meletus pada tahun 1972 selama empat tahun, menewaskan ribuan orang dan mengakhiri sebuah janji pemerintah untuk memberikan otonomi kepada umat Islam di Filipina selatan.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Menutup Aurat adalah Pembeda Manusia dan Hewan

KIBLAT.NET, Jakarta- Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat, Muhammad Cholil Nafis mengungkapkan bahwa seorang wanita yang...

Senin, 27/11/2017 21:59 0

Indonesia

Perlu Ada Pembinaan Politik Islam dalam Reuni 212

Direktur Pondok Pesantren Tinggi, Al Islam, Bekasi, Dr Zain An-Najah MA menilai bahwa reuni 212 bukan hanya ajang untuk kumpul.

Senin, 27/11/2017 17:35 0

Indonesia

ABI 212, Simbol Kerinduan Umat Islam dengan Kepemimpinan Ulama

KIBLAT.NET, Jakarta- Direktur Pondok Pesantren Tinggi, Al Islam, Bekasi, Dr Zain An-Najah MA mengatakan bahwa...

Senin, 27/11/2017 16:52 0

Indonesia

Dr. Ahmad Zain An-Najah: Aksi 212 Simbol Persatuan Umat Islam

Direktur Pondok Pesantren Tinggi Islam, Al Islam Bekasi, Dr. Zain An-Najah mengatakan, bahwa momen Aksi 212 sebagai simbol persatuan, terutama terkait bangkitnya kesadaran politik umat Islam

Senin, 27/11/2017 14:27 0

Video Kajian

Ustadz Muhajirin, Lc: Khilafah dalam Spirit Muslim dan Kebencian Musyrikin

Ustadz Muhajirin, Lc: Khilafah dalam Spirit Muslim dan Kebencian Musyrikin.

Ahad, 26/11/2017 17:01 0

Artikel

Korupsi, Kanker Dunia Modern

KIBLAT.NET – Menurut Asian Development Bank (ADB), korupsi melibatkan perilaku oleh sebagian pegawai sektor publik...

Ahad, 26/11/2017 07:03 0

Indonesia

Bersepeda Banyuwangi-Jakarta, Lukman Hampir Diserempat Mobil dan Terluka

Setelah melakukan perjalanan selama lima hari, terhitung sejak Senin hingga Jumat, Muhammad Lukman dan Muhammad Yasir Arafat akhirnya tiba di Jakarta.

Ahad, 26/11/2017 06:47 1

Indonesia

LPI Apresiasi Anggotanya yang Bersepeda Banyuwangi-Jakarta

Sekjen Laskar Pembela Islam (LPI), Supriyadi membenarkan bahwa dua pesepeda dari Banyuwangi ke Jakarta untuk mengikuti reuni 212 anggotannya. Maka, ia mengapresiasi kegigihan mereka berdua.

Ahad, 26/11/2017 06:22 0

Info Event

Ikuti Lomba Tulis Refleksi Setahun 212!

Kiblat.net membuka lomba penulisan artikel tentang refleksi setahun peringatan Aksi Bela Islam 212.

Sabtu, 25/11/2017 21:25 2

Analisis

Beginilah Korelasi antara Konflik Kekerasan dengan Korupsi

Korupsi menjadi pusat narasi dari Arab Spring, dan permintaan untuk mengatasi masalah tersebut menjadi salah satu pusat dari aspirasi para demonstran.

Sabtu, 25/11/2017 18:48 0

Close