... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Menutup Aurat adalah Pembeda Manusia dan Hewan

Foto: Gedung MUI Pusat.

KIBLAT.NET, Jakarta- Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat, Muhammad Cholil Nafis mengungkapkan bahwa seorang wanita yang menutup aurat berarti martabatnya terjaga. Pasalnya, menutup aurat merupakan identitas seorang Muslim.

“Menutupi Aurat itu melindungi martabat sekaligus adalah identitas bagi umat Muslim. Namun tak boleh menganggap sesat apalagi kafir kepada orang lain karen tak menutup aurat atau tak berjilbat. Yang tidak menutup aurat itu masiyat kepad Allah. #Aurat,” cuitnya di akun Twitter pada, Senin (27/11/2017).

Ia menjelaskan, menutup aurat adalah fitrah manusia. Karena yang membedakan manusia dengan binatang adalah berpakaian. Selain itu, berpakaian juga bertujuan untuk menjaga aurat laki-laki dan perempuan.

“Tak ada makhluk di darat dan di laut yg wajib berpakaian kecuali manusia.#Aurat,” sambungnya.

Sementara itu, ia menjelaskan aurat manusia telah dijelaskan dalam Al-Qur’an di surat Al-A’raf ayat 22. Sementara di dalam Kitab Faydhul Qadir menyebut definisi aurat, sesuatu yang tak baik dan malu untuk diperlihatkan.

“Aurat Perempuan saat shalat adalah seluruh tubuhnya selain wajah dan kedua telapak tangannya. lihat kitab al-Umm: 2/85-86 juga kitab al-Tamhid: 3/363. Meskipun ulama beda pendapat tentang telapak kaki apakah wajib ditutupi saat shalat, namun Jumhur ulama mewajibkan tutup,“ tuturnya.

“Aurat wanita di luar shalat di depan orang lain (bukan mahram) atau di depan umum ada beberapa pendapat, tapi dapat diringkas jadi 2. Pertama, aurat wanita yang wajib ditutupi adalah seluruh tubuhnya adalah aurat, bahkan wajib menutup wajahnya jika akan terjadi fitnah, kecuali lansia. Dan pendapat kedua, aurat perempuan semua badannya dan wajahnya secara keseluruhan, baik wajah maupun tangannya. Apalagi bagi pemudi wajib menutupi wajahnya,“ sambungnya.

BACA JUGA  Jokowi Sebut Pengusul Presiden Tiga Periode Menjerumuskan Dirinya

Selain itu, ia menjelaskan bahwa aurat perempuan di depan mahram yang sepatut ditampakkan seperti pakaian di dalam rumah, yaitu tangan, wajah bahkan rambut kepala boleh terlihat. Dan aurat perempuan di depan perempuan lain hanya sebatas lutut hingga pusar.

“Ulama masih menekankan aurat pada kepantasan yang dapat dilihat seasama jenis. Sehingga yang wajib ditutup bukan hanya itu tapi juga bagian lain yg dianggap tabu oleh pandangan masyarakat,“ katanya.

Lanjut Cholil, aurat laki-laki di antara pusar hingga lutut, baik di dalam shalat dan di luar shalat.

“Aurat saat shalat lebih diperhatikan batadannya darpd di luar shalat. Manuru Imam Abu Hanifah: pusar dan lutut bukan aurat bagi laki-laki,“ katanya.

Reporter: Julian
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Mesir

Hamas Mengutuk dan Turut Berduka atas Serangan Masjid Sinai

Gerakan Perjuangan Hamas yang berbasis di Jalur Gaza, Palestina mengutuk serangan yang menimpa masjid di Sinai, Mesir.

Senin, 27/11/2017 21:36 0

Timur Tengah

IUMS Masuk Daftar Teroris Arab Saudi, Begini Reaksi Ulama Dunia

Keputusan itu mendapatkan reaksi dan protes dari tokoh, institusi dan ulama-ulama di dunia. Pasalnya, Arab Saudi dan sekutunya telah mencantumkan (IUMS) sebagai kelompok teroris.

Senin, 27/11/2017 21:13 0

Palestina

Hamas Geram, Saudi Masukan Persatuan Ulama Dunia ke Daftar Teroris

Hamas mengutuk pernyataan Arab Saudi yang memasukan Persatuan Ulama Dunia (IUMS) dan Dewan Tinggi Islam ke dalam daftar teroris.

Senin, 27/11/2017 19:19 0

Suriah

Video: Iran Libatkan Anak-anak dalam Perang Suriah

Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) merekrut anak-anak Iran untuk dilatih dan ditempatkan dalam perang Suriah. Hal itu dilaporkan oleh sebuah saluran TV di negara itu, Mashreq News.

Senin, 27/11/2017 15:57 0

Turki

Turki Nyatakan Perang terhadap “Barang-barang Candu”

Turki bertekad untuk membentuk sebuah komisi yang akan memerangi ketagihan atau kecanduan. Demikian kata Wakil Perdana Menteri Turki pada hari Ahad (26/11/2017).

Senin, 27/11/2017 13:38 0

Rusia

Ramzan Kadyrov Siap Dipecat Putin Jadi Presiden Chechnya

Pemimpin Republik Chechnya, Ramzan Kadyrov menyatakan siap untuk mengundurkan diri dan menyerahkan kepada Rusia untuk memilih penggantinya.

Senin, 27/11/2017 12:35 0

Arab Saudi

Bahas Terorisme, Koalisi Militer Islam Gelar Pertemuan di Riyadh

Pangeran mahkota Arab Saudi membuka pertemuan tingkat tinggi pertama dari aliansi negara-negara Muslim melawan terorisme pada Ahad (26/11/2017) di ibu kota Riyadh.

Senin, 27/11/2017 11:04 0

Yaman

Keamanan Taiz Bentrok dengan Milisi Bentukan UEA

Komite keamanan di provinsi Taiz, Yaman, pada Ahad (26/11), terus berkomunikasi membahas dampak bentrokan sengit antara pasukan tentara nasional pemerintah yang sah dan milisi brigade Abu Abbas, kelompok bersenjata yang didanai Uni Emirat Arab (UEA).

Senin, 27/11/2017 10:45 0

Palestina

Israel Gelar Latihan Militer di Dekat Jalur Gaza

Tentara penjajah Israel, Ahad (26/11), membuka latihan militer di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza. Latihan ini dijadwalkan berlangsung hingga Kamis mendatang.

Senin, 27/11/2017 09:17 0

Timur Tengah

Iran dan Turki Teken Kerja Sama Dagang dengan Qatar

Kesepakatan ini dalam rangka membantu Qatar menghadapi blokade negara-negara Teluk. Seluruh jalur dagang Qatar saat ini tertutup.

Senin, 27/11/2017 08:21 0

Close