... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

IUMS Masuk Daftar Teroris Arab Saudi, Begini Reaksi Ulama Dunia

Foto: Tokoh-tokoh IUMS

KIBLAT.NET, Riyadh- Arab Saudi baru-baru ini mengeluarkan klasifikasi kelompok dan individu yang termasuk teroris. Namun keputusan itu mendapatkan reaksi dan protes dari tokoh, institusi dan ulama-ulama di dunia. Pasalnya, Arab Saudi dan sekutunya telah mencantumkan Persatuan Ulama Dunia (IUMS) sebagai kelompok teroris. Lantas, beginilah reaksi tokoh dan ulama atas keputusan tersebut:

1. Syaikh Mohammed Al-Hasan Al-Diddo dari Mauritania

Mohammed Al-Hasan Al-Diddo dari Mauritania yang juga anggota Dewan Pembina Persatuan Ulama Dunia mengatakan bahwa IUMS tak terkejut dengan pernyataan Arab Saudi tersebut.

Ia melihat bahwa klasifikasi ini memang sengaja disepakati oleh negara-negara yang terlibat memboikot Qatar.

Ia juga mengatakan bahwa klisifikasi IUMS sebagai organisasi teroris tidak mempengaruhi pola kerja maupun kredibilitasnya. Sebaliknya, Mohammed Al-Hasan Al-Diddo menghimbau kepada Arab Saudi cs untuk meninjau kembali keputusannya dan membebaskan para dai, ulama, dan para pengkhotbah yang telah ditahan.

2. Syaikh Abdul Hakim Al-Saadi dari Irak

“Saya terkejut setelah beberapa pihak yang mencantumkan Persatuan Ulama Dunia ke dalam daftar teroris.”

Itulah yang diungkapkan Syaikh Abdul Hakim Al-Saadi. Ia menegaskan bahwa tuduhan atau klasifikasi sejumlah ulama dan organisasi persatuan sebagai teroris merupakan bentuk upaya mendistorsi karakteristik Islam.

Termasuk menyerahkan wewenang kepada ulama suu’ dan munafiq. Sehingga agama menjadi sesuai keinginan para penguasa, bukan sebagaimana yang diinginkan Rabb Semesta Alam.

“Mengklasifikasi ulama sebagai teroris hanya datang dari orang-orang yang membenci Islam,” begitulah tanggapan dari Irak yang juga merupakan anggota Dewan Pengawas IUSM.

Dia menekankan,”Kami mengingatkan mereka tentang hukuman dari Allah SWT. Ini salah, tidak adil dan penghinaan. Mereka tahu betul apa balasan yang Allah persiapkan atas tindakan itu. Jika bukan di dunia ini, hisab yang adil di kiamat kelak tak dapat dielakan lagi. Demi Allah.”

3. Dr Wasfi Ashour Abu Zaid

Ia adalah seorang profesor maqoshid syari’ah al-islamiyah dan juga anggota IUMS. Menurutnya, keputusan tersebut sangat keliru dan sembrono.

Dia menekan bahwa Persatuan Ulama Dunia yang dipimpin oleh Syaikh Yusuf Al-Qardhawi, Sekjenya Syaikh Ali Qara Daghi dan strukturnya yang diatur sedemikian rupa dengan keterlibatan umat, para ulama, para tokoh semisal Abdul Majeed Al-Najjar, Isaam Al-Basheer, Salman Al-Audah dan lain sebagainya. Mereka telah mewakili moderasi dan jalan tengah yang sesuai dengan aqidah dan syariah. Mereka juga berijtihad untuk kepentingan umat.

Oleh sebab itu, pernyataan yang mencantumkan IUMS sebagai kelompok teroris sangat sembrono, merusak reputasi IUMS, mecoreng citra para ulama dan rekan-rekanya di seluruh dunia.

Selain itu, Dewan Pembina dalam IUMS sendiri diisi oleh orang-orang yang memiliki kompetensi ilmiah yang dikumpulkan dari berbagai penjuru benua, Amerika, Eropa, Asia, Afrika dan Australia. Semuanya berkumpul dalam satu payung yang bernama IUMS.

Sumber: iumsonline
Redaktur: Syafi’i Iskandar

 

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Perlu Ada Pembinaan Politik Islam dalam Reuni 212

Direktur Pondok Pesantren Tinggi, Al Islam, Bekasi, Dr Zain An-Najah MA menilai bahwa reuni 212 bukan hanya ajang untuk kumpul.

Senin, 27/11/2017 17:35 0

Indonesia

ABI 212, Simbol Kerinduan Umat Islam dengan Kepemimpinan Ulama

KIBLAT.NET, Jakarta- Direktur Pondok Pesantren Tinggi, Al Islam, Bekasi, Dr Zain An-Najah MA mengatakan bahwa...

Senin, 27/11/2017 16:52 0

Indonesia

Dr. Ahmad Zain An-Najah: Aksi 212 Simbol Persatuan Umat Islam

Direktur Pondok Pesantren Tinggi Islam, Al Islam Bekasi, Dr. Zain An-Najah mengatakan, bahwa momen Aksi 212 sebagai simbol persatuan, terutama terkait bangkitnya kesadaran politik umat Islam

Senin, 27/11/2017 14:27 0

Video Kajian

Ustadz Muhajirin, Lc: Khilafah dalam Spirit Muslim dan Kebencian Musyrikin

Ustadz Muhajirin, Lc: Khilafah dalam Spirit Muslim dan Kebencian Musyrikin.

Ahad, 26/11/2017 17:01 0

Artikel

Korupsi, Kanker Dunia Modern

KIBLAT.NET – Menurut Asian Development Bank (ADB), korupsi melibatkan perilaku oleh sebagian pegawai sektor publik...

Ahad, 26/11/2017 07:03 0

Indonesia

Bersepeda Banyuwangi-Jakarta, Lukman Hampir Diserempat Mobil dan Terluka

Setelah melakukan perjalanan selama lima hari, terhitung sejak Senin hingga Jumat, Muhammad Lukman dan Muhammad Yasir Arafat akhirnya tiba di Jakarta.

Ahad, 26/11/2017 06:47 1

Indonesia

LPI Apresiasi Anggotanya yang Bersepeda Banyuwangi-Jakarta

Sekjen Laskar Pembela Islam (LPI), Supriyadi membenarkan bahwa dua pesepeda dari Banyuwangi ke Jakarta untuk mengikuti reuni 212 anggotannya. Maka, ia mengapresiasi kegigihan mereka berdua.

Ahad, 26/11/2017 06:22 0

Info Event

Ikuti Lomba Tulis Refleksi Setahun 212!

Kiblat.net membuka lomba penulisan artikel tentang refleksi setahun peringatan Aksi Bela Islam 212.

Sabtu, 25/11/2017 21:25 2

Analisis

Beginilah Korelasi antara Konflik Kekerasan dengan Korupsi

Korupsi menjadi pusat narasi dari Arab Spring, dan permintaan untuk mengatasi masalah tersebut menjadi salah satu pusat dari aspirasi para demonstran.

Sabtu, 25/11/2017 18:48 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Perang Khaibar, Sejarah Pengkhianatan Yahudi

Penyebab perang Khaibar adalah karena Yahudi Bani Nadhir—yang setelah terusir dari Madinah lalu menetap di Khaibar—menimbulkan permusuhan melawan umat Islam. Mereka berusaha memprovokasi bangsa Arab untuk melawan Rasulullah.

Sabtu, 25/11/2017 16:14 0