Pesawat Militer AS Jatuh di Laut Filipina

KIBLAT.NET, Pasifik – Pesawat pengangkut barang Angkatan Laut AS jatuh di kawasan Samudra Pasifik pada Rabu (22/11/2017).

Tiga dari sebelas orang awak pesawat masih belum ditemukan. Sementara delapan lainnya berhasil diselamatkan dan dalam kondisi baik.

“Upaya pencarian dan penyelamatan untuk tiga personil terus berlanjut dengan kapal dan pesawat Angkatan Laut AS dan Kapal Jaga Angkatan Laut Jepang (JMSDF) di tempat kejadian,” kata Armada Ketujuh AS mengatakan dalam sebuah rilis berita.

Angkatan Laut mengatakan dalam sebuah tweet bahwa delapan orang yang selamat dibawa ke kapal ASS Ronald Reagan. Pesawat pengangkut barang Greyhound C-2 jatuh saat dalam perjalanan ke kapal induk, sekitar 150 kilometer barat daya Okinotorishima, Jepang.

Angkatan Laut mengatakan bahwa kapal itu beroperasi di Laut Filipina, yang berada di sebelah timur Filipina, saat kecelakaan terjadi pada pukul 2:45 waktu Jepang. Nama-nama kru dan penumpang belum diumumkan karena masih menunggu klarifikasi dari keluarga.

Penyebab kecelakaan belum diketahui pasti. Angkatan Laut mengatakan sedang melakukan penyelidikan. Pesawat itu digunakan dalam misi latihan angkatan laut AS-Jepang yang terus berlanjut di perairan sekitar Okinawa mulai 16-26 November.

Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera mengatakan kepada wartawan bahwa Angkatan Laut AS telah memberitahukan kepadanya bahwa kecelakaan tersebut mungkin merupakan akibat dari masalah mesin.

Pesawat bertenaga propeller membawa personel, surat dan kargo lainnya dari pangkalan daratan ke kapal induk yang beroperasi di laut. Pesawat C-2 telah beroperasi lebih dari lima dekade dan akan digantikan oleh pesawat Osprey tilt-rotor jarak jauh.

Armada Ketujuh AS mengalami dua kecelakaan fatal di perairan Asia tahun ini. Kecelakaan menyebabkan 17 pelaut tewas dan membuat delapan perwira tinggi Angkatan Laut dimutasi, termasuk komandan Armada Ketujuh.

Kapal induk USS John S. McCain dan sebuah kapal tanker minyak bertabrakan di dekat Singapura pada bulan Agustus, menyebabkan 10 pelaut AS tewas. Tujuh pelaut meninggal pada bulan Juni saat kapal USS Fitzgerald dan sebuah kapal kontainer bertabrakan.

Sumber: Aawsat
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat