... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Divonis Seumur Hidup, Ratko Mladic Mengamuk di Ruang Sidang

Foto: Ratko Mladic si penjagal Muslim Bosnia

KIBLAT.NET, Amsterdam- Ratko Mladic, mantan komandan militer Serbia Bosnia divonis seumur hidup penjara. Vonis dijatuhkan setelah hakim menyatakan terdakwa bersalah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dan pembersihan etnis Muslim Bosnia.

Namun, menjelang dijatuhi vonis seumur hidup, Mladic tiba-tiba mengamuk dan berteriak marah. Pria 72 tahun itu segera digiring ke luar ruang sidang hanya beberapa menit sebelum hakim menyatakan putusannya.

“Ini semua kebohongan, kalian semua pembohong!” Kejadian ini berlangsung setelah Mladic kembali ke ruang sidang dari kamar mandi dan tes tekanan darah, kata pengacara pada Rabu (23/11/2017) di Belanda.

Dari 11 dakwaan, 10 diantaranya dinyatakan bahwa Mladic terbukti bersalah. Diantaranya ialah pembantaian terhadap 8.000 pria dewasa dan anak-anak Muslim di Srebrenica dan serangan selama 43 hari di ibu kota Bosnia, Sarajevo yang menewaskan lebih dari 10 ribu warga sipil.

Kejadian ini menjadi catatan kemanusiaan terburuk di Eropa pasca Perang Dunia II. Di mana para pria yang di Srebrenica sempat diasingkan sebelum akhir diarak menuju tempat penembakan.

“Kejahatan yang dilakukan termasuk yang paling keji bagi umat manusia, dan termasuk genosida dan pemusnahan sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata Hakim Utama Alphons Orie saat membacakan ringkasan putusannya.

“Banyak dari laki-laki dan anak-anak ini dihina, diancam, dipaksa menyanyikan lagu Serbia dan dipukuli sambil menunggu eksekusi.”

Mladic mengaku tidak bersalah atas semua dakwaan. Tim kuasa hukumnya menyatakan akan mengajukan banding atas putusan tersebut. Mladic merupakan yang paling kejam di antara 163 terdakwa ICTY bersama dengan Radovan Karadzic, mantan pemimpin nasionalis Serbian Bosnia dan otak politik di balik pembersihan etnis; serta pendukungnya, mantan Presiden Serbia Slobodan Milosevic.

BACA JUGA  Aksi Protes Merebak di Penjuru Dunia, Apa Saja Motifnya?

Sidang menyatakan Mladic berkontribusi signifikan pada genosida yang dilakukan di Srebrenica dengan tujuan menghancurkan populasi Muslim. Ia juga memimpin langsung pengeboman Sarajevo dan merupakan bagian dari kelompok kejahatan yang berniat membersihkan Bosnia dari Muslim dan Katolik Kroasia.

Sumber: Reuters
Redaktur: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Seruan Tutup Freeport Iringi Aksi Pembebasan Sandera Papua

"Mereka meminta bahwa Freeport segera harus ditutup, militer Indonesia harus ditarik keluar dari Papua dan diganti dengan pasukan keamanan PBB," kata Panglima TNI.

Kamis, 23/11/2017 19:39 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Akhir Para Penentang Kebenaran Islam

Khutbah Jumat: Akhir Para Penentang Kebenaran Islam Khutbah Pertama: الحمد لله الذي أصلحَ الضمائرَ، ونقّى...

Kamis, 23/11/2017 14:18 0

Indonesia

Kasus Viktor Laiskodat Dihentikan? Ini Jawaban Polri

Menurut Karo Penmas Div Humas Polri, Brigjen Pol Rikwanto kasus politikus Partai Nasdem itu hingga kini masih dalam tahap penyelidikan.

Kamis, 23/11/2017 11:32 0

Video News

PKS Desak MKD Segera Proses Kasus Viktor

Politikus PKS, Mardani Ali Sera menegaskan bahwa publik tidak boleh melepaskan kasus Viktor Laiskodat. Ia menegaskan, jika belum puas dengan penanganannya saat ini, publik bisa melapor lagi.

Kamis, 23/11/2017 10:52 0

Indonesia

Jual Aset Negara, IRESS Usulkan Jokowi Dimakzulkan

KIBLAT.NET, Jakarta- Direktur IRESS, Marwan Batubara mengungkapkan landasan presiden bila melakukan penjualan aset ke asing....

Rabu, 22/11/2017 21:39 0

Indonesia

Penjualan Aset Negara Dinilai Bermotif Rente dan Pencitraan

Penjualan aset negara dinilai dilatarbelakangi karena dua hal. Pertama, karena motif pemburuan rente. Kedua, karena politik pencitraan.

Rabu, 22/11/2017 21:16 0

Indonesia

Penghasilan Negara Jauh Lebih Kecil Bila Aset Jatuh ke Asing

Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara mengatakan bahwa sebenarnya Indonesia memiliki banyak cadangan Sumber Daya Alam (SDA).

Rabu, 22/11/2017 19:57 0

Indonesia

IRESS: Segelintir Orang Kuasai 45% Kekayaan Dunia

Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara menjelaskan perihal ketidakadilan global dalam sektor ekonomi.

Rabu, 22/11/2017 19:24 0

Indonesia

Reuni 212 di Monas, FPI: Habib Rezieq Akan Beri Tausiah

GNPF Ulama bersama dengan Presidium Alumni 212 berencana menggelar aksi reuni 212. Acara ini akan diadakan di lapangan Monumen Nasional, Sabtu 2 Desember mendatang.

Rabu, 22/11/2017 18:52 0

Indonesia

Beredar Isu Bendungan Katulampa Jebol, BPBD DKI: Itu Hoax

Curah Hujan yang akhir-akhir mengguyur wilayah Jakarta dan wilayah Bogor memang sempat membuat debit air di Bendung Katulampa meningkat.

Rabu, 22/11/2017 18:05 0

Close