... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pernah Mendaki Gunung Uhud? Ini 5 Fakta Tentangnya

KIBLAT.NET, Madinah – Gunung Uhud adalah salah satu gunung paling terkenal di Jazirah Arab dan di antara situs geografis dan historis terbesar dari kota Madinah Al-Munawwaroh. Berikut 5 fakta Gunung Uhud yang mungkin belum Anda ketahui seperti dilansir situs Al-Arabiya:

  • Menjadi Destinasi Wisata Religi

Gunung ini menjadi salah satu yang kerap dikunjungi oleh penduduk Madinah untuk mengenang sejarah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alihi wa sallam.

Gunung ini memiliki banyak ciri khas, yang paling menonjol adalah batuan vulkanik. Pemandangannya yang unik terdiri dari lembah, karang dan monumen bersejarah di atasnya, seperti benteng-benteng dan ukiran batu yang indah selama berabad-abad lalu. Hal itulah yang membuatnya menjadi tempat favorit bagi pelancong.

  • Pernah Ditegur Rasulullah Shallallahu ‘alihi wa sallam

Dr. Taneeb al-Faidi, peneliti sejarah dan landmark di Madinah menekankan pentingnya sejarah gunung tersebut, seperti namanya dalam beberapa hadis. Nabi Shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda ketika menaiki Gunung Uhud bersama sahabat Abu Bakar, Umar, dan Utsman.

Gunung tersebut bergetar keras, dan saat itu Rasulullah menghentakkan kakinya sambil berkata, “Tenang dan diamlah, wahai Uhud. Sungguh di atasmu ada seorang nabi dan shiddiq serta dua orang yang matinya syahid.” (HR. Bukhari, Abu Dawud dan Tirmidzi)

Al-Faidi menambahkan bahwa penamaan Gunung Uhud (yang berarti ‘satu’ dalam bahasa Arab) itu unik. Bagian selatannya sebagai saksi ketabahan, kepahlawanan dan pengorbanan para sahabat Nabi; Datarannya yang diberkati juga menyaksikan pergolakan dan luka yang mereka alami dalam salah satu pertempuran, yang dikenal sebagai Pertempuran Uhud.

  • Kota Madinah Terlihat Jelas dari Atasnya

Peneliti menunjukkan bahwa masih ada beberapa bangunan tua di dekat puncak Gunung Uhud. Ketika berdiri di puncak gunung, Anda dapat dengan jelas melihat semua sisi kota Madinah, sebuah sensasi yang berharga. Gunung tersebut memiliki cekungan alami yang disebut Maharis, air hujan tertampung di dalamnya sepanjang tahun. Beberapa pohon dan tanaman unik tumbuh di perbukitan, seperti (Luz Al Nabi), tanaman kecil dengan daun lebar.

Ada juga tanaman asam, yang berdaun merah muda dengan rasa asam pada daunnya. Gunung ini juga tempat berkembang tanaman seperti pohon anggur Matrimony, Acacia tortilis, Acacia ehrenbergiana, Ziziphus spina-christi, disamping colocynth dan Echinops spinosissimus.

  • Lokasi dan Ketinggian

Menurut juru bicara resmi Otoritas Geologi Arab Saudi, Tariq Aba el-Khail, Gunung Uhud adalah salah satu landmark Islam yang paling penting di Madinah, terletak sekitar 4 km dari Masjid Nabawi, dengan ketinggian maksimum sekitar 1.077 meter dari permukaan laut.

  • Struktur Gunung Uhud

Batuan yang membentuk pegunungan berasal dari zaman pra-Kambrium (800-690 juta tahun yang lalu). Direktur Departemen Survei Geologi Otoritas Geologi Arab Saudi, Dr. Wadi’e Qashqari menunjukkan bahwa bebatuan yang ditemukan di gunung Uhud hampir tidak berubah bentuk dan memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Mayoritas struktur Gunung Uhud terdiri dari Rhyolit merah muda dan Dacite abu-abu, serta batu-batuan vulkanik yang mengeras dari Brescia dan abu vulkanik yang mengeras.

Qashqari mencatat bahwa sisi timur laut gunung terdiri dari bebatuan Andesit hijau gelap, batuan Rhyolit dan fragmen batuan vulkanik yang mengeras. Batuan Rhyolit mengalami beberapa perubahan warna menjadi putih dengan lampu hijau. Medan yang tidak sempurna dan kurang kohesif terbentuk karena efek larutan air panas. Transformasi termal batuan bawah tanah yang terdiri dari Granit dan Granodrite muncul di bagian utara gunung.

Foto-foto Gunung Uhud:

Sumber: Al-Arabiya
Redaktur: Ibas Fuadi

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Masa Depan Media Massa Islam

Media massa Islam di tanah air baik yang masih maupun tidak terbit lagi merupakan warisan tidak ternilai harganya. Media massa yang berideologi Islam telah memberikan warisan peradaban sangat penting.

Rabu, 22/11/2017 13:23 0

Indonesia

Polda Metro Masih Tunggu Hasil Penelitian Jaksa soal Berkas Jonru

Polda Metro Jaya telah menyerahkan berkas perkara Jonru Ginting tahap pertama kepada Jaksa Penuntut Umum. Saat ini, pihak JPU masih melakukan penelitian terhadap berkas tersebut.

Rabu, 22/11/2017 12:48 0

Indonesia

Catatan Pengacara dalam Sidang Praperadilan Jonru

Pengacara Jonru, Sulistiyowati mengaku kecewa dengan keputusan hakim yang menolak pengajuan praperadilan Jonru Ginting. Menurutnya, hakim mengabaikan fakta-fakta yang ada.

Rabu, 22/11/2017 11:33 0

Indonesia

Pengacara Siap Buktikan Jonru Tak Bersalah di Persidangan

Pengacara Jonru, Djuju Purwantoro, mengaku kecewa dengan putusan hakim. Sebab dia menilai proses pemeriksaan terhadap Jonru dan penetapan status tersangka terhadap kliennya tidak mempertimbangkan aspek Hak Asasi Manusia (HAM).

Rabu, 22/11/2017 10:15 0

Indonesia

Dampak Korupsi e-KTP Rusak Negara

Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai kerusakan yang diakibatkan korupsi Kartu Tanda Penduduk berbasis Elektronik bukan hanya berdampak lokal, tapi langsung kepada negara.

Rabu, 22/11/2017 08:04 0

Indonesia

ICW: Gegara Korupsi, Citra Indonesia Rusak di Mata Dunia

Aktivis Indonesia Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz mengungkapkan, dengan adanya kasus korupsi yang kembali melibatkan petinggi negara citra Indonesia di mata dunia bisa rusak.

Rabu, 22/11/2017 07:39 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Ketika Umat Meninggalkan Jihad

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Ketika Umat Meninggalkan Jihad. Tubuh kita membutuhkan makanan bergizi untuk...

Rabu, 22/11/2017 05:30 0

Rohah

Manusia Terbang Pertama itu Bernama Abbas Ibnu Firnas

Wright bersaudara mungkin yang paling terkenal di antara mereka. Pada tahun 1903 mereka dikenal sebagai penemu penerbangan pertama. Namun, berabad-abad lalu sebelum penemuan Wright bersaudara, seorang Muslim, Abu al-Qasim Abbas ibn Firnas ibn Wirdas al-Takurini, atau yang lebih dikenal dengan Abbas Ibnu Firnas telah melakukan usaha yang berhasil membuat manusia terbang.

Selasa, 21/11/2017 17:07 0

Indonesia

Imparsial: UU Ormas Harus Segera Direvisi

Direktur lembaga swadaya masyarakat (LSM) Imparsial, Al Araf menilai bahwa undang-undang tentang organisasi kemasyarakatan membahayakan demokrasi.

Selasa, 21/11/2017 13:19 0

Indonesia

Impian Wagub Sandi, Jadikan Tanah Abang Pusat Dagang di Asia Tenggara

Dia mengatakan, ada kemiripan antara kawasan tanah abang dan Grand Bazaar di Istanbul, Turki. Hal ini diungkapkannya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/11/2017).

Selasa, 21/11/2017 11:18 0