... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Penghasilan Negara Jauh Lebih Kecil Bila Aset Jatuh ke Asing

Foto: Tambang Grasberg milik Freeport di Papua, Agustus 2013.

KIBLAT.NET, Jakarta- Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara mengatakan bahwa sebenarnya Indonesia memiliki banyak cadangan Sumber Daya Alam (SDA). Maka, jika ingin kesejahteraan rakyat maju, maka aset tersebut sebaiknya dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Kita punya banyak aset ada cadangan migas, mineral dan batubara. Kalau kita ingin BUMN maju dan berkembang diserahkan ke aset itu BUMN,” ujarnya dalam diskusi ‘Musim Obral Aset Negara’ di Jakarta pada Rabu (22/11/2017).

Ia juga membandingkan penghasilan bagi negara dari BUMN dan swasta. Menurutnya, dari sisi pajak sama. Malah, kata dia, asing cenderung melakukan penggelapan pajak.

Yang paling penting, lanjutnya, adalah dividen (pembagian laba.red). Kalau dividen dari BUMN maka seratus persen dividen masuk APBN. Ia menjelaskan, kalau asing dibawah seratus persen

“Kalau aset dikelola asing, pasti penerimaan negara lebih kecil. Kalau mau optimal harus dikelola oleh negara,” tegasnya.

Marwan juga menjelaskan soal freeport. Dulu, ketika Freeport melakukan pengembangan tambang di Timika tahun 90 an mereka melakukan IPO, menjual saham di Amerika. Freeport menjual saham 30 persen itu di publik dan mendapat tiga milyar dolar, karena besarnya cadangan emas dan tembaga di Timika.

“Kenapa cuma dia sendiri yang menikmati aset negara? Kenapa tidak waktu itu ada BUMN yang bekerja dengan freeport. Maka aset kita yang besar dinikmati oleh asing mungkin kita dapat 9,3 atau 6 persen,” tandasnya.

BACA JUGA  Karantina Wilayah: Perlu tapi Pemerintah Belum Siap

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Jenderal AS Sesumbar Akan Kalahkan Taliban dalam Dua Tahun

Petinggi militer AS di Afghanistan mengatakan pada hari Senin (20/11/2017) bahwa ia meyakini akan bisa membantu pasukan Afghan menekan Taliban dan kembali menguasai minimal 80 persen wilayah dalam waktu dua tahun.

Rabu, 22/11/2017 16:49 0

Turki

Masjid di Turki Punya Program “Shalat Lima Waktu, Olahraga Sekali Waktu”

Program olahraga ini ditawarkan untuk para orang tua atau lansia usai mereka beribadah shalat. Sebagai bagian dari program tersebut, para mahasiswa mengunjungi masjid terdekat setelah shalat dan membimbing para orang tua melakukan olahraga ringan sehari sekali.

Rabu, 22/11/2017 15:22 0

Profil

Abul Walid Al-Ghomidi, Mujahid Penerus Perjuangan Jenderal Khatthab

Terdengar suara letupan senjata, "Duaar" menggelegar di sebuah hutan dekat desa Tsa-Vedeno . Tembakan itu tepat mengenai dada seorang komandan mujahid dari jarak dekat. Darah membuncah dan mengalir di sekujur tubuhnya. Ia pun limbung dan jatuh tersungkur karena jiwanya telah menghadap Rabbnya dan berpisah dari raganya.

Rabu, 22/11/2017 14:44 0

Arab Saudi

Pernah Mendaki Gunung Uhud? Ini 5 Fakta Tentangnya

Gunung Uhud adalah salah satu gunung paling terkenal di Jazirah Arab dan di antara situs geografis dan historis terbesar dari kota Madinah Al-Munawwaroh. Berikut 5 fakta Gunung Uhud yang mungkin belum Anda ketahui: 

Rabu, 22/11/2017 14:08 0

Opini

Masa Depan Media Massa Islam

Media massa Islam di tanah air baik yang masih maupun tidak terbit lagi merupakan warisan tidak ternilai harganya. Media massa yang berideologi Islam telah memberikan warisan peradaban sangat penting.

Rabu, 22/11/2017 13:23 0

Arab Saudi

Banjir Landa Jeddah, Sekolah-sekolah Ditutup

Banjir bandang yang dipicu oleh hujan deras menyapu Jeddah pada Selasa (21/11/2017). Pengendara motor dan mobil terlihat menepi karena genangan air menutup jalan.

Rabu, 22/11/2017 12:12 0

Asia

Wabah Diare Incar Puluhan Ribu Pengungsi Rohingya

ersatuan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan bahwa air dari sumur di kamp pengungsian Rohingya di Bangladesh terkontaminasi.

Rabu, 22/11/2017 11:00 0

Rusia

Bahas Suriah, Jenderal Turki, Iran dan Rusia Bertemu di Sochi

Kepala Angkatan Darat Turki, Iran dan Rusia bertemu di kota Sochi pada Selasa (21/11/2017).

Rabu, 22/11/2017 10:33 0

Lebanon

18 Hari sejak Pengunduran Diri, Hariri Pulang ke Lebanon

aad al-Hariri kembali ke Beirut pada hari Selasa (21/11/2017) untuk pertama kalinya sejak pengunduran dirinya sebagai perdana menteri Lebanon. Hariri mengundurkan diri melalui sebuah siaran di Arab Saudi.

Rabu, 22/11/2017 09:56 0

Irak

Iraq Akan Umumkan Kemenangan Setelah ISIS Habis di Gurun

Perdana Menteri Iraq Haidar Al-Abadi, Selasa (21/11), mengungkapkan bahwa pemerintahannya tidak akan mengumumkan kemenangan terakhir dalam perang menghadapi Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) sampai mengalahkan sisa-sisa mereka di padang pasir. Meskipun saat ini ISIS telah kalah secara militer.

Rabu, 22/11/2017 09:15 0

Close