... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Iraq Akan Umumkan Kemenangan Setelah ISIS Habis di Gurun

Foto: PM Iraq, Haidar Abadi

KIBLAT.NET, Baghdad – Perdana Menteri Iraq Haidar Al-Abadi, Selasa (21/11), mengungkapkan bahwa pemerintahannya tidak akan mengumumkan kemenangan terakhir dalam perang menghadapi Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) sampai mengalahkan sisa-sisa mereka di padang pasir. Meskipun saat ini ISIS telah kalah secara militer.

“Insyallah kita akan mengumumkan kekalahan ISIS di Iraq dalam waktu dekat setelah menyempurnakan operasi pembersihan,” ujarnya.

Pernyataan PM Iraq ini keluar setelah Presiden Iran Hassan Rowhani mengumumkan akhir dari ISIS di Iraq. Di saat yang sama, komandan militer senior Iran juga mengucapkan terima kasih atas “ribuan martir” yang tewas dalam operasi yang diselenggarakan oleh Iran menghadapi ISIS di Iraq dan Suriah.

Dalam konteks ini, Abadi mengatakan bahwa perbedaan politik dapat membuka jalan bagi kelompok tersebut kembali untuk melancarkan serangan. Ia merujuk pada konflik antara pemerintah pusat di Baghdad dan Pemerintah Daerah Kurdistan di utara mengenai deklarasi kemerdekaan setelah sebuah referendum pada 25 September.

“Ketidaksepakatan politik akan mendorong operasi teroris. Saya memanggil saudara-saudara Kurdi untuk tidak menggunakan pertempuran dan non-mobilisasi kekuatan dan mengundang mereka untuk bekerja sama sepenuhnya untuk memperluas otoritas federal di semua wilayah di kawasan ini, termasuk perbatasan internasional,” ujarnya.

Beberapa jam sebelum pernyataan Abadi, setidaknya 23 orang tewas dan 60 terluka saat seorang pembom bunuh diri meledakkan sebuah truk di dekat pasar ramai di kota Tuzkhurmatu, sebelah selatan kota minyak Kirkuk.

Wilayah ISIS di Iraq saat ini telah habis setelah militer berhasil merebut kota Rawa. Namun mereka masih mengontrol daerah-daerah gurun yang jauh dari keramaian. Selain itu, ISIS juga masih memiliki sel-sel tidur. Kemungkinan ISIS akan menerapkan perang gerilya untuk melanjutkan pertempuran.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dampak Korupsi e-KTP Rusak Negara

Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai kerusakan yang diakibatkan korupsi Kartu Tanda Penduduk berbasis Elektronik bukan hanya berdampak lokal, tapi langsung kepada negara.

Rabu, 22/11/2017 08:04 0

Indonesia

ICW: Gegara Korupsi, Citra Indonesia Rusak di Mata Dunia

Aktivis Indonesia Indonesia Corruption Watch (ICW), Donal Fariz mengungkapkan, dengan adanya kasus korupsi yang kembali melibatkan petinggi negara citra Indonesia di mata dunia bisa rusak.

Rabu, 22/11/2017 07:39 0

Video Kajian

Ust. Abu Rusydan: Ketika Umat Meninggalkan Jihad

KIBLAT.NET – Ust. Abu Rusydan: Ketika Umat Meninggalkan Jihad. Tubuh kita membutuhkan makanan bergizi untuk...

Rabu, 22/11/2017 05:30 0

Rohah

Manusia Terbang Pertama itu Bernama Abbas Ibnu Firnas

Wright bersaudara mungkin yang paling terkenal di antara mereka. Pada tahun 1903 mereka dikenal sebagai penemu penerbangan pertama. Namun, berabad-abad lalu sebelum penemuan Wright bersaudara, seorang Muslim, Abu al-Qasim Abbas ibn Firnas ibn Wirdas al-Takurini, atau yang lebih dikenal dengan Abbas Ibnu Firnas telah melakukan usaha yang berhasil membuat manusia terbang.

Selasa, 21/11/2017 17:07 0

Indonesia

Imparsial: UU Ormas Harus Segera Direvisi

Direktur lembaga swadaya masyarakat (LSM) Imparsial, Al Araf menilai bahwa undang-undang tentang organisasi kemasyarakatan membahayakan demokrasi.

Selasa, 21/11/2017 13:19 0

Indonesia

Impian Wagub Sandi, Jadikan Tanah Abang Pusat Dagang di Asia Tenggara

Dia mengatakan, ada kemiripan antara kawasan tanah abang dan Grand Bazaar di Istanbul, Turki. Hal ini diungkapkannya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/11/2017).

Selasa, 21/11/2017 11:18 0

Indonesia

Anda Terlalu Sibuk dengan Kasus Setnov, Sampai Tak Sadar BBM Naik Lagi

Kehebohan penangkapan ketua DPR RI sebagai tersangka kasus korupsi KTP elektronik seakan 'membius' publik.

Senin, 20/11/2017 19:36 0

Indonesia

PPP Inginkan Pembubaran Ormas Harus Melalui Pengadilan

Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani menyayangkan tindakan pemerintah yang dinilainya sangat represif terkait pembubaran organisasi kemasyarakatan (ormas).

Senin, 20/11/2017 18:57 0

Indonesia

Penghayat Kepercayaan Masuk KTP, MIUMI: Berpotensi Suburkan Aliran Sesat

Wakil Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Pusat, Muhammad Zaitun Rasmin mengkhawatirkan pencantuman aliran kepercayaan di kolom agama KTP/ KK.

Senin, 20/11/2017 11:36 1

Indonesia

Bachtiar Nasir: Saya Yakin Kebangkitan Islam Akan Muncul di Indonesia

Ustadz Bachtiar Nasir, selaku Sekretaris Jenderal MIUMI mengatakan acara tersebut dalam rangka membangun Indonesia lebih baik dengan ilmu para ulama serta adab-adab yang baik dari segenap ulama.

Senin, 20/11/2017 09:34 0

Close