Beredar Isu Bendungan Katulampa Jebol, BPBD DKI: Itu Hoax

KIBLAT.NET, Jakarta- Curah Hujan yang akhir-akhir mengguyur wilayah Jakarta dan wilayah Bogor memang sempat membuat debit air di Bendung Katulampa meningkat. Air kiriman dari hulu sempat menggenangi wilayah yang berada di bantaran sungai Ciliwung.

Namun, banyak foto dan video yang beredar di media sosial dan menyebutkan bahwa hari Selasa, (21/11/2017) Bendung Katulampa jebol dan airnya akan menggenangi wilayah Jakarta.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta memastikan bahwa berita tersebut adalah hoax,” ungkap BPBP dalam laman resminya pada Selasa (21/11/2017).

Berdasarkan hasil pantauan Tim Pusat Data & Informasi BPBD Provinsi DKI Jakarta, Tinggi Muka Air tampak normal dan tidak mengalami kenaikan. Sementara itu, BPBD menambahkan bahwa curah hujan di wilayah Bogor dan Jakarta masih 0 mm, itu artinya belum ada hujan diwilayah hulu dan di wilayah hilir.

“BPBD Provinsi DKI Jakarta menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya hoax dan sama sama memahami nama serta fungsi Bendung Katulampa,” sambungnya.

BPBD menjelaskan bahwa masih banyak orang yang salah memahami perbedaaan antaraBendung Katulampa dengan Bendungan Katulampa. Fungsi Bendung dan Bendungan jelaslah berbeda. Bendung sendiri merupakan air yang ditampung untuk dibagikan, sedangkan bendungan merupakan air yang ditampung dan dipertahankan baik saat musim hujan maupun kemarau.

Bendung Katulampa ini berfungsi untuk irigasi pertanian diwilayah Bogor dan alat pengukur ketinggian air sungai Ciliwung. Selain sebagai irigasi pertanian, Bendung Katulampa juga berfungsi sebagai peringatan dini mengenai ketinggian air Sungai Ciliwung.

BACA JUGA  Mahfud MD Minta HRS Kooperatif Soal Penelusuran Kontak

BPBD DKI Jakarta juga mengingatkan bahwa Bendung Katulampa bukan merupakan pintu air, melainkan alat pengukur ketinggian air.

 

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Jon Muhammad

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat