... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Para Petinggi Negosiator Oposisi Suriah Mundur, Ada Apa?

Foto: Riyad Hijab, ketua Komisi Tinggi untuk Negoisasi Oposisi Suriah

KIBLAT.NET, Riyadh – Koordinator Komisi Tinggi untuk Negosiasi Oposisi Suriah, Riyad Hijab dan sepuluh anggota Komisi lainnya mengumumkan mengundurkan diri pada Senin (20/11). Pengunduran diri anggota perwakilan komisi yang bertugas mewakili oposisi Suriah dalam negosiasi internasional terjadi dua hari sebelum konferensi Riyadh II yang dibuka pada Rabu besok.

Menurut sumber kantor berita Al-Jazeera, Hijab mengundurkan diri dengan sepuluh anggota Komisi Tinggi untuk Negosiasi, termasuk juru bicara Komisi, Riyad Na’san Agha.

Hijab mengatakan dalam pernyataannya bahwa ada hal yang memaksa dirinya harus mundur setelah dua tahun bekerja mempertahankan tujuan dasar revolusi Suriah.

Ia menambahkan bahwa dia berkomitmen terhadap prinsip-prinsip revolusi dan sedang berusaha membangun sistem pemerintahan tanpa melibatkan Bashar al-Assad dan rezimnya.

Dia juga mengatakan bahwa, terlepas dari perbedaan sikap dan banyaknya pendapat, dia berusaha menjauhkan diri dari keberpihakan untuk asing demi mempertahankan independensi dan kedaulatan keputusan nasional.

Tokoh oposisi politik Suriah ini menjelaskan bahwa dia dipersenjatai dengan prinsip-prinsip revolusi di tengah tekanan yang kuat dari pihak luar. Negara-negara yang berkepintingan berupaya membagi-bagi Suriah berdasar pengaruh mereka.

Sementara itu, dia tidak mengungkapkan alasan pengunduran diri. Namun pernyataannya mengisyaratkan putusannya itu akibat tekanan dari negara pendukung oposisi.

Seperti diketahui, negara pendukung oposisi dan rezim beberapa waktu terakhir kembali mencapai kesepakatan soal Suriah. Namun kesepakatan itu tidak menyinggung hengkangnya rezim Assad beserta pilar-pilarnya, hal yang menjadi tuntutan utama bagi oposisi.

BACA JUGA  Saudi: Jumatan Akan Kembali Digelar, Umrah dan Haji Tunggu Kabar

Pengunduran diri tersebut terjadi dua hari sebelum konferensi oposisi Suriah yang kedua di Riyadh. Konferensi ini sendiri untuk membentuk sebuah delegasi yang menyatukan seluruh kelompok oposisi, terutama oposisi politik, dalam berpartisipasi putaran kedelapan perundingan Jenewa pada 28 November.

Hijab dipilih sebagai koordinator pada tahun 2015. Saat itu, ia pernah mengancam akan menarik diri komisi jika ada tuntutan oposisi dirubah.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Imparsial: UU Ormas Harus Segera Direvisi

Direktur lembaga swadaya masyarakat (LSM) Imparsial, Al Araf menilai bahwa undang-undang tentang organisasi kemasyarakatan membahayakan demokrasi.

Selasa, 21/11/2017 13:19 0

Indonesia

Impian Wagub Sandi, Jadikan Tanah Abang Pusat Dagang di Asia Tenggara

Dia mengatakan, ada kemiripan antara kawasan tanah abang dan Grand Bazaar di Istanbul, Turki. Hal ini diungkapkannya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/11/2017).

Selasa, 21/11/2017 11:18 0

Indonesia

Anda Terlalu Sibuk dengan Kasus Setnov, Sampai Tak Sadar BBM Naik Lagi

Kehebohan penangkapan ketua DPR RI sebagai tersangka kasus korupsi KTP elektronik seakan 'membius' publik.

Senin, 20/11/2017 19:36 0

Indonesia

PPP Inginkan Pembubaran Ormas Harus Melalui Pengadilan

Anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani menyayangkan tindakan pemerintah yang dinilainya sangat represif terkait pembubaran organisasi kemasyarakatan (ormas).

Senin, 20/11/2017 18:57 0

Indonesia

Penghayat Kepercayaan Masuk KTP, MIUMI: Berpotensi Suburkan Aliran Sesat

Wakil Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Pusat, Muhammad Zaitun Rasmin mengkhawatirkan pencantuman aliran kepercayaan di kolom agama KTP/ KK.

Senin, 20/11/2017 11:36 1

Indonesia

Bachtiar Nasir: Saya Yakin Kebangkitan Islam Akan Muncul di Indonesia

Ustadz Bachtiar Nasir, selaku Sekretaris Jenderal MIUMI mengatakan acara tersebut dalam rangka membangun Indonesia lebih baik dengan ilmu para ulama serta adab-adab yang baik dari segenap ulama.

Senin, 20/11/2017 09:34 0

Indonesia

Tingkatkan Kompetensi Da’i, MADINA Gelar Daurah Bersama Ulama Yaman

Hadir sebagai pembicara adalah Syaikh Mohammad Su’ud Al Jadhi Al Muhri. Seorang Ulama muda yang lahir di Muhroh, Yaman pada tahun 1978 M. 

Ahad, 19/11/2017 23:01 0

Indonesia

Setnov Kecelakaan, Nissan Pamer Teknologi Menghindari Tiang Listrik

Kecelakaan yang menimpa Setya Novanto justru dimanfaatkan oleh produsen mobil Nissan untuk memperkenalkan kecanggihan teknologinya di Twitter.

Ahad, 19/11/2017 21:21 0

Indonesia

Karena Tingkah ‘Papa’ Setnov, 5 Tagar Kocak Ini Merajai Twitter

Sejak ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi proyek e-KTP oleh KPK, Setya Novanto terus menerus menjadi bahan pembicaran netizen.

Ahad, 19/11/2017 20:47 0

Indonesia

Dijuluki ‘Game Setnov’, Yuk Uji Ketangkasan Tabrak Tiang Listrik

Pasca kecelakaan Setya Novanto, game tiang listri banyak dimainkan oleh netizen

Ahad, 19/11/2017 17:09 0

Close