Oposisi Suriah Desak Liga Arab Bersatu Lawan Iran

KIBLAT.NET, Damaskus – Koalisi Nasional Suriah dikabarkan telah mendesak Liga Arab untuk melawan campur tangan pihak Teheran di Timur Tengah.

Jubir Koalisi Nasional Suriah, Ahmed Ramazan menyatakan bahwa pihaknya mendorong koalisi Arab untuk memerangi “rencana dan teror dari Iran”.

“Kita harus mencegah pemerintah Syiah Iran mengeksploitasi perbedaan diantara orang Arab,” katanya pada Senin (20/11/2017).

Ramazan mengungkapkan bahwa memadamkan pemberitahuan tidak akan cukup, namun harus dengan “tindakan melalui Dewan Keamanan PBB”.

“Sejak awal krisis di Suriah, pihak oposisi telah meminta Liga Arab untuk mengambil tindakan terhadap intervensi Teheran karena telah menciptakan sebuah konflik sektarian di wilayah Timur Tengah,” paparnya.

Selanjutnya, dia melemparkan tuduhan bahwa pemerintah Teheran tengah mencoba untuk mengubah susunan demografi Suriah.

Pada hari Ahad sebelumnya, menlu Liga Arab mengadakan pertemuan luar biasa di Kairo untuk membahas “intervensi Iran di wilayah Timur Tengah” atas permintaan Arab Saudi.

Di kantor pusat Liga Arab di ibukota Mesir, para menteri mengatakan pemerintah Iran memasok rudal kepada milisi Syiah Hutsi di Yaman.

Dalam pidato pembukaannya, Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul-Gheit mengatakan bahwa pemerintah Iran telah memasok persenjataan ke milisi Syiah Hutsi sejak awal konflik di Yaman.

“Sejak awal konflik di Yaman mereka telah menggunakan 332 rudal balistik yang berasal dari satu sumber tunggal, Iran. Iran mendukung banyak milisi Syiah lain di negara-negara Arab,” ungkapnya.

“Sebuah rudal buatan Iran, yang baru-baru ini menargetkan ibu kota Arab Saudi Riyadh merupakan sinyal yang jelas akan permusuhan Iran,” pungkasnya.

Sumber: Anadolu
Reporter: Dio Alifullah

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat