... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Manusia Terbang Pertama itu Bernama Abbas Ibnu Firnas

Foto: Ilustrasi Abbas Ibnu Firnas.

KIBLAT.NET – Gagasan tentang terbang dan ilmu terbang memiliki sejarah yang sangat panjang. Sepanjang sejarah, banyak penemu telah melakukan beberapa upaya untuk membangun mesin terbang untuk manusia.

Wright bersaudara mungkin yang paling terkenal di antara mereka. Pada tahun 1903 mereka dikenal sebagai penemu penerbangan pertama. Namun, berabad-abad lalu sebelum penemuan Wright bersaudara, seorang Muslim, Abu al-Qasim Abbas ibn Firnas ibn Wirdas al-Takurini, atau yang lebih dikenal dengan Abbas Ibnu Firnas telah melakukan usaha yang berhasil membuat manusia terbang.

Siapakah Ibnu Firnas?

Abbas Ibnu Firnas seorang polymath, sosok yang ahli dalam berbagai bidang ilmu. Ia adalah seorang dokter, insinyur, penyair Arab, pemusik Andalusia dan penemu, dia lahir pada tahun 810 Masehi dan tinggal di Emirat Cordoba (sekarang Spanyol).

Ibnu Firnas adalah salah satu sosok yang pertama kali sukses melakukan penerbangan. Dengan mesin terbangnya dia melompat dari tebing dan bertahan di ketinggian selama 10 menit. Sayangnya, ia tidak bisa mendarat dengan mulus sehingga punggungnya terluka. Kesalahan ini membuatnya sadar betapa pentingnya ekor burung dalam sistem pendaratan.

Abbas Ibnu Firnas juga dikenal karena jam airnya yang disebut Al-Maqata untuk mencatat waktu. Selain itu, banyak penemuan lainnya seperti eksperimen dengan kristal dan pasir untuk membuat kaca transparan berkualitas tinggi dan membuat lensa untuk membantu penglihatan.

Karena ia belajar astronomi, Ibnu Firnas membuat planetarium mekanis dengan planet bergulir dan petir yang dihasilkan oleh mekanisme tersembunyi di dalam ruangan. Selain itu, ia menulis banyak buku tentang sains dan diangkat sebagai guru pertama di sekolah musik Cordoban Ziryab.

Pengabdiannya pada sains dan prestasinya menjadikan Ibnu Firnas tokoh sejarah penting untuk diingat. Untuk menghormati prestasinya, bandara di utara Baghdad dinamai dengan namanya, juga sebuah jembatan di Cordoba dan sebuah kawah di bulan.

Sumber: Mvslim
Redaktur: Ibas Fuadi

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Protes Syarat Arab Saudi, Hamas: Qatar Banyak Membantu Rakyat Palestina

Harakah Muqowamah Al Islamiyah (Hamas) menentang permintaan Saudi kepada Qatar untuk memutus hubungan dengan faksi yang berpusat di Gaza itu.

Selasa, 21/11/2017 16:37 0

News

Halangi Penangkapan Setya Novanto, Pengacara Hingga Jurnalis TV Dilaporkan

ICW melaporkan sejumlah pihak termasuk pengacara SN dengan dugaan obstruction of justice atau penghalangan terhadap keadilan

Selasa, 21/11/2017 15:51 0

Rusia

Ketika Assad Kunjungi Putin Kedua Kalinya, Apa yang Disampaikan?

Presiden Rusia Vladimir Putin dan diktator Suriah Bashar Assad bertemu di Sochi, Rusia pada Senin (20/11/2017). Ini adalah pertama kalinya kedua pemimpin bertemu sejak Oktober 2015, sebulan setelah Moskow datang untuk membantu Damaskus melawan oposisi Suriah.

Selasa, 21/11/2017 15:17 0

Arab Saudi

Para Petinggi Negosiator Oposisi Suriah Mundur, Ada Apa?

Koordinator Komisi Tinggi untuk Negosiasi Oposisi Suriah, Riyad Hijab dan sepuluh anggota Komisi lainnya mengumumkan mengundurkan diri pada Senin (20/11). Pengunduran diri anggota perwakilan komisi yang bertugas mewakili oposisi Suriah dalam negosiasi internasional terjadi dua hari sebelum konferensi Riyadh II yang dibuka pada Rabu besok.

Selasa, 21/11/2017 14:34 0

Indonesia

Imparsial: UU Ormas Harus Segera Direvisi

Direktur lembaga swadaya masyarakat (LSM) Imparsial, Al Araf menilai bahwa undang-undang tentang organisasi kemasyarakatan membahayakan demokrasi.

Selasa, 21/11/2017 13:19 0

News

ICW Minta Setnov Dikenai Pasal TPPU

Karena patut diduga uang dari e-KTP masuk ke kekayaan Setya Novanto yang sudah dibelikan barang-barang hasil dari uang e-KTP

Selasa, 21/11/2017 12:58 0

Timur Tengah

Menlu Bahrain: Lebanon Berada dalam Kendali Syiah Hizbullah

Menteri Luar Negeri Bahrain mengatakan pada bahwa Lebanon berada di bawah "kontrol total" gerakan Syiah Hizbullah yang didukung Iran. Hal itu dikemukakannya dalam sebuah pidato di sebuah pertemuan Liga Arab pada Ahad (19/11/2017).

Selasa, 21/11/2017 12:20 0

Irak

Ratusan Anak dan Istri Anggota ISIS di Mosul Dideportasi

Pemerintah Irak memindahkan sekitar 300 wanita dan anak-anak keluarga anggota pejuang Daulah Islamiyah (ISIS) yang ditangkap di Mosul, Iraq Utara, ke ibukota Baghdad. Selanjutnya, mereka akan dipulangkan ke negara masing-masing.

Selasa, 21/11/2017 11:40 0

Indonesia

Impian Wagub Sandi, Jadikan Tanah Abang Pusat Dagang di Asia Tenggara

Dia mengatakan, ada kemiripan antara kawasan tanah abang dan Grand Bazaar di Istanbul, Turki. Hal ini diungkapkannya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/11/2017).

Selasa, 21/11/2017 11:18 0

Palestina

Hamas: Ancaman ke Fatah Bukti AS Berpihak ke IsraelĀ 

Kelompok perlawanan Palestina, Hamas menyatakan bahwa keputusan AS untuk menutup kantor-kantor Organisasi Pembebasan Palestina (Fatah) di Washington bentuk "keberpihakan terhadap Israel".

Selasa, 21/11/2017 10:07 0