... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Impian Wagub Sandi, Jadikan Tanah Abang Pusat Dagang di Asia Tenggara

Foto: Sandiaga S Uno

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno menginginkan agar di wilayah Jakarta terdapat pusat perdagangan untuk wilayah ASEAN. Salah satu tempat yang dinilai Sandiaga berpotensi adalah kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dia mengatakan, ada kemiripan antara kawasan tanah abang dan Grand Bazaar di Istanbul, Turki. Hal ini diungkapkannya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/11/2017).

“Tanah Abang itu ada 300 ribu warga yang datang untuk meneruskan perjalanan, melakukan kegiatan ekonomi maupun kegiatan yang berkaitan dengan ekonomi di akar rumput, perdagangan dan lain sebagainya. Grand Bazaar di Istanbul sekitar 400 ribu saya liat ada kemiripannya,” kata Sandi.

Grand Bazaar merupakan salah satu pasar tradisional tertua yang terletak di Istanbul, Turki. Pasar yang banyak menjual cinderamata Turki tersebut konon dikunjungi oleh 400.000 pengunjung setiap harinya.

“Saya liat Tanah Abang berpotensi sebagai pusat perdagangan di ASEAN. Terbesar dari segi jumlah pedagangnya juga dari aktivitas commerce-nya,” lanjutnya.

Hingga kini, kawasan Tanah Abang masih menjadi salah satu problem pemerintahan daerah Provinsi Jakarta yang tak kunjung mendapatkan solusi. Sandi menjelaskan, hal itu bukan merupakan kesalahan pemprov sebelumnya, akan tetapi solusi yang telah diberikan tidak mencakup solusi jangka panjang.

“Dunia berkembang, kereta api tiba-tiba menjadi sarana yang sangat diminati oleh commuters yang mungkin tinggal di luar kota terus mau lewat Tanah Abang. Sekarang Tanah Abang menjadi magnet yang begitu kuat. Solusi yang dulu mungkin belum cocok sama sekarang, jadi kita tidak usah mengkritisi pemerintahan sebelumnya,” ujarnya.

BACA JUGA  Explore Kampanyekan Peduli Lingkungan di Muslim United

Untuk konsep penataan, Sandi mengatakan bahwa Pemprov DKI sudah memiliki rancangannya. “Kita sudah punya konsepnya, sudah ciamik, mudah-mudahan clear. Kalau secara long time-nya kita udah tahu, kita ingin kayak Grand Bazaar, kita ingin TOD (Transit Oriented Development),” ujarnya.

Dia menargetkan untuk ke depan pusat perbelanjaan Tanah Abang bisa menarik hingga 500.000 pengunjung. “Itu menciptakan banyak lapangan kerja. Tokonya mungkin bisa di level 10.000-20.000 toko, ini jadi sebuah pusat perbelanjaan, pusat commerce di seluruh Asia Tenggara, itu mimpi kita,” kata Sandi.

“Kalo itu dikelola dengan baik mudah, mudah-mudahan visi kita menghadirkan pusat ekonomi, pusat perdagangan di ASEAN bisa terkabul,” pungkasnya.

Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Hamas: Ancaman ke Fatah Bukti AS Berpihak ke Israel 

Kelompok perlawanan Palestina, Hamas menyatakan bahwa keputusan AS untuk menutup kantor-kantor Organisasi Pembebasan Palestina (Fatah) di Washington bentuk "keberpihakan terhadap Israel".

Selasa, 21/11/2017 10:07 0

Syam

Oposisi Suriah Desak Liga Arab Bersatu Lawan Iran

Jubir Koalisi Nasional Suriah, Ahmed Ramazan menyatakan bahwa pihaknya mendorong koalisi Arab untuk memerangi "rencana dan teror dari Iran".

Selasa, 21/11/2017 09:36 0

Suriah

Akibat Blokade Assad Sejak 2012, Ratusan Bayi di Ghouta Timur Tewas 

Menurut data dari rumah sakit setempat pada Senin (20/11/2017), pemboman yang dilakukan rezim Assad di Ghouta Timur telah membunuh 227 bayi sejak awal tahun 2017.

Selasa, 21/11/2017 09:20 0

Palestina

AS Ancam Tutup Kantor Palestina di Washington, Ini Tanggapan Hamas

Hamas beranggapan bahwa keputusan tersebut dapat memberi peluang lebih besar bagi Israel untuk melakukan lebih banyak kejahatan.

Senin, 20/11/2017 20:29 0

Palestina

Pasca Rekonsiliasi Hamas-Fatah, Mesir Buka Pintu Perbatasan Rafah

Sejak Sabtu, Mesir telah membuka perbatasan Rafah yang terhubung langsung dengan Gaza, Palestina. Keputusan ini merupakan salah-satu buah dari kesepakatan rekonsiliasi Hamas-Fatah yang ditengahi oleh Mesir.

Senin, 20/11/2017 20:06 0

Timur Tengah

Terkait Korupsi, Benjamin Nentayahu Lagi-lagi Diperiksa Polisi

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu harus kembali berurusan dengan polisi. Lebih dari empat jam, Lahav 433 National Crime Unit mengitrogasi orang nomer satu di Israel itu di kediamannya, Yerusalem pada Ahad (19/11/2017).

Senin, 20/11/2017 19:24 0

Timur Tengah

Israel Klaim Punya Hubungan Rahasia dengan Arab Saudi

Seorang menteri kabinet Israel mengungkapkan bahwa negaranya memiliki hubungan rahasia dengan Arab Saudi

Senin, 20/11/2017 18:40 0

News

Resolusi Umat Islam Surakarta 1911 Dideklarasikan, Ini Isinya

Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) dan tokoh umat Islam Solo Raya mendeklarasikan Resolusi Umat Islam Surakarta 1911

Senin, 20/11/2017 16:52 0

Prancis

Perancis Akan Keluarkan Larangan Shalat Jumat di Jalan

Collomb berdalih mendapat tekanan dari sejumlah anggota parlemen dan penduduk setempat mengenai penggunaan ruang publik yang tidak semestinya. "Mereka tidak akan shalat di jalan, kami akan mencegah jalan untuk shalat," katanya kepada sejumlah surat kabar Perancis.

Senin, 20/11/2017 16:40 0

News

Jokowi Ingin Universitas Asing Dirikan Kampus di Indonesia

Jokowi menilai perlu revisi Undang-undang Pendidikan, sehingga universitas atau akademi, politeknik luar bisa mendirikan kampus di Indonesia.

Senin, 20/11/2017 14:34 0

Close