... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Resolusi Umat Islam Surakarta 1911 Dideklarasikan, Ini Isinya

Foto: Deklarasi Resolusi Umat Islam Surakarta 1911

KIBLAT.NET, Solo – Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) bersilaturahmi dengan tokoh muslim Soloraya di Pondok Pesantren Takmirul Islam, pada Ahad (19/11/2107). Dalam pertemuan itu pula dideklarasikan Resolusi 1911.

Sekretaris jenderal (Sekjen) MIUMI Pusat, Ustadz Bachtiar Natsir menegaskan perlunya resolusi sebagai pemicu semangat kebangkitan Islam di Indonesia. “Pertemuan ini harus melahirkan resolusi dan kita deklarasikan bersama untuk menjadi pemicu semangat kebangkitan Islam di indonesia dan dunia,” ungkapnya di Pondok Pesantren Takmirul Islam, Surakarta, pada Ahad (19/11/2017).

Ketua Dewan Syariah Surakarta (DSKS), Ustadz Muinudinillah Basri kemudian didaulat memimpin pembacaan Resolusi Umat Islam Surakarta 1911. Seluruh ulama, habaib, tokoh Islam Soloraya dan Pengurus MIUMI yang hadir malam itu ikut mengucapkan kalimat yang dibacakannya.

Berikut isi Resolusi Umat Islam Surakarta 1911

Pertama, Tokoh dan Ulama ummat Islam Surakarta bertekad untuk bersatu, bersaudara, bersama-sama dan berjuang mewujudkan persatuan umat, umat yang satu di bawah kalimat tauhid dan Sunnah Nabi Muhammmad. Segala perbedaan tidak akan memecah belah hati kaum Muslimin serta kita bingkai dengan toleransi dan kasih sayang.

Kedua, menolak dan melawan segala usaha memecah belah persatuan dan persaudaraan kaum Muslimin. Bertekad berjuang bersama-sama untuk menegakkan ajaran Islam dengan Sunnah Nabi Muhammad. Bertekad mempertahankan NKRI, Pancasila, UUD 1945 dengan bingkai kebhinekaan Indonesia. Dan mengantarkan Indonesia sebagai negara dan bangsa yang memberikan keteladanan dalam peradaban Islam.

BACA JUGA  Oxfam: Harta 2.153 Orang Terkaya Tandingi 4,6 Miliar Orang Miskin di Dunia

Perlu diketahui, resolusi ini mengingatkan masa pada berdirinya Sarekat Islam (SI) pada tahun 1911 yang dipimpin oleh HOS Cokroaminoto. SI merupakan gerakan politik ummat Islam terbesar pada era kolonial.

Reporter: Reno
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Penghayat Kepercayaan Masuk KTP, MIUMI: Berpotensi Suburkan Aliran Sesat

Wakil Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Pusat, Muhammad Zaitun Rasmin mengkhawatirkan pencantuman aliran kepercayaan di kolom agama KTP/ KK.

Senin, 20/11/2017 11:36 1

Indonesia

Bachtiar Nasir: Saya Yakin Kebangkitan Islam Akan Muncul di Indonesia

Ustadz Bachtiar Nasir, selaku Sekretaris Jenderal MIUMI mengatakan acara tersebut dalam rangka membangun Indonesia lebih baik dengan ilmu para ulama serta adab-adab yang baik dari segenap ulama.

Senin, 20/11/2017 09:34 0

Indonesia

Tingkatkan Kompetensi Da’i, MADINA Gelar Daurah Bersama Ulama Yaman

Hadir sebagai pembicara adalah Syaikh Mohammad Su’ud Al Jadhi Al Muhri. Seorang Ulama muda yang lahir di Muhroh, Yaman pada tahun 1978 M. 

Ahad, 19/11/2017 23:01 0

Indonesia

Setnov Kecelakaan, Nissan Pamer Teknologi Menghindari Tiang Listrik

Kecelakaan yang menimpa Setya Novanto justru dimanfaatkan oleh produsen mobil Nissan untuk memperkenalkan kecanggihan teknologinya di Twitter.

Ahad, 19/11/2017 21:21 0

Indonesia

Karena Tingkah ‘Papa’ Setnov, 5 Tagar Kocak Ini Merajai Twitter

Sejak ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi proyek e-KTP oleh KPK, Setya Novanto terus menerus menjadi bahan pembicaran netizen.

Ahad, 19/11/2017 20:47 0

Indonesia

Dijuluki ‘Game Setnov’, Yuk Uji Ketangkasan Tabrak Tiang Listrik

Pasca kecelakaan Setya Novanto, game tiang listri banyak dimainkan oleh netizen

Ahad, 19/11/2017 17:09 0

Indonesia

SNH: Kasus Setya Novanto Ujian bagi KPK

Kasus dugaan korupsi KTP Elektronik adalah ujian bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu diungkapkan oleh Managing Partner SNH Law Office, Nasrullah Nasution, S.H., M.Kn

Ahad, 19/11/2017 16:44 0

Indonesia

‘Sungguhan atau Pura-pura, Sakit Setnov Harus Dibuktikan’

pengacara Setnov, Fredeich Yunadi kecelakaan telah mengakibatkan kliennya tak sadarkan diri dan benjolan sebesar bakpau di kepalanya.

Ahad, 19/11/2017 16:10 1

Indonesia

Takbir Disebut Indikasi Teroris, Komisi III: Kapolres Dharmasraya Sakiti Umat Islam

Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Al-Habsy menegaskan bahwa ucapan Kapolres Dharmasraya yang menyebut indikasi teroris adalah kalimat takbir, telah menyakiti umat Islam.

Ahad, 19/11/2017 15:40 0

Indonesia

Milad ke-105, Kader Muhammadiyah Harus Tebar Manfaat kepada Masyarakat

Ketua Muhammadiyah Karanganyar, Musamsuri mengajak kepada kader Muhammadiyah untuk banyak menebar manfaat untuk masyarakat.

Ahad, 19/11/2017 15:11 0

Close