... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Perancis Akan Keluarkan Larangan Shalat Jumat di Jalan

Foto: Menteri Dalam Negeri Perancis, Gerard Collomb.

KIBLAT.NET, Paris – Pihak berwenang Perancis akan melarang umat Islam untuk shalat di sebuah jalan di utara Paris. Hal itu diungkapkan Menteri Dalam Negeri Gerard Collomb pada Ahad (19/11/2017).

Collomb berdalih mendapat tekanan dari sejumlah anggota parlemen dan penduduk setempat mengenai penggunaan ruang publik yang tidak semestinya. “Mereka tidak akan shalat di jalan, kami akan mencegah jalan untuk shalat,” katanya kepada sejumlah surat kabar Perancis.

Shalat di jalan dilakukan oleh umat Islam setiap hari Jumat di pinggiran kota multi etnis di Clichy-la-Garenne sejak Maret lalu. Hal itu dilakukan sebagai aksi protes atas penutupan sebuah masjid lokal yang populer di sebuah gedung pemerintah. Masjid itu diubah fungsi menjadi sebuah perpustakaan.

Pemrotes dari kalangan Muslim mengatakan pihak berwenang tidak menawarkan lahan sebagai ganti untuk membangun sebuah masjid baru. Dalam hal ini, Mendagri mengakui adanya kebutuhan akan sebuah alternatif bahwa “Muslim harus memiliki tempat untuk beribadah.”

“Kami akan memastikan kami menyelesaikan konflik ini dalam beberapa minggu ke depan,” kata Collomb.

Sebuah kelompok Muslim setempat bermaksud mengajak umat Islam untuk mengadakan shalat di pusat kota pada Jumat depan.

Sebelumnya pada 10 November lalu, sekitar 100 politisi lokal Perancis berusaha untuk menghalangi para jamaah dengan menyanyikan lagu kebangsaan Prancis.

Walikota sayap kanan Clichy, Remi Muzeau, berpendapat bahwa ada masjid lain yang berada di utara kota, namun para pemimpin masjid telah menolak gagasan tersebut karena tidak layak guna.

Sekitar lima juta Muslim mendiami Perancis. Para politisi mengkhawatirkan peran agama yang dapat mengancam keberadaan undang-undang sekuler yang di negara tersebut.

Para pemimpin agama Muslim mengeluhkan tidak tersedianya ruang ibadah yang cukup. Sementara pembangunan masjid baru menjadi hal yang kontroversial, terutama bagi partai FN pimpinan Marine Le Pen.

Pada tahun 2011, Le Pen menyamakan umat Muslim yang beribadah di jalanan dengan pendudukan Nazi di Perancis dalam Perang Dunia II. Ia sempat diadili kemudian dibebaskan karena menghasut kebencian.

Sumber: AFP
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Penghayat Kepercayaan Masuk KTP, MIUMI: Berpotensi Suburkan Aliran Sesat

Wakil Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Pusat, Muhammad Zaitun Rasmin mengkhawatirkan pencantuman aliran kepercayaan di kolom agama KTP/ KK.

Senin, 20/11/2017 11:36 1

Indonesia

Bachtiar Nasir: Saya Yakin Kebangkitan Islam Akan Muncul di Indonesia

Ustadz Bachtiar Nasir, selaku Sekretaris Jenderal MIUMI mengatakan acara tersebut dalam rangka membangun Indonesia lebih baik dengan ilmu para ulama serta adab-adab yang baik dari segenap ulama.

Senin, 20/11/2017 09:34 0

Indonesia

Tingkatkan Kompetensi Da’i, MADINA Gelar Daurah Bersama Ulama Yaman

Hadir sebagai pembicara adalah Syaikh Mohammad Su’ud Al Jadhi Al Muhri. Seorang Ulama muda yang lahir di Muhroh, Yaman pada tahun 1978 M. 

Ahad, 19/11/2017 23:01 0

Indonesia

Setnov Kecelakaan, Nissan Pamer Teknologi Menghindari Tiang Listrik

Kecelakaan yang menimpa Setya Novanto justru dimanfaatkan oleh produsen mobil Nissan untuk memperkenalkan kecanggihan teknologinya di Twitter.

Ahad, 19/11/2017 21:21 0

Indonesia

Karena Tingkah ‘Papa’ Setnov, 5 Tagar Kocak Ini Merajai Twitter

Sejak ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi proyek e-KTP oleh KPK, Setya Novanto terus menerus menjadi bahan pembicaran netizen.

Ahad, 19/11/2017 20:47 0

Indonesia

Dijuluki ‘Game Setnov’, Yuk Uji Ketangkasan Tabrak Tiang Listrik

Pasca kecelakaan Setya Novanto, game tiang listri banyak dimainkan oleh netizen

Ahad, 19/11/2017 17:09 0

Indonesia

SNH: Kasus Setya Novanto Ujian bagi KPK

Kasus dugaan korupsi KTP Elektronik adalah ujian bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu diungkapkan oleh Managing Partner SNH Law Office, Nasrullah Nasution, S.H., M.Kn

Ahad, 19/11/2017 16:44 0

Indonesia

‘Sungguhan atau Pura-pura, Sakit Setnov Harus Dibuktikan’

pengacara Setnov, Fredeich Yunadi kecelakaan telah mengakibatkan kliennya tak sadarkan diri dan benjolan sebesar bakpau di kepalanya.

Ahad, 19/11/2017 16:10 1

Indonesia

Takbir Disebut Indikasi Teroris, Komisi III: Kapolres Dharmasraya Sakiti Umat Islam

Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Al-Habsy menegaskan bahwa ucapan Kapolres Dharmasraya yang menyebut indikasi teroris adalah kalimat takbir, telah menyakiti umat Islam.

Ahad, 19/11/2017 15:40 0

Indonesia

Milad ke-105, Kader Muhammadiyah Harus Tebar Manfaat kepada Masyarakat

Ketua Muhammadiyah Karanganyar, Musamsuri mengajak kepada kader Muhammadiyah untuk banyak menebar manfaat untuk masyarakat.

Ahad, 19/11/2017 15:11 0

Close