... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jokowi Ingin Universitas Asing Dirikan Kampus di Indonesia

Foto: Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan keinginannya agar universitas asing mendirikan kampus di Indonesia. Harapannya akan muncul pembanding yang baik bagi unviersitas di dalam negeri.

Keinginan itu disampaikan Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas mengenai Pendidikan Vokasi dan Implementasinya. Dalam pengantarnya, presiden ketujuh itu mengatakan perlunya revisi Undang-undang Pendidikan, sehingga universitas atau akademi, politeknik luar bisa mendirikan kampus di Indonesia.

Dengan adanya kampus universitas asing maka akan memunculkan kompetisi antar universitas, sehingga ada pembanding-pembanding yang baik. “Biar kita memiliki pembanding, baik dari sisi manajemen, dari sisi kurikulum, dan yang lain-lainnya. Tanpa itu kita tidak akan mempunyai pembanding yang baik. Apakah kita ini sudah benar atau belum benar,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/11/2017).

Menurutnya, pada tahun 2030 nanti diperlukan tambahan 58 juta tenaga terampil. Hal itu diperlukan untuk menjadikan ekonomi kita bisa masuk pada peringkat tujuh dunia. Jokowi menambahkan jika saat ini fokus pemerintah pada pembangunan infrastruktur, pada tahapan besar kedua akan masuk kepada pembangunan sumber daya manusia.

Jokowi pun menyebut lebih dari 30 tahun tidak ada perubahan-perubahan yang sangat mendasar dalam pendidikan di Indonesia. Di tingkat universitas, dia mencontohkan, lebih dari 30 tahun Fakultas Ekonomi jurusannya itu-itu saja, yaitu akuntansi, ekonomi perusahaan, atau ekonomi pembangunan.

BACA JUGA  Marak Penistaan Syiar Islam, IUMS: Mana Suara Kelompok Pembela Kebebasan

“Sudah, enggak pernah berubah dari itu,” ujar Jokowi seperti dikutip setkab.go.id.

Padahal, perubahan dunia dinilainya sudah begitu sangat cepat. Dia lantas mempertanyakan kenapa tidak ada yang berani mendirikan fakultas digital ekonomi, yang jurusannya toko online, misalnya. Demikian juga jurusan mengenai ritel manajemen, logistik manajemen.

“Enggak ada saya lihat, 30 tahun kita seperti ini terus. Padahal dunia betul-betul sudah sangat berubah sekali. Inilah saya kira terobosan yang harus kita lakukan,” ucap Presiden Jokowi.

Dalam rapat itu, Presiden Jokowi juga mengundang bos Go Jek Indonesia, Nadiem Makarim. Hadir pula Adamas Belva Syah, CEO Ruangguru, untuk memberikan pandangan-pandangan apa yang diperlukan dalam menghadapi perubahan-perubahan yang sangat cepat ini.

Sumber: Setkab.go.id
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Penghayat Kepercayaan Masuk KTP, MIUMI: Berpotensi Suburkan Aliran Sesat

Wakil Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Pusat, Muhammad Zaitun Rasmin mengkhawatirkan pencantuman aliran kepercayaan di kolom agama KTP/ KK.

Senin, 20/11/2017 11:36 1

Indonesia

Bachtiar Nasir: Saya Yakin Kebangkitan Islam Akan Muncul di Indonesia

Ustadz Bachtiar Nasir, selaku Sekretaris Jenderal MIUMI mengatakan acara tersebut dalam rangka membangun Indonesia lebih baik dengan ilmu para ulama serta adab-adab yang baik dari segenap ulama.

Senin, 20/11/2017 09:34 0

Indonesia

Tingkatkan Kompetensi Da’i, MADINA Gelar Daurah Bersama Ulama Yaman

Hadir sebagai pembicara adalah Syaikh Mohammad Su’ud Al Jadhi Al Muhri. Seorang Ulama muda yang lahir di Muhroh, Yaman pada tahun 1978 M. 

Ahad, 19/11/2017 23:01 0

Indonesia

Setnov Kecelakaan, Nissan Pamer Teknologi Menghindari Tiang Listrik

Kecelakaan yang menimpa Setya Novanto justru dimanfaatkan oleh produsen mobil Nissan untuk memperkenalkan kecanggihan teknologinya di Twitter.

Ahad, 19/11/2017 21:21 0

Indonesia

Karena Tingkah ‘Papa’ Setnov, 5 Tagar Kocak Ini Merajai Twitter

Sejak ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi proyek e-KTP oleh KPK, Setya Novanto terus menerus menjadi bahan pembicaran netizen.

Ahad, 19/11/2017 20:47 0

Indonesia

Dijuluki ‘Game Setnov’, Yuk Uji Ketangkasan Tabrak Tiang Listrik

Pasca kecelakaan Setya Novanto, game tiang listri banyak dimainkan oleh netizen

Ahad, 19/11/2017 17:09 0

Indonesia

SNH: Kasus Setya Novanto Ujian bagi KPK

Kasus dugaan korupsi KTP Elektronik adalah ujian bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu diungkapkan oleh Managing Partner SNH Law Office, Nasrullah Nasution, S.H., M.Kn

Ahad, 19/11/2017 16:44 0

Indonesia

‘Sungguhan atau Pura-pura, Sakit Setnov Harus Dibuktikan’

pengacara Setnov, Fredeich Yunadi kecelakaan telah mengakibatkan kliennya tak sadarkan diri dan benjolan sebesar bakpau di kepalanya.

Ahad, 19/11/2017 16:10 1

Indonesia

Takbir Disebut Indikasi Teroris, Komisi III: Kapolres Dharmasraya Sakiti Umat Islam

Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Al-Habsy menegaskan bahwa ucapan Kapolres Dharmasraya yang menyebut indikasi teroris adalah kalimat takbir, telah menyakiti umat Islam.

Ahad, 19/11/2017 15:40 0

Indonesia

Milad ke-105, Kader Muhammadiyah Harus Tebar Manfaat kepada Masyarakat

Ketua Muhammadiyah Karanganyar, Musamsuri mengajak kepada kader Muhammadiyah untuk banyak menebar manfaat untuk masyarakat.

Ahad, 19/11/2017 15:11 0

Close