... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Israel Klaim Punya Hubungan Rahasia dengan Arab Saudi

Foto: Benyamin Netanyahu (tengah)

KIBLAT.NET, Tel Aviv- Seorang menteri kabinet Israel mengungkapkan bahwa negaranya memiliki hubungan rahasia dengan Arab Saudi di tengah kekhawatiran soal Iran. Pernyataan ini pertama kalinya diungkapkan oleh salah satu pihak dari kedua negara yang dikabarkan telah menjalin hubungan yang sangat lama.

Meski demikian, Pemerintah Arab Saudi belum menanggapi pernyataan yang dibuat oleh Menteri Energi Israel Yuval Steinitz itu. Begitu pula juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, ia lebih memilih diam ketika ditanyai terkait hal tersebut.

Seperti dilansir dari Reuters pada Senin (20/11/2017), dalam wawancara dengan Army Radio, Steinitz yang merupakan anggota kabinet keamanan Netanyahu, tidak menjelaskan secara detail hubungan apa yang dimaksud dan tidak merinci ketika ditanya mengapa Israel menyembunyikan hubungannya dengan Arab Saudi.

“Kami mempunyai hubungan rahasia dengan banyak negara-negara Muslim dan Arab,” ujarnya.

Ia melanjutkan, “Pihak lainlah yang tertarik menyembunyikan hubungan ini. Dengan kami, biasanya, tidak ada masalah, tapi kami menghargai keinginan pihak lain, ketika hubungan itu berkembang, baik itu dengan Arab Saudi maupun negara-negara Arab lain atau negara Muslim lain dan masih banyak lagi … tapi kami tetap merahasiakannya.”

Kendati tak memiliki hubungan diplomatik, Arab Saudi dan Israel memandang Iran sebagai ancaman utama bagi Timur Tengah. Selain itu, kedua negara juga dispekulasi bisa bekerja sama di tengah peningkatan ketegangan antara Teheran dan Riyadh.

BACA JUGA  UAE Segera Operasikan PLTN Pertama di Jazirah Arab

Dalam wawancara dengan Reuters pada Kamis, Menteri Luar Negeri Saudi Adel Jubeir merujuk pada inisiatif perdamaian Saudi ketika ditanya soal laporan kerja sama dengan Israel. Inisiatif itu pertama kali diadopsi liga Arab pada 2002 lalu.

“Kami selalu mengatakan bahwa jika konflik Israel-Palestina diselesaikan berdasarkan inisiatif perdamaian Arab maka Israel akan menikmati relasi normal, hubungan ekonomi, poliitik, diplomatik dengan semua negara-negara Arab, dan hingga hal itu terjadi, kami tidak punya hubungan dengan Israel,” ujarnya.

Arab Saudi berkeras menyatakan hubungan apapun dengan Israel bergantung pada penarikan negara tersebut dari tanah Arab yang dicaplok pada Perang Timur Tengah 1967.

Mencari dukungan regional terkait kesepakatan Israel-Palestina, utusan perdamaian Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah beberapa kali mengunjungi Arab Saudi semenjak ia menjabat awal tahun ini.

 

Sumber: Reuters
Redaktur: Syafi’i Iskandar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Penghayat Kepercayaan Masuk KTP, MIUMI: Berpotensi Suburkan Aliran Sesat

Wakil Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Pusat, Muhammad Zaitun Rasmin mengkhawatirkan pencantuman aliran kepercayaan di kolom agama KTP/ KK.

Senin, 20/11/2017 11:36 1

Indonesia

Bachtiar Nasir: Saya Yakin Kebangkitan Islam Akan Muncul di Indonesia

Ustadz Bachtiar Nasir, selaku Sekretaris Jenderal MIUMI mengatakan acara tersebut dalam rangka membangun Indonesia lebih baik dengan ilmu para ulama serta adab-adab yang baik dari segenap ulama.

Senin, 20/11/2017 09:34 0

Indonesia

Tingkatkan Kompetensi Da’i, MADINA Gelar Daurah Bersama Ulama Yaman

Hadir sebagai pembicara adalah Syaikh Mohammad Su’ud Al Jadhi Al Muhri. Seorang Ulama muda yang lahir di Muhroh, Yaman pada tahun 1978 M. 

Ahad, 19/11/2017 23:01 0

Indonesia

Setnov Kecelakaan, Nissan Pamer Teknologi Menghindari Tiang Listrik

Kecelakaan yang menimpa Setya Novanto justru dimanfaatkan oleh produsen mobil Nissan untuk memperkenalkan kecanggihan teknologinya di Twitter.

Ahad, 19/11/2017 21:21 0

Indonesia

Karena Tingkah ‘Papa’ Setnov, 5 Tagar Kocak Ini Merajai Twitter

Sejak ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi proyek e-KTP oleh KPK, Setya Novanto terus menerus menjadi bahan pembicaran netizen.

Ahad, 19/11/2017 20:47 0

Indonesia

Dijuluki ‘Game Setnov’, Yuk Uji Ketangkasan Tabrak Tiang Listrik

Pasca kecelakaan Setya Novanto, game tiang listri banyak dimainkan oleh netizen

Ahad, 19/11/2017 17:09 0

Indonesia

SNH: Kasus Setya Novanto Ujian bagi KPK

Kasus dugaan korupsi KTP Elektronik adalah ujian bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu diungkapkan oleh Managing Partner SNH Law Office, Nasrullah Nasution, S.H., M.Kn

Ahad, 19/11/2017 16:44 0

Indonesia

‘Sungguhan atau Pura-pura, Sakit Setnov Harus Dibuktikan’

pengacara Setnov, Fredeich Yunadi kecelakaan telah mengakibatkan kliennya tak sadarkan diri dan benjolan sebesar bakpau di kepalanya.

Ahad, 19/11/2017 16:10 1

Indonesia

Takbir Disebut Indikasi Teroris, Komisi III: Kapolres Dharmasraya Sakiti Umat Islam

Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Al-Habsy menegaskan bahwa ucapan Kapolres Dharmasraya yang menyebut indikasi teroris adalah kalimat takbir, telah menyakiti umat Islam.

Ahad, 19/11/2017 15:40 0

Indonesia

Milad ke-105, Kader Muhammadiyah Harus Tebar Manfaat kepada Masyarakat

Ketua Muhammadiyah Karanganyar, Musamsuri mengajak kepada kader Muhammadiyah untuk banyak menebar manfaat untuk masyarakat.

Ahad, 19/11/2017 15:11 0

Close