... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Wanita Hebat Pencetak Karakter Diponegoro

Foto: Diskusi Beban Pajak Pra Kondisi Perang Diponegoro (18/11)

KIBLAT.NET, Solo — Di balik kesuksesan seorang pria, selalu ada wanita hebat di belakangnya. Ungkapan itu menggambarkan betapa tangan dingin seorang wanita seringkali mampu melahirkan tokoh-tokoh terkenal. Tak terkecuali Pangeran Diponegoro.

“Diponegoro tidak tiba-tiba. Sejak kecil Diponegoro disiapkan oleh seorang wanita, yaitu neneknya sendiri,” tutur K. Subroto, peneliti dari Lembaga Kajian Syamina. “Dari kecil Diponegoro diasuh oleh neneknya yang juga mantan komandan wanita pertama Kasunanan Yogyakarta,” imbuh Subroto.

Menurut penelusuran Kiblat.net, wanita yang dimaksud adalah Ratu Ageng, nenek buyut Pangeran Diponegoro. Ratu Ageng aktif menemani suaminya, Hamengkubuwono I saat bergerilya dalam Perang Giyanti.

Meski berdarah Jawa, Ratu Ageng jauh dari kesan gemulai seperti pada umumnya wanita masa itu. Selain kecintaan terhadap ilmu pengetahuan, Ratu Ageng memiliki gen militer yang kuat, warisan dari Sultan Abdul Qahir, Bima.

Subroto menyampaikan hal tersebut pada acara Dialog Kebangsaan yang digelar oleh Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) pada Sabtu (18/11) di Ballroom Assalam Syariah Hotel, Surakarta. Dialog yang dihadiri sekitar 100 hadirin dari berbagai elemen Islam Surakarta ini mengambil tajuk “Beban Pajak Pra Kondisi Perang Diponegoro.”

Forum ini juga menghadirkan salah seorang keturunan Pangeran Diponegoro, yaitu Ustad Azhari Dipo Kusumo. Pengasuh salah satu pesantren di Lamongan, Jawa Timur itu menegaskan bahwa keturunan atau pewaris Diponegoro ada dua macam: biologis dan ideologis.

Ust. Azhari Dipo Kusumo, salah satu keturunan Diponegoro

Selain mereka yang memiliki garis darah dengan Pangeran Diponegoro, “Orang-orang yang memiliki cita-cita negara Islam sebagaimana diperjuangkan Diponegoro adalah pewaris ideologis Diponegoro. Termasuk siapapun yang mencintai Syari’at Islam dalam penerapan kehidupan berbangsa dan bernegara masuk dalam kategori ini, meskipun bukan pewaris biologis.” tandasnya.

BACA JUGA  Naikkan Iuran BPJS Kesehatan, Fahira Idris Anggap Pemerintah Lempar Tanggung Jawab

Tajuk diskusi itu sendiri mengambil dari laporan bulanan Syamina edisi 12 / Nopember 2017 yang berjudul “Beban Pajak Prakondisi Jihad Diponegoro,” ditulis oleh K. Subroto. Menurut Ust. Abdullah Khair, Direktur Akademi Al-Quran FKAM yang sekaligus menjadi moderator, acara seperti ini akan digelar secara berkala ke depan.

Reporter: Hamdan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Khazanah

Mengajarkan Al-Qur’an Sebagai Mahar, Apa Hukumnya?

KIBLAT.NET - Mahar atau mas kawin adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan pada saat pernikahan. Ia merupakan syarat sahnya pernikahan, sebagaimana dalam firman Allah Ta’ala: “…Dan datangkanlah sedekah untuk para istri sebagai nihlah (mahar),” (QS. An Nisa: 4)

Sabtu, 18/11/2017 16:38 1

Palestina

Serangan Militer Suriah di Ghoutah Timur Meningkat

Angkatan bersenjata rezim Assad kembali membombardir wilayah Ghoutah Timur dan menewaskan belasan warga sipil.

Sabtu, 18/11/2017 12:15 0

Palestina

Gerakan Fatah Peringatkan Israel Api Perlawanan Baru

jubir Fatah di Tepi Barat Osama al-Qawasmi mengatakan bahwa penggusuran terhadap warga Palestina merupakan deklarasi perang.

Sabtu, 18/11/2017 11:20 0

Myanmar

PBB: 100 Lebih Pengungsi Rohingya Tenggelam sejak 25 Agustus

Organisasi internasional PBB merilis sebuah laporan yang mengatakan, lebih dari 100 pengungsi Rohingya tenggelam sejak 25 Agustus.

Sabtu, 18/11/2017 10:49 0

Palestina

Israel Kembali Ratakan Puluhan Rumah Warga Palestina

Israel kembali memperluas penjajahan terhadap wilayah Palestina. Baru-baru ini, ratusan warga Palestina di Jerusalem Timur (Al-Quds) diusir dari kampong halaman mereka.

Sabtu, 18/11/2017 10:41 0

Eropa

Saudi Ingin Akhiri Cengkraman Syiah Hizbullah terhadap Lebanon

Berbicara dalam konferensi pers bersama Menlu Spanyol, Alfonso Dastis, di ibukota Madrid pada Jumat (17/11), Jubair juga menekankan bahwa negaranya mendukung perdana menteri Lebanon yang baru mengundurkan diri, Saad Al-Hariri.

Sabtu, 18/11/2017 08:36 0

Irak

Iraq Umumkan Akhir ISIS di Negaranya

Ketua Parlemen Iraq, Salim al-Jubouri, menambahkan bahwa ISIS sudah habis secara geografis.

Sabtu, 18/11/2017 07:45 0

Manhaj

Janji Kemenangan dan Syarat Meraih Kejayaan Islam

Kemenangan itu merupakan janji Allah yang pasti dicapai oleh orang mukmin. Banyak sekali dalil yang menjelaskan tentang itu. Dari sekian banyak ayat alquran, kemenangan dan umat Islam selalu disebutkan secara beriringan.

Jum'at, 17/11/2017 19:13 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Kebenaran yang Selalu Menang atas Kebatilan

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Kebenaran yang Selalu Menang atas Kebatilan. Risalah Allah yang dibawa oleh...

Jum'at, 17/11/2017 16:32 0

Timur Tengah

Teroris Syiah Incar Fasilitas Minyak di Bahrain

Kelompok teroris mendapatkan arahan dari seseorang di Iran yang memiliki hubungan dengan Garda Revolusi Iran (IRGC). Al-Hassan mengatakan pihaknya masih mendalami aksi serangan yang menargetkan pipa minyak Saudi-Bahrain itu.

Jum'at, 17/11/2017 16:19 0

Close