... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Iraq Umumkan Akhir ISIS di Negaranya

Foto: Militer Iraq

KIBLAT.NET, Anbar – Menteri Dalam Negeri Iraq, Qassim al-Araji, mengumumkan berakhirnya Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) secara militer di negaranya. Pengumuman ini dikeluarkan setelah militer Iraq berhasil membebaskan distrik Rawa, barat provinsi Anbar, yang diklaim wilayah terakhir ISIS.

Al-Araji mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada otoritas agama dan rakyat Iraq bahwa kota Rawa berhasil direbut dari tangan ISIS. “Dengan ini, berakhirlah organisasi ISIS secara militer di Irak,” katanya.

Ketua Parlemen Iraq, Salim al-Jubouri, menambahkan bahwa ISIS sudah habis secara geografis. Namun, perang di tahap berikutnya akan lebih sulit bagi negara-negara di kawasan ini.

Perdana Menteri IraqHaider al-Abadi mengatakan dalam sebuah pernyataan pers bahwa pasukan Irak terus mengamankan perbatasan dengan Suriah.

Selanjutnya, pasukan Iraq kemungkinan besar akan memulai kampanye militer untuk menyapu wilayah gurun yang luas di provinsi Anbar, memburu sisa-sisa pasukan ISIS, beberapa hari ke depan. Pasukan Iraq juga tengah menunggu tugas mengamankan perbatasan darat dengan Suriah untuk mengakhiri infiltrasi militan ISIS ke negara tersebut.

Pemimpin koalisi milisi Syiah Al-Hasd Al-Syakbi, Kazem Abdul Wahid, mengatakan kepada Anadolus bahwa milisinya saat ini telah mengamankan perbatasan Iraq-Suriah, dari provinsi Anbar, dengan membangun tanggul dan parit.

Dia menambahkan bahwa pasukannya akan menarik diri dari distrik Qaim dan Rawa serta daerah-daerah lain di sebelah barat Anbar, dan akan melakukan perjalanan menuju perbatasan Iraq-Suriah dalam rangka mengamankan perbatasan.

Perebutan Rawa

Pasukan Iraq mengumumkan pada Jumat pembebasan penuh distrik Rawa, wilayah terakhir ISIS di Iraq- dengan dukungan koalisi internasional.

Rekaman video menunjukkan kendaraan militer sedang mengibarkan bendera Iraq dan membunyikan lagu kebangsaan. Saluran TV resmi Iraq juga memutar lagu kebangsaan sebagai tanda kemenangan di Rawa.

Pasukan Irak mengatakan bahwa pihaknya telah mengontrol kontrol penuh distrik Rawa, yang terletak di gurun Anbar barat dekat perbatasan dengan Suriah. Ini merupakan distrik terakhir yang dikontrol ISIS.

ISIS meraih kontrol luas di Iraq sejak 2014. Bahkan wilayah mereka telah menembus Suriah. Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi pun mengumumkan khilafah. Sekat-sekat perbatasan Iraq-Suriah dihapus. Namun deklarasi khilafah ini ditentang banyak ulama karena tidak sesuai syariat.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Manhaj

Janji Kemenangan dan Syarat Meraih Kejayaan Islam

Kemenangan itu merupakan janji Allah yang pasti dicapai oleh orang mukmin. Banyak sekali dalil yang menjelaskan tentang itu. Dari sekian banyak ayat alquran, kemenangan dan umat Islam selalu disebutkan secara beriringan.

Jum'at, 17/11/2017 19:13 0

Indonesia

Tim Gabungan TNI-Polri Evakuasi Ratusan Warga Tembagapura

Tim gabungan dari TNI dan Polri telah melakukan evakuasi terhadap ratusan warga di Tembagapura. Menurut Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, operasi ini juga dihadiri oleh Kapolda Papua, Asops Kapoĺri dan Pangdam XVII/Cendrawasih.

Jum'at, 17/11/2017 17:32 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Kebenaran yang Selalu Menang atas Kebatilan

KIBLAT.NET – Khutbah Jumat: Kebenaran yang Selalu Menang atas Kebatilan. Risalah Allah yang dibawa oleh...

Jum'at, 17/11/2017 16:32 0

Indonesia

Pengacara Jonru Tolak Keterangan Tiga Saksi Ahli Polisi

Dalam hal ini, Polda mengajukan 3 saksi ahli. Namun seluruh saksi itu ditolak oleh Kuasa Hukum Jonru. Ahli yang dihadirkan Termohon 1 ialah Ahli Agama Islam yang juga dosen dari UIN, Ahli Pidana yang juga seorang dosen dan Ahli Digital Forensik dari pihak Polri.

Jum'at, 17/11/2017 11:40 0

Indonesia

Kecelakaan Setnov Dinilai Keberuntungan Polri-KPK

"Agar tidak kembali menghilang, Novanto sebaiknya diborgol sama seperti tahanan lain yang sedang dirawat di rumah sakit," ungkap Neta melallalui rilis yang diterima Kiblat.net, Jumat (17/11).

Jum'at, 17/11/2017 11:15 0

Indonesia

TNI AD Sebut KKB di Papua Ancaman Serius

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, mengatakan kasus penyanderaan 1.300 warga di sekitar Kimberly hingga Banti, Distrik Tembagapura, Jayapura beberapa waktu lalu merupakan ancaman serius

Jum'at, 17/11/2017 10:30 0

Indonesia

KSAD: Kelompok Bersenjata di Papua Separatis, Bukan Kriminal

“Kalau dia sudah menantang seperti itu gak bisa kita katakan sebagai perbuatan kriminal, itu sudah separatis,” kata Mulyono di Pusdikif Pussenif Kodiklat AD, Cipatat, Selasa (14/11).

Jum'at, 17/11/2017 10:01 0

Indonesia

Timbulkan Kesenjangan Sosial, Proyek Infrastruktur Jokowi Harus Dievaluasi

Pembangunan infrastruktur kereta cepat Jakarta-Bandung memperparah ketimpangan wilayah barat dan timur Indonesia

Kamis, 16/11/2017 18:16 0

Indonesia

Laporkan Keberadaan Setnov dapat Uang Rp10 Juta, Mau?

Perkumpulan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menyediakan hadiah Rp 10 juta bagi siapa saja yang memberitahukan keberadaan Setya Novanto

Kamis, 16/11/2017 17:02 1

Indonesia

Pasukan Keamanan Arab Saudi Geledah Paksa Rumah Syaikh Salman Al-Audah

Aparat keamanan Saudi menggeledah kantor Syaikh Salman Al-Audah tanpa membawa surat perintah dari pengadilan

Kamis, 16/11/2017 16:26 1

Close