Pertempuran Ahrar dan Militer Suriah di Pedesaan Damaskus Berlanjut

KIBLAT.NET, Damaskus – Pertempuran sengit antara pejuang Ahrar Al-Syam Al-Islamiyah dan militer Suriah di pedesaan Damaskus timur kembali berlanjut pada Kamis (16/11). Ahrar Al-Syam meraih kemajuan dan merebut banyak rampasan.

Ahrar mengumumkan operasi militer dengan sandi “Bi Annahum Zulimuu” pada Rabu (15/11) di kota Harasta, pedesaan Damaskus timur. Operasi ini bertujuan merebut Gedung Administrasi Kendaraan Militer. Gedung ini merupakan pangkalan militer rezim dan sebagai pusat komando di wilayah tersebut.

Salah satu faksi Islamis Suriah itu mengumumkan di internet bahwa pejuangnya meraih kemajuan dalam pertempuran. Mereka juga menunjukkan foto-foto rampasan senjata yang didapat.

Sementara itu, portal berita pendukung rezim Suriah Al-Modoon melaporkan bahwa operasi Ahrar Al-Syam dimulai dengan serangkaian ledakan bom terowongan di bawah gedung pusat administrasi. Disusul kemudian serangan mortar dan roket, yang diiringi pergerakan pasukan infenteri.

Pada bagiannya, lembaga pengawas HAM Suriah melaporkan rezim merespon serangan tersebut dengan ratusan mortar dan roket. Peluru-peluru itu ditembakkan membabi buta ke Harasta dan sekitarnya. Akibatnya, banyak sipil menjadi korban.

Lembaga yang bermarkas di Inggris ini menambahkan, sedikitnya sudah sebanyak 37 tentara Suriah tewas akibat pertempuran ini.

Dalam perkembangan terbaru, faksi Faylaq Ar-Rahman dilaporkan ikut mendukung operasi Ahrar. Faylaq memberi bantuan serangan artileri dan menargetkan pasukan bantuan dan konvoi militer rezim.

Juru bicara Faylaq, Wa’il Ulwan, mengatakan bahwa keterlibatan pejuangnya dalam operasi Ahrar ini atas inisiatif sendiri. Serangan diluncurkan tanpa koordinasi dengan komando pusat Ahrar.

Dia menegaskan bahwa pihaknya siap terlibat dalam pertempuran.

Perlu dicatat, Kompleks Pusat Administrasi Kendaraan Militer merupakan pangkalan militer rezim terpenting di Ghautah Timur. Selain membawahi Ghautah, pangkalan ini juga menjadi pusat komando wilayah-wilayah sekitarnya.

Sumber: Arabi21.com
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat