... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Militer Myanmar Sebut Tidak Ada Pembantaian, Aktivis HAM: Tak Masuk Akal

Foto: Foto dari udara sebuah desa milik Muslim Rohingya yang dibakar di dekat Maungdaw, sebelah utara Rakhine. (Reuters)

KIBLAT.NET, Naypyidaw – Beberapa aktivis HAM mengecam laporan militer Myanmar yang menyebut tidak ada pembunuhan terhadap warga Muslim Rohingya di Rakhine.

Terkait hal ini, seorang aktivis HAM Brad Adams menilai laporan yang dikeluarkan militer Burma “tidak masuk akal”.

Untuk itu, pihaknya meminta Pengadilan Pidana Internasional melakukan penyelidikan secara independen untuk membongkar kekejaman terhadap etnis Rohingya di Myanmar.

“Ini merupakan upaya militer Burma untuk membebaskan diri dari kekejaman massal, untuk itu pihak internasional harus menyelidikinya sendiri untuk menetapkan fakta dan mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.

“Pihak berwenang Burma sekali lagi menunjukkan bahwa mereka tidak bisa mengungkap kekejamannya sendiri dan tidak akan mudah menyelidiki mereka,” tambahnya pada Selasa (14/11/2017).

Selain Adams, Human Right Watch (HRW) juga menyatakan bahwa sekarang saatnya Pengadilan Pidana Internasional di Den Haag untuk menyelidiki otoritas Myanmar.

Dalam hal terkait, jubir PBB Jeremy Laurence mengungkapkan bahwa penyidiknya di Bangladesh menemukan banyak bukti pembunuhan dan penyiksaan warga sipil di Myanmar.

“Temuan kami cukup jelas mengenai apa yang sedang terjadi terhadap etnis Muslim Rohingya,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Apa yang kami temukan terjadi di negara bagian Rakhine adalah tentang pembersihan etnis, pembunuhan, pemerkosaan, penyerangan, pembunuhan, penyiksaan. Kami mendengarnya dari orang-orang secara berulang-ulang,” pungkasnya.

Sebelumnya, militer Myanmar mengeluarkan sebuah laporan bahwa “tidak ada etnis Rohingya yang terbunuh” dalam operasinya di Rakhine.

BACA JUGA  Negara-negara Arab Serentak Umumkan Idul Fitri Hari Ahad 24 Mei

Sumber: Al-Jazeera
Reporter: Dio Alifullah


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Cacat Nalar Kemanusiaan Jika Takbir Jadi Indikasi Serangan Teroris

Direktur Pusat Studi dan Pendidikan HAM Uhamka, Maneger Nasution menegaskan bahwa jika kalimat takbir digunakan sebagai indikasi serangan teroris tidak dapat dibenarkan. Menurutnya, sikap tersebut menggambarkan kecacatan nalar seseorang.

Rabu, 15/11/2017 13:37 0

Video Kajian

Tabligh: “Perppu” Zaman Fir’aun dan Musa

KIBLAT.NET – Tabligh: “Perppu” Zaman Fir’aun dan Musa. Dalam politik kekuasaan, rezim mana pun akan...

Rabu, 15/11/2017 13:11 0

Indonesia

Brimob Diserang saat Patroli di Tembagapura, Satu Tewas

Kelompok bersenjata Papua kembali melakukan penyerangan terhadap anggota Brimob yang sedang melakukan patroli. Menurut Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, satu Brimob tewas karena tembakan.

Rabu, 15/11/2017 13:00 0

Indonesia

Izin Alexis Disetop, Anies: Yang Bersangkutan Menerima, Kenapa yang Lain Tidak?

“Kami ingin memberikan pesan kepada semua bahwa Jakarta tidak akan kompromi pada praktik-praktik yang melanggar seperti itu,” lanjut Anies.

Rabu, 15/11/2017 11:57 0

Indonesia

Polisi Klaim Miliki Cukup Bukti Tolak Praperadilan Jonru

Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengklaim memiliki empat alat bukti dalam penetapan Jonriah Ukur Ginting alias Jonru sebagai tersangka.

Rabu, 15/11/2017 11:30 0

Indonesia

Pemprov DKI Janji Atasi Ketimpangan Ekonomi di Ibukota

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan fokus untuk mengatasi ketimpangan ekonomi di Ibukota.

Rabu, 15/11/2017 10:26 0

Video Kajian

Tadzkirah: Menyesal Setelah Mati

KIBLAT.NET – Tadzkirah: Menyesal Setelah Mati. Ending suatu peristiwa adalah perkara yang sangat dinanti. Suatu perjalanan...

Rabu, 15/11/2017 09:33 0

Indonesia

Pengacara: Tak Ada Kegaduhan yang Ditimbulkan Postingan Jonru

Ketua tim pengacara Jonru, Djudju Purwantoro mengatakan bahwa kliennya dijerat dengan Pasal 28 ayat 2 UU ITE. Namun, menurut Djudju selama ini belum ada pihak yang dirugikan atas unggahan-unggahan Jonru melalui fanpage facebook-nya.

Rabu, 15/11/2017 07:37 0

Indonesia

Polisi Minta Hakim Tolak Permohonan Praperadilan Jonru

Polisi meminta hakim praperadilan menolak permohonan praperadilan Jon Riah Ukur alias Jonru. Menurut polisi, penetapan tersangka dan penyidikan terhadap Jonru yang dilakukan penyidik Polda Metro Jaya sah dan sesuai prosedur.

Rabu, 15/11/2017 06:54 0

Indonesia

Ketua Alumni Kolese Kanisius Sayangkan Aksi Walk Out Ananda Sukarlan

Pihak alumni Kolese Kanisius akhirnya buka suara soal aksi walk out Ananda Sukarlan saat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berpidato.

Selasa, 14/11/2017 21:03 0

Close