... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Begini Kekuatan Militer Arab Saudi dan Iran Jika Keduanya Berperang

Foto: Militer Arab Saudi dan Iran.

KIBLAT.NET – Belum tercatat dalam sejarah Arab Saudi terlibat perang sesungguhnya dengan Iran. Kendati demikian keduanya tak dipungkiri terlibat dalam perang proxy di sejumlah negara, termasuk di dalam negeri masing-masing.

Baru-baru ini hubungan Arab Saudi dan Iran sempat kembali memanas. Terutama setelah serangan rudal balistik Hutsi proxy Iran ke ibukota Riyadh, yang diikuti pengunduran diri Perdana Menteri Sunni Lebanon, Saad Hariri di luar negaranya.

Arab Saudi kemudian meningkatkan serangan koalisi ke basis-basis Hutsi di Yaman, dan menyatakan perang dengan Lebanon setelah pemimpin Syiah Hizbullah Hassan Nasrullah menuding negara itu telah menahan perdana menterinya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif juga menuding pasukan koalisi telah membunuh orang-orang tak berdosa di Yaman dan mengakibatkan bencana kolera dan kelaparan.

Sejumlah ketegangan yang terjadi baru-baru ini bukan tidak mungkin akan memantik perang sesungguhnya antara Arab Saudi dan Iran. Maka tak ada salahnya menengok kekuatan militer masing-masing negara jika keduanya benar-benar terlibat perang.

Begini skemanya sebagaimana dimuat situs Inggris, Express.co, Rabu (08/11/2017):

Satu: Kekuatan Pasukan

Populasi Iran hampir tiga kali dari Arab Saudi. Dari sini Iran jelas memiliki kelebihan dalam jumlah sumber daya manusia.

Menurut pengamat militer GlobalFirepower.com, Iran memiliki kekuatan militer 934.000 personil dengan 534.000 personel aktif dan 400.000 cadangan. Sementara Arab Saudi memiliki 256.000 personil dengan 231.000 personel aktif dan 25.000 cadangan.

Situs analisis itu mengatakan bahwa terdapat kurang dari 40 juta warga sipil yang bisa dilatih dan dilibatkan jika perang pecah. Sedangkan Arab Saudi memiliki 14 juta orang untuk dipilih dalam keadaan darurat militer.

Dua: Pesawat Terbang

Meskipun memiliki personel militer lebih kecil, Angkatan Udara Arab Saudi lebih tinggi daripada Iran. Arab Saudi memiliki 790 pesawat terbang, dari jet tempur, pesawat pengangkut dan helikopte militer.

Sementara itu Iran hanya memiliki 477 pesawat terbang, dengan jumlah pesawat pengangkut yang besar. Tidak seperti Arab Saudi yang memiliki lebih banyak pesawat tempur daripada jenis pesawat lainnya.

Tiga: Kendaraan Militer

Arab Saudi memiliki jumlah kendaraan militer yang lebih kecil dari Iran. Arab Saudi memiliki 1.142 tank tempur dan hampir 5.500 kendaraan tempur lapis baja.

Sedangkan Iran memiliki lebih banyak tank, dengan jumlah 1.161 armada, tapi hanya 1.315 kendaraan tempur.

Empat: Artileri

Kontes perang modern tidak banyak di medan pertempuran, sebaliknya berada di ruang kontrol dengan jarak ratusan ribu mil.

Dalam hal ini Iran benar-benar melenturkan kekuatan militernya, dengan memiliki 1.474 proyektor roket dan hampir 2.500 jenis artileri. Sedangkan Arab Saudi hanya 322 proyektor roket dan kurang dari 1.000 jenis artileri.

Lima: Angkatan Laut

Kedua negara tidak saling berbatasan tapi berhadapan satu sama lain di Teluk Persia. Dari sini, kekuatan angkatan laut dua negara merupakan faktor kunci yang harus dipertimbangkan jika terjadi perang habis-habisan.

GlobalFirepower.com memperkirakan total angkatan laut Iran adalah 398 aset, yang sebagian besar terdiri dari kapal patroli. Sementara angkatan laut Arab Saudi hanya 55 aset.

Namun Iran tidak mengunggulkan kapal induk dan lebih memperbanyak kapal patroli.

Enam: Anggaran Militer

Anggaran militer Arab Saudi lebih besar dari Iran dengan nominal $ 56.725.000.000 dibandingkan dengan $ 6.300.000.000. Anggaran besar karena Arab Saudi membutuhkan pemeliharaan perangkat militer yang jumlahnya lebih banyak daripada Iran.

Perbandingan tersebut baru berdasarkan pada skala kuantitas. Adapun soal kemenangan atau kekalahan, hal itu hanya bisa dilihat ketika perang benar-benar terjadi, disebabkan sifat perang yang berjalan dinamis.

Sumber: Express
Redaktur: Ibas Fuadi

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dubes Saudi Temui Para Pemimpin Ormas Islam Indonesia

Menurut informasi yang berhasil dihimpun Kiblat.net di lokasi, selain untuk mempererat hubungan dengan ormas Islam di Indonesia, tujuan utama pertemuan ini membicarakan sejumlah peristiwa penting di Kerajaan Arab Saudi dan Timur Tengah.

Rabu, 15/11/2017 15:58 0

Asia

India Ikut Ambil Bagian dalam Latihan Militer Bersama Israel

Pilot India dan tentara penyelamat dari Unit Garud -yang setara dengan Unit 669 Israel- ikut serta dalam latihan Blue Flag dua tahunan di pangkalan udara Palmachim di Israel tengah. Lebih dari 70 pesawat dari tujuh negara ikut ambil bagian.

Rabu, 15/11/2017 14:37 0

News

Militer Myanmar Sebut Tidak Ada Pembantaian, Aktivis HAM: Tak Masuk Akal

Beberapa aktivis HAM mengecam laporan militer Myanmar yang menyebut tidak ada pembunuhan terhadap warga Muslim Rohingya di Rakhine.

Rabu, 15/11/2017 14:04 0

Suriah

Atareb, Kota Zona De-Eskalasi yang Jadi Target Kebrutalan Rusia

Serangan tersebut diketahui dilakukan oleh jet tempur Rusia. Sekutu rezim Bashar Assad itu menggunakan bom berdaya ledak tinggi dalam serangan tersebut.

Rabu, 15/11/2017 14:00 0

Indonesia

Cacat Nalar Kemanusiaan Jika Takbir Jadi Indikasi Serangan Teroris

Direktur Pusat Studi dan Pendidikan HAM Uhamka, Maneger Nasution menegaskan bahwa jika kalimat takbir digunakan sebagai indikasi serangan teroris tidak dapat dibenarkan. Menurutnya, sikap tersebut menggambarkan kecacatan nalar seseorang.

Rabu, 15/11/2017 13:37 0

Video Kajian

Tabligh: “Perppu” Zaman Fir’aun dan Musa

KIBLAT.NET – Tabligh: “Perppu” Zaman Fir’aun dan Musa. Dalam politik kekuasaan, rezim mana pun akan...

Rabu, 15/11/2017 13:11 0

Indonesia

Brimob Diserang saat Patroli di Tembagapura, Satu Tewas

Kelompok bersenjata Papua kembali melakukan penyerangan terhadap anggota Brimob yang sedang melakukan patroli. Menurut Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, satu Brimob tewas karena tembakan.

Rabu, 15/11/2017 13:00 0

Suriah

Korban Jiwa Serangan di Kota Atareb Aleppo Meningkat

“Sejumlah korban selamat akhirnya meninggal karena luka serius sehingga menambah jumlah korban jiwa akibat serangan di pasar di kota Atareb pada Senin menjadi 61 orang, termasuk 5 anak-anak,” kata Direktur Obserbatorium, Rami Abdel Rahman, direktur observatorium, kepada AFP seperti dilansir koran Al-Syarq Al-Ausath.

Rabu, 15/11/2017 12:36 0

Indonesia

Izin Alexis Disetop, Anies: Yang Bersangkutan Menerima, Kenapa yang Lain Tidak?

“Kami ingin memberikan pesan kepada semua bahwa Jakarta tidak akan kompromi pada praktik-praktik yang melanggar seperti itu,” lanjut Anies.

Rabu, 15/11/2017 11:57 0

Indonesia

Polisi Klaim Miliki Cukup Bukti Tolak Praperadilan Jonru

Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengklaim memiliki empat alat bukti dalam penetapan Jonriah Ukur Ginting alias Jonru sebagai tersangka.

Rabu, 15/11/2017 11:30 0